Cara Mengetahui Email yang Lupa dengan Data Recovery

Cara Mengetahui Email yang Lupa dengan Data Recovery

Di era digital sekarang ini, Anda harus mempelajari cara mengetahui email yang lupa. Email jadi salah satu alat yang digunakan untuk berkomunikasi khususnya dalam dunia kerja. Setiap orang sudah diwajibkan untuk membuat email karena aksesnya mencakup berbagai situs.

Bahkan ketika Anda membeli HP, hal pertama yang dipertanyakan adalah alamat email. Tentunya email tersebut dipergunakan untuk memverifikasi data diri Anda. Era digital menuntut semua orang untuk membuat email sebagai alat komunikasi dan verifikasi data.

Jika Anda kehilangan email, maka kerugiannya bisa sangat besar. Kerugian seperti HP yang tidak bisa diakses, pembobolan data pribadi hingga data bisnis menghilang bisa terjadi kapan saja. Oleh sebab itu, memahami cara mengetahui email yang lupa adalah pilihan tepat.

Anda dapat mengantisipasi kehilangan data jika tahu proses perbaikannya. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan email tersebut untuk keperluan lainnya. Selama nama email diingat, Anda bisa menggunakan jaringan internet untuk berbagai macam kebutuhan.

Cara Mengetahui Email yang Lupa Google

Email yang banyak digunakan di masa sekarang adalah Google karena bersifat universal. Banyak situs, web, platform digital, data diri digital dan email HP yang menggunakan Google. Anda dapat mengetahui alamat email dengan metode yang bisa Anda pelajari berikut ini.

  1. Melalui Email Recovery

Ketika mendaftar email, pihak Google biasanya menawarkan opsi email recovery. Dari email tersebut Anda dapat mengembalikan data yang sudah hilang. Cara mengetahui email yang lupa dengan recovery sangat mudah, Anda masuk ke situs utama Email Google.

Setelah itu pilih opsi lupa Password, lalu pilih terima verifikasi dari Email Recovery. Masuk ke halaman pesan email recovery Anda dan alamat email yang lupa bisa dilihat di sana. Metode ini cukup mudah digunakan sehingga Anda bisa mempraktikkannya langsung.

  1. Melalui Nomor Telepon

Selain email recovery, Anda juga diminta untuk mendaftarkan nomor telepon pada saat buat email. Fungsinya sama, yaitu digunakan untuk mengembalikan data dan verifikasi akun. Jika menggunakan metode ini, Anda bisa membuka kembali halaman lupa password.

Baca Juga:  Penggunaan Perekam Layar Laptop dari Windows 8 Sampai 10

Setelah itu pilih opsi terima pesan verifikasi dari nomor yang terdaftar. Nantinya Anda akan mendapatkan alamat akun dari pesan tersebut beserta Password untuk masuk. Metode ini tentunya sangat mudah digunakan karena bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja.

  1. Metode Recovery Lain

Selain dengan Nomor Telepon dan Email Recovery, Anda juga bisa menggunakan opsi lainnya. Cara mengetahui email yang lupa bisa melalui HP atau kata sandi terakhir. Buka halaman lupa password kembali dan pilih opsi yang tersisa di dalam kolom pemulihan.

Jika menggunakan HP, Anda akan mendapatkan pesan verifikasi dari Google secara langsung di kolom notifikasi. Namun jika menggunakan Password lama, Anda diminta menjawab satu atau dua pertanyaan terkait akun yang akan dipulihkan nantinya.

Cara Mengetahui Email yang Lupa Yahoo

Untuk pengguna Yahoo mail, Anda tidak perlu khawatir karena cara memulihkannya juga ada. Di sini Anda bisa menggunakan 2 metode pemulihan yaitu dengan email dan nomor telepon. Agar lebih jelas, berikut ini penjelasan singkat mengenai cara mengetahui email Yahoo yang lupa.

  1. Yahoo Mail Recovery

Pertama Anda bisa buka halaman utama Yahoo Mail dan pilih opsi lupa password. Setelah itu Anda bisa mengetikkan langsung email yang dapat digunakan untuk memulihkan data. Anda bisa gunakan email Google, Outlook atau Yahoo seperti yang didaftarkan sebelumnya.

Tunggu informasi verifikasi pemulihan di dalam halaman pesan masuk email recovery. Jika sudah mendapatkannya Anda bisa langsung membuka kembali Yahoo Mail terdahulu. Cara mengetahui email yang lupa dari Yahoo ini hampir mirip dengan versi Google.

  1. Nomor Recovery

Sama halnya dengan Google, Yahoo Mail juga memiliki fitur recovery dengan nomor. Untuk dapat memasukkan nomornya, Anda akses halaman lupa password Yahoo Mail. Setelah itu, masukkan nomor yang sudah didata dalam informasi akun Yahoo pribadi Anda.

Pesan konfirmasi akan masuk dan Anda bisa login kembali menggunakan email tersebut. Jika mengalami kendala Anda bisa meminta bantuan pada Yahoo. Terdapat opsi tambahan jika Anda dapat menjawab pertanyaan yang disediakan oleh sistem recovery Yahoo Mail.

Cara Mengetahui Email yang Lupa iCloud

Pada dasarnya iCloud merupakan tempat penyimpanan awan milik Apple. Gunanya untuk simpan informasi terkait Mac, iOS dan gadget Apple lainnya. Jika kehilangan nama email, Anda tentunya akan merasa kesulitan karena Apple jadi salah satu perusahaan dengan proses recovery rumit.

Baca Juga:  Cara Membuat Logo Cepat dan Praktis, Wajib Tahu!

Untuk mengembalikan alamat email yang hilang, Anda disarankan untuk melihat pesan lama. Di dalam pesan lama, Anda bisa mencari alamat email yang Anda lupakan sebelumnya. Apple beri saran cara mengetahui email yang lupa melalui opsi pemulihan data ID.

Jika tidak menemukannya, Anda dapat bertanya pada bagian layanan untuk dicarikan datanya. Persiapkan informasi seputar device, gadget, nama dan keperluan lainnya. Biasanya metode dari CS Apple ini membutuhkan waktu untuk mengonfirmasi email yang Anda miliki.

iCloud memiliki tingkat keamanan tinggi sehingga tindak penipuan selalu disingkirkan. Tapi jika proses pengembalian Anda berhasil, maka akun iCloud bisa diakses kembali seperti semula. Ada riset yang mengatakan juga bahwa cara mengetahui email yang lupa bisa dari nomor Imeil.

Namun Anda bisa lakukan cara itu untuk memastikan apakah Apple menyediakannya atau tidak. Caranya dengan mengakses fitur bantuan di dalam iCloud. Setelah itu, pilih recovery data dan Anda selesaikan langkah yang diberikan di sana untuk verifikasi ulang.

Baca juga: Cara Menyimpan File di Google Drive, Mudah Dilakukan

Cara Menjaga dan Mempertahankan Alamat Email

Pada dasarnya email memiliki banyak fungsi dan berperan penting di era digital sekarang ini. Agar tidak kehilangan nama email, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk terus mengingat email dan menghindari terjadinya kehilangan.

  1. Lengkapi Biodata

Platform digital seperti Google dan Yahoo selalu memberi saran pada pengguna untuk lihat dan lengkapi biodatanya. Informasi data diri seperti email recovery, nomor telepon, tanggal dan bulan lahir harus dilengkapi agar Anda bisa memperjelas siapa pemilik emailnya.

Dengan melengkapi data diri, Anda dapat memaksimalkan perlindungan pada email. Dari sini Anda tidak perlu khawatir lagi dengan cara mengetahui email yang lupa. Antisipasi sudah dilakukan sejak awal dengan melengkapi data yang diperlukan untuk verifikasi ulang.

  1. Jawab Pertanyaan

Selain informasi data diri, email juga membutuhkan beberapa pertanyaan yang hanya dilihat dan diketahui oleh Anda sendiri. Pastikan Anda jawab semua pertanyaan, alasannya karena pertanyaan akan berguna saat proses pemulihan alamat email berlangsung.

Tips untuk Anda, jangan mencari pertanyaan yang terlalu sulit. Pilih saja pertanyaan yang mudah agar selalu diingat dan tidak mudah dilupakan. Pertanyaan seperti nama ibu, nama hewan dan lokasi sekolah biasanya akan muncul di bagian pemulihan.

  1. Catat dalam Note

Terakhir adalah mencatatnya di dalam Note digital seperti di HP atau Komputer. Dengan cara ini, Anda bisa selalu siaga ketika membutuhkan proses pemulihan. Selain itu metode ini juga sangat efektif dalam mengingat email, khususnya untuk pebisnis yang butuh email banyak.

Baca Juga:  Cara Menghapus History Google untuk Menyembunyikan Aktivitas

Catatan sangat membantu dalam mengatasi berbagai macam masalah. Anda bisa gunakan cara di atas jika memang butuh pemulihan email. Ketiga cara mengetahui email yang lupa di atas dapat membantu memulihkan data setelah lama hilang.