Aplikasi Recording Terbaik untuk Merekam Suara di Android

15 Aplikasi Recording Terbaik untuk Merekam Suara di Android

Meskipun umumnya setiap perangkat smartphone termasuk android telah memiliki recording app bawaan, namun kamu tetap memerlukan aplikasi recording terbaik. Sebab aplikasi perekam bawaan biasanya memiliki fitur yang tidak terlalu lengkap.

Selain itu, aplikasi recording tambahan juga banyak yang memiliki fitur lebih lengkap untuk berbagai keperluan. Selain untuk keperluan harian, app recorder ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat rekaman bernyanyi maupun podcast.

15 Rekomendasi Aplikasi Recording Terbaik untuk Merekam Suara di Android

Jika kamu membutuhkan perekam suara dengan hasil akhir yang jernih, ada banyak aplikasi yang bisa diunduh melalui Google Play Store. Berikut ini adalah beberapa recording app terbaik untuk kamu coba:

  1. Smart Recorder

Aplikasi recording terbaik pertama adalah Smart Recorder dari SmartMob yang telah diunduh oleh lebih dari 40 juta pengguna di Play Store. Aplikasi ini menawarkan perekaman suara berkualitas tinggi secara gratis.

Tampilannya pun sederhana dan mudah digunakan, disertai layanan skip panggilan telepon untuk mengaktifkan atau menonaktifkan perekaman saat ada telepon. Terdapat pula fitur lompati bagian senyap untuk menghapus bagian kurang penting.

  1. Easy Voice Recorder

Berikutnya adalah Easy Voice Recorder, salah satu aplikasi perekam suara android terpopuler dengan lebih dari 50 juta unduhan. Kamu bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan perekaman, baik penggunaan sehari-hari maupun khusus.

Di antaranya yaitu untuk proses perekaman wawancara, rapat, pekerjaan, atau proses belajar. Selain itu, aplikasi berlisensi freeware ini bisa digunakan untuk merekam suara saat sedang bernyanyi atau memainkan instrument tertentu.

  1. Audio Recorder

Jika membutuhkan app yang ringan tanpa takut memakan banyak memori di perangkat androidmu, app gratis tanpa iklan ini bisa dicoba. Ukurannya sangat kecil dengan fitur praktis, hanya 1,2 MB saja.

Audio Recorder menyediakan 2 format perekaman berbeda yang bisa dipilih, yaitu M4A serta WAV atau WAVE. Untuk kamu yang hanya membutuhkan aplikasi sederhana untuk kebutuhan recording harian, cobalah Audio Recorder.

  1. Hi-Q MP3 Voice Recorder

Aplikasi recording terbaik berikutnya adalah Hi-Q MP3 Voice Recorder yang hadir dalam 2 versi, yaitu versi gratis serta versi Pro. Untuk memperoleh versi Pro, kamu perlu membelinya dengan harga Rp19.000.

Baca Juga:  9 Aplikasi Live Streaming Bola Gratis untuk Kamu

Keunggulan utamanya adalah hasil rekaman jernih dengan rate yang mencapai hingga 44 kHz. Selain itu, kamu dapat menyamarkan tombol perekaman serta menyimpannya ke dalam berbagai format audio dengan ukuran kecil.

  1. RecForge II

Jika menginginkan aplikasi recording terbaik yang cocok untuk menunjang kebutuhan dan produktivitas, cobalah RecForge II. App ini bisa digunakan untuk merekam file audio khusus berupa konten podcast hingga rekaman lagu.

Dengan RecForge II, kamu bisa memotong rekaman ke dalam beberapa bagian untuk memudahkan pengeditan konten. Selain itu, terdapat pula fitur schedule recordings untuk mengingatkan pengguna agar tidak lupa membuat rekaman.

  1. Titanium Voice Recorder

Berikutnya, ada Titanium Voice Recorder yang mampu mengidentifikasi nomor tidak dikenal melalui fitur Caller ID. Menariknya, app ini akan secara otomatis merekam voice memos jika terdapat panggilan masuk tidak dikenal.

Fitur ini tentu sangat membantu untuk mencegah hal-hal tidak diinginkan yang mungkin terjadi melalui panggilan telepon. Selain itu, hasil suaranya juga HD dan memiliki kontrol sederhana yang mudah untuk dioperasikan.

  1. Parrot Voice Recorder

Aplikasi recording terbaik lainnya dengan tampilan menarik, mudah dioperasikan, serta hasil suara jernih berkualitas HD adalah Parrot Voice Recorder. App ini juga dapat melakukan perekaman saat kamu sedang menelepon seseorang.

Hasil perekaman dapat disimpan di memori HP maupun disimpan secara online ke Google Drive. Selain itu, terdapat pula fitur notifikasi serta perekaman terjadwal yang bisa diakses dengan membeli versi pro.

  1. Rev Audio Recorder

Berikutnya, ada Rev Audio Recorder, app dengan tampilan sederhana namun cukup powerful. Selain itu, aplikasi gratis ini tidak menghadirkan iklan, sehingga kamu tidak perlu khawatir terganggu dengan munculnya berbagai ads.

Terdapat fitur khusus yang memungkinkan kamu melakukan perekaman di background dengan kualitas tinggi dan jernih. Selain itu, kamu juga bisa merekam suara ke dalam teks serta membagikannya ke aplikasi lain.

  1. Temi

Temi merupakan salah satu aplikasi recording terbaik yang dapat menunjang aktivitas pekerjaan harian agar lebih produktif. Sebab Temi menghadirkan hasil rekaman berupa file audio serta transkrip teks dalam bentuk tulisan.

Selain itu, kamu juga bisa mempercepat maupun memundurkan putaran rekaman, sehingga bisa lebih fokus untuk mendengarkannya. Jika pekerjaanmu sehari-hari membutuhkan transkrip audio secara instan, Temi bisa menjadi pilihan app terbaik.

  1. Otter

Aplikasi recording terbaik lainnya yang juga menyediakan fitur transkrip hasil perekaman dalam bentuk teks adalah Otter. Dengan demikian, Otter bisa dimanfaatkan untuk melakukan wawancara maupun merekam dan mencatat notulensi rapat.

Baca Juga:  Daftar Aplikasi Android Bermanfaat untuk Dipakai Sehari-hari

Hasil suara yang terekam juga termasuk jernih dan berkualitas tinggi, sehingga dapat didengarkan dengan mudah. Selain Temi, Otter merupakan alternatif recording app lainnya yang cocok untuk menunjang produktivitas pekerjaan sehari-hari.

Baca juga: 9+ Rekomendasi Aplikasi Notifikasi LED Android Gratis Terbaik

  1. Voice Recorder HD

Bukan hanya menghasilkan hasil perekaman audio HD saja, namun aplikasi recording terbaik ini juga memiliki fitur editing. Dengan Voice Recorder HD, kamu dapat memotong hingga memberi nama pada file rekamanmu.

Selain itu, hasil perekamannya sangat jernih dan HD, sesuai nama aplikasinya. Ada pula fitur untuk membagikan langsung hasil recording ke teman atau rekan melalui aplikasi chatting seperti Whatsapp atau lainnya.

  1. Tape-a-Talk Voice Recorder

Fitur-fitur pada Tape-a-Talk sangat lengkap, mulai dari fitur editing untuk memotong rekaman hingga mengganti namanya. App ini juga memungkinkan kamu untuk mentransfer file antar perangkat dengan mudah, cepat, dan efisien.

Kamu tidak membutuhkan kabel data untuk melakukan transfer data, melainkan koneksi WiFi. Oleh karena itu, fitur wireless transfer untuk mengirimkan file tanpa koneksi kabel ini tentu sangat praktis dan memudahkan.

  1. Voice Recorder BACHA Soft

Selanjutnya, ada aplikasi recording terbaik dengan tampilan user interface (UI) sederhana, yaitu Voice Recorder Bacha Soft. Menariknya, terdapat fitur untuk menguatkan mikofon agar suara perekaman bisa terdengar secara lebih jelas.

Terdapat pula fitur jeda yang memungkin kamu lebih fokus merekam bagian-bagian penting saja. Kemudian, setiap file tersimpan akan memiliki informasi tanggal dan waktu rinci dan bisa disimpan dalam berbagai format.

  1. Evernote

Pada dasarnya, Evernote merupakan aplikasi berbagi file (file sharing) untuk mengirimkan berbagai jenis file, termasuk rekaman. Meskipun kualitas suaranya sudah cukup baik, namun kualitasnya masih standar dan belum termasuk HD.

Tetapi jika kamu membutuhkan app praktis yang bisa digunakan sebagai media project sharing ke berbagai perangkat, Evernote bisa dicoba. Sebab app ini bisa terhubung ke android, PC, iOS, dan lain-lain.

  1. ASR Voice Recorder

Terakhir, ada ASR Voice Recorder dari NLL sebagai developernya. Freeware berbasis android ini dapat merekam dalam berbagai format berbeda, mulai dari format MP3, WAV, FLAC, OGG, M4A, MP4, hingga 3GP.

Selain itu, kamu bisa memotong dan menyimpan sebagian rekaman dan mengupload filenya via penyimpanan cloud untuk versi Pro. Menariknya, terdapat pengaturan bahasa yang cukup banyak sehingga dapat membantu penggunaan aplikasi.

Baca Juga:  Aplikasi Edit Foto Anak Masa Depan Terbaik

Setiap aplikasi perekaman tentu memiliki fitur berbeda-beda sesuai dengan fungsi atau peruntukannya. Sebagai referensi, kesepuluh aplikasi recording terbaik untuk android di atas bisa kamu coba.