Aplikasi Inventaris Barang Kantor untuk Solusi Bisnis

9 Aplikasi Inventaris Barang Kantor untuk Solusi Bisnis

Adanya aplikasi inventaris barang kantor sangat membantu pemilik bisnis. Beberapa manfaatnya seperti mengawasi pembelian dari supplier, mengelola stok barang, kontrol jumlah produk yang dijual, melacak pengiriman pesanan pelanggan, dan lainnya.

Sebelumnya, berbagai pekerjaan bisnis kecil dan menengah itu harus dilakukan secara manual menggunakan Excel, Google Spreadsheet, dan lainnya. Dengan adanya aplikasi-aplikasi ini, kamu bisa lebih hemat waktu dan tenaga untuk melakukan semua pengecekan inventaris.

Rekomendasi Aplikasi Inventaris Barang Kantor

Rekomendasi aplikasi untuk inventaris barang kantor cukup banyak, sehingga kamu bisa memilih salah satunya. Berikut beberapa opsi perangkat lunak inventaris terbaik yang dapat kamu gunakan untuk bisnis kecil hingga menengah.

  1. Veeqo

Veeqo merupakan salah satu perangkat lunak berbasis cloud yang disinkronasikan dengan berbagai platform e-niaga populer. Beberapa e-niaga yang sudah tersinkronisasi seperti Magento, Etsy, Amazon, Shopify, UPS, dan juga eBay.

Jika kamu punya bisnis yang ada di beberapa lokasi berbeda, aplikasi inventaris barang kantor satu ini akan sangat cocok digunakan. Hal ini karena Veeqo memiliki fitur utama melacak inventaris multi-gudang pada lebih dari satu lokasi berbeda secara real time.

Selain menghemat waktu melihat keluar dan masuk barang-barang di toko cabang, kamu juga tidak perlu khawatir dengan adanya resiko selisih jumlah. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui semua pesanan yang sudah diterima oleh berbagai toko cabang.

Tidak hanya itu saja, Veeqo juga punya berbagai fitur lain yang tidak kalah membantu pengelolaan bisnis milikmu. Beberapa fitur seperti melacak penjualan dan memperbarui stok barang toko cabang, hingga penggunaan kamera smartphone untuk scanner.

Baca juga: 7+ Aplikasi Launchpad Terbaik dan Mudah Digunakan untuk Android

  1. Stockpile

Stockpile sangat cocok jika kamu menjual barang-barang dengan berbagai merek, model, dan juga kategori. Aplikasi inventaris barang kantor satu ini dapat digunakan untuk menambahkan stok dengan fitur scan barcode sehingga lebih mudah.

Stockpile memiliki tampilan yang sederhana sehingga informasi yang diberikan lebih jelas. Selain itu, setiap karyawan juga bisa mengaksesnya dengan mudah sehingga bisa menambah, menandai, juga melihat item-item baik yang masih tersedia, terjual, atau sedang dikemas.

  1. Equip

Equip dapat dijadikan sebagai rekomendasi jika kamu perlu perangkat lunak untuk mengelola berbagai item dengan mudah dan cepat. Barang-barang yang bisa dicek menggunakan Equip seperti makanan, minuman, konstruksi, ritel, grosir, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga:  Aplikasi Helpdesk Gratis Terbaik untuk Bisnis Kamu

Aplikasi inventaris barang kantor satu ini juga memiliki fitur yang lengkap, tidak kalah dengan aplikasi-aplikasi inventory lainnya. Equip bisa membantu mengecek jumlak stok, proses pengemasan produk, scan barcode, dan masih banyak lainnya.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa melakukan tracking pada produk-produk yang masih di dalam perjalanan. Fitur ini akan sangat membantu mengetahui status barangnya sudah sampai ke penerima atau belum.

Jika tertarik menggunakan aplikasi Equip, kamu tinggal mendownload saja secara gratis melalui Google Play Store. Kamu bisa menggunakan semua fitur di dalamnya untuk membantu menginventariskan produk pada bisnis milikmu.

  1. Netsuite

Netsuite menjadi aplikasi inventaris barang kantor yang bisa digunakan untuk berbagai skala bisnis, mulai dari pemilik start-up hingga enterprise bisa menggunakannya. Apalagi Netsuite bisa diunduh gratis sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya operasional tambahan.

Didukung dengan kurang lebih 19 bahasa, Netsuite bisa digunakan oleh semua karyawan maupun manager. Nantinya kamu bisa melakuka otomatisasi restock hanya dengan menyalakan notifikasi pemberitahuan jika stok produk berkurang.

Fitur ini tentu saja sangat membantu sebab kamu tidak perlu lagi mengecek satu per satu item yang sudah mulai habis. Jika sudah ada pemberitahuan, maka tinggal menambahkan stok produk tersebut.

Aplikasi inventaris barang kantor ini juga bisa mengatur lead time. Selain itu tingkat minimum stok juga dapat diatur sehingga bisa lebih mudah memperkirakan batas paling sedikit dari produk yang harus dimiliki.

  1. Delivrd

Delivrd menjadi aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah berbagai perkerjaan inventory bisnis. Aplikasinya sendiri memang berbayar, jadi kamu harus mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan lesensi.

Meski begitu, kamu tetap bisa menggunakan trial atau versi uji coba secara gratis terlebih dahulu selama 30 hari. Sayangnya, versi trial ini sangat terbatas sehingga harus upgrade premium yang berbayar jika ingin menggunakan semua fitur-fiturnya.

Versi gratis hanya mengizinkan 10 produk, satu lokasi, dan satu pengguna saja. Sementara itu, semua fitur aplikasi inventaris barang kantor versi premium dapat digunakan secara penuh dan bahkan bisa memberi informasi mengenai laporan laba dan rugi.

Kamu memang harus merogoh kantong cukup dalam untuk menikmati Delivrd premium, yaitu mulai dari Rp700.000 setiap bulan untuk tiap pengguna. Meski begitu, kamu tidak akan merasa rugi karena semua kegiatan bisnis menjadi jauh lebih mudah dilakukan.

  1. Zoho Inventory

Zoho inventory menawarkan empat pilihan paket berlangganan dengan harga yang berbeda sesuai dengan jumlah pesanan dan gudang yang dikelola. Dengan beberapa tawaran ini, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis milikmu.

Baca Juga:  Aplikasi Edit Foto Anak Masa Depan Terbaik

Aplikasi inventaris barang kantor satu ini memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah fitur multi-gudang sehingga mempermudah transfer produk antar gudang. Selain itu, Zoho juga memudahkan kamu melakukan sinkronisasi ke berbagai platform penjualan.

Bukan hanya itu saja, Zoho Inventory juga memiliki fitur-fitur canggih lainnya dalam manajemen barang, pesanan, dan juga pengemasan. Kamu juga bisa melakukan pelacakan lokasi inventaris dan juga scanner kode barang-barang.

Masih ada keunggulan lainnya dari Zoho Inventory, yaitu aplikasi satu ini dapat digunakan melalui perangkat seluler. Dengan begitu kamu bisa mengelola bisnis jarak jauh hanya dengan klik layar smartphone saja.

  1. SAP Business One

SAP Business One menjadi rekomendasi aplikasi inventaris barang kantor selanjutnya yang memiliki banyak keunggulan. Salah satunya, kamu bisa mengunduhnya secara mobile sehingga lebih mudah terhubung dengan bisnis yang dijalankan kapan saja dan di mana saja.

Dengan menggunakan SAP Business One, kamu bisa mendapatkan notifikasi mengenai batas kredit ataupun laba kotor yang sudah ditargetkan. Selain itu, kamu juga bisa melihat dan mengelola laporan, menangani proses penjualan, mengelola kontrak, dan sebagainya.

SAP Business One memiliki keunggulan lainnya karena dapat digunakan oleh lebih dari satu user. Sehingga selain karyawan, aplikasi inventaris barang kantor ini juga bisa diakses oleh manager, wakil penjualan, eksekutif, hingga teknisi layanan.

  1. Inventory Now

Inventory Now memiliki rancangan antarmuka yang sederhana sehingga sangat mudah digunakan siapa saja, termasuk oleh pemula. Terdapat fitur scanner sehingga akan memudahkanmu menambahkan produk-produk baru tanpa memakan banyak waktu.

Data-data yang diolah menggunakan aplikasi inventaris barang kantor ini nantinya dapat diimpor dan diekspor menjadi spreadsheet dan dicadangkan otomatis dalam akun Dropbox. Kamu juga bisa menggunakan fitur lainnya seperti mengelompokkan item berdasar kategori maupun lokasi.

  1. myStock Inventory Manager

Jika kamu memiliki bisnis skala kecil hingga menengah, maka akan sangat cocok memanfaatkan myStock Inventory Manager untuk membantu menjalankannya. Apalagi kamu bisa menggunakannya dengan beberapa sistem operasi.

myStock Inventory manager juga memiliki banyak sekali fitur-fitur dalam pengelolaan inventaris. Kamu bisa menentukan beberapa lokasi, mengintegrasikannya dengan email, membaca scan barcode, juga mengelompokkan produk berdasarkan kategori.

Agar bisnis semakin berkembang, maka pengelolaan inventaris harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Dengan adanya rekomendasi aplikasi inventaris barang kantor, sangat memudahkan pekerjaan dibandingkan cara-cara manual.