Cara Melihat Versi Windows 10 Pada PC atau Laptop

Cara Melihat Versi Windows 10 Pada PC atau Laptop

Cara melihat versi Windows 10 dapat digunakan mengatasi kebingungan para pengguna untuk ingin mengetahui laptop atau PC menggunakan versi sistem operasi apa. Biasanya melihat versi OS dilakukan saat pertama kali membeli laptop baru.

Windows 10 merupakan sistem operasi yang banyak terpasang di PC atau laptop baru saat ini. Biasanya Microsoft akan merilis versi baru dari sistem operasi kira-kira sekitar setiap 6 bulan sekali. Versi tersedia juga beragam.

Berikut Berbagai Versi Windows 10

Ternyata saat ini banyak sekali versi dari sistem operasi satu ini. Berbagai versi tersebut banyak terpasang di beberapa PC atau laptop. Versi tersebut beberapa juga diperuntukkan untuk kalangan tertentu. Berikut beberapa versi dari sistem operasi ini.

1. Windows 10 Home

Sistem operasi ini menjadi versi paling umum digunakan. Fitur yang terdapat di Windows 10 Home seperti Virtual Assistant, Microsoft Edge versi terbaru dan Cortana. Selain itu sistem operasi satu ini juga menyediakan game dengan kualitas Xbox.

Game tersedia juga sudah didukung oleh Windows 10 Home. Sistem operasi ini merupakan edisi cukup bagi Anda yang tidak terlalu membutuhkan banyak fitur tambahan di dalam sebuah PC atau laptop.

2. Windows 10 Pro

Dibandingkan dengan versi Home, versi sistem operasi ini menawarkan berbagai fitur yang lebih lengkap. Apabila Anda ingin melakukan update Windows 10 dari Home ke Pro, dapat mengunjungi Microsoft Store.

Di dalam Microsoft Store terdapat banyak sekali pilihan versi Windows tersedia. Setelah Anda mengunjungi Microsoft Store, hanya perlu mengetikkan “Windows 10 Pro” pada kolom pencarian lalu akan muncul paket sistem operasi yang dicari.

3. Windows 10 Enterprise

Versi satu ini merupakan jenis yang ditargetkan untuk kalangan para pebisnis. Hingga saat ini, penggunanya juga cukup banyak. Terdapat berbagai fitur yang menjadi keunggulan Windows 10 Enterprise.

Beberapa fitur tersebut seperti App Locker, Direct Access dan Branch Cache. Apabila hanya digunakan untuk kebutuhan pribadi saja, maka edisi Windows ini bukanlah pilihan yang cocok untuk digunakan.

Baca Juga:  Rahasia Cara Menyadap WA Pasangan, Dijamin Ampuh

4. Windows 10 Education

Mirip seperti Enterprise, Windows 10 Education juga diperuntukkan untuk pengguna dengan jumlah sangat banyak. Perbedaan dari Enterprise, Windows 10 Education diperuntukkan untuk keperluan pendidikan.

Windows 10 Education ini banyak digunakan pada lembaga seperti sekolah dan instalasi pendidikan lainnya. Berbagai fitur yang tersedia juga diperuntukkan untuk semua keperluan pendidikan.

5. Windows 10 Mobile

Berbeda dari jenis yang telah disebutkan sebelumnya, Win10 Mobile merupakan versi yang terdapat pada smartphone dan juga tablet. Namun smartphone atau tablet tersebut juga harus menggunakan sistem operasi dari Microsoft.

Sistem operasi ini juga memiliki beberapa fitur yang menjadi kelebihan. Beberapa kelebihan tersebut adalah smartphone dapat disambungkan dengan monitor dan bisa menjadi sebuah mini PC.

Baca juga: Aplikasi untuk Windows 10, Wajib Kamu Install Segera

Cara Melihat Versi Windows 10 Melalui Jendela Run

Cara melihat versi Windows 10 pertama dapat dilakukan dengan menggunakan perintah RUN atau Winver. Perintah winver ini akan menampilkan kepada Anda kotak “About Windows”.

  1. Langkah pertama dapat dilakukan adalah dengan menekan dan menahan tombol “Windows” kemudian menekan tombol “R”.
  2. Selanjutnya akan muncul tampilan dari jendela Run. Ketik “Winver” pada kotak yang tersedia lalu klik “OK” atau tekan Enter.
  3. Selanjutnya akan terbuka sebuah jendela kecil “About Windows” yang menampilkan semua informasi lengkap seputar perangkat. Informasi tersebut seperti versi, build number, dan edisi dari sistem operasi.

Berikut Ini Memanfaatkan Menu Setting

Cara melihat versi Windows 10 juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan menu Setting. Menu setting sendiri adalah sebuah menu didalam sebuah sistem operasi yang digunakan. Menu ini berfungsi untuk melakukan pengaturan seperti display, hardware dan lainnya.

  1. Langkah pertama klik kolom “Search” pada bagian sudut kiri layar bawah. Ketik “Setting” pada kolom tersebut.
  2. Selanjutnya akan muncul hasil pencarian dan pilih “Setting”. Setelah Anda berada pada halaman “Setting” berikutnya klik menu “About”.
  3. Lalu akan muncul halaman about yang berisi informasi mengenai spesifikasi perangkat dan sistem operasi. Anda dapat melihat versi dan edisi dari sistem operasi yang terpasang di PC atau laptop pada kolom “Windows Specification”.

Ketahui Juga Menggunakan Tools Dxdiag

Cara melihat versi Windows 10 berikutnya menggunakan tool bernama Dxdiag. Dxdiag merupakan sebuah tool dalam sistem operasi untuk memberikan informasi tentang komponen Direct X, software, hardware, sistem operasi dan driver yang terinstall.

Baca Juga:  Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth dengan Mudah dan Cepat

Pertama tekan tombol keyboard “Win + R” dan akan muncul jendela Run. Pada kolom yang tersedia ketik “dxdiag” dan tekan OK atau enter. Setelah itu akan muncul jendela dari DirectX Diagnostic Tool.

Pada jendela ini akan berisi informasi mengenai sistem operasi, hardware dan software yang terpasang pada PC atau laptop. Anda dapat melihat versi dan edisi sistem operasi yang terpasang pada kolom “Operating System”.

Cara Melihat Melalui Command Prompt

Cara melihat versi Windows 10 selanjutnya adalah dengan melalui menu CMD atau Command Prompt. CMD adalah Fitur yang terdapat pada sistem operasi dan berfungsi sebagai baris perintah penerjemah.

Dengan menggunakan CMD, pengguna dapat mengeksekusi perintah dengan cara menghentikannya melalui terminal. untuk melihat versi sistem operasi, pertama tekan tombol pada keyboard “Win + R”.

Pada jendela Run tersebut ketikkan CMD di kolom yang tersedia dan klik tombol Ok atau tekan enter. Selanjutnya akan muncul jendela CMD dan ketik “systeminfo” lalu tekan enter. Tunggu beberapa saat lalu akan muncul versi sistem operasi pada bagian OS version.

Melihat Versi Windows Melalui Menu System Information

Cara melihat versi Windows 10 bisa juga melalui menu System Information atau msinfo32. System Information adalah sistem profiler yang terpasang pada Microsoft Windows. Menu ini mengumpulkan dan menampilkan informasi tentang PC atau laptop.

  1. Pertama tekan tombol keyboard “Win + R” secara bersamaan dan akan muncul jendela Run.
  2. Pada jendela tersebut “msinfo32” lalu tekan OK atau enter. Akan muncul jendela System Information yang menampilkan beberapa menu seperti system summary, component dan aplikasi pendukung.
  3. Pilih menu “system summary” dan pada menu ini Anda bisa melihat beberapa informasi terkait OS name, version, OS Manufacture serta informasi lainnya. Semua informasi yang Anda butuhkan akan ditampilkan lengkap.

Melihat Versi Windows 10 Melalui Windows Explorer

Menu Windows Explorer juga dapat digunakan untuk cara melihat versi Windows 10. Windows Explorer adalah menu yang terdapat di sistem operasi Windows dengan menyediakan antarmuka grafis kepada setiap pengguna untuk mengakses berkas.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menekan tombol keyboard “Win + E” Dan akan muncul halaman sistem berkas.
  2. Arahkan kursor pada Icon “This PC” Dan klik kanan pada icon tersebut.
  3. Selanjutnya pilih opsi “properties” dan akan muncul jendela “system properties” yang menampilkan berbagai informasi mengenai sistem, hardware komputer dan registered.
  4. Cara melihat versi Windows 10 dan edisi sistem operasi yang terpasang pada laptop atau PC dapat dilihat pada kolom sistem.
Baca Juga:  Aplikasi Edukasi Gratis

Cara Menggunakan Menu Registry Editor

Terakhir adalah dengan menggunakan menu Registry Editor. Langkah pertama untuk cara melihat versi Windows 10 adalah menjalankan jendela Run dengan menekan secara bersamaan tombol “Win + R” atau membuka start dan ketik “Run”.

Pada jendela Run, ketik “Regedit” di kolom yang tersedia lalu tekan Ok atau Enter. Setelah jendela registry editor terbuka cari folder dengan nama “HKEY_LOCAL_MACHINE” lalu pilih “Software”.

Selanjutnya Anda pilih “Microsoft” dan buka Windows NT. Kemudian cari folder bernama “Current Version” dan klik dua kali pada folder tersebut. Setelah itu akan muncul versi Windows pada “Current Build.

Beberapa cara di atas dapat digunakan langsung pada PC atau laptop Anda tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Dari beberapa langkah-langkah di atas dapat disimpulkan bahwa cara melihat versi Windows 10 pada PC atau laptop sebenarnya tidaklah sulit.