Aplikasi Membuat Video Tutorial untuk Windows dan MacOS

5+ Aplikasi Membuat Video Tutorial untuk Windows dan MacOS

Di era modern ini ada banyak sekali aplikasi membuat video tutorial yang bisa Anda pilih untuk perangkat masing-masing. Tentunya setiap aplikasi yang akan kami jelaskan di sini memiliki keunggulannya tersendiri.

Namun Anda harus memilih salah satu di antaranya yang paling sesuai dengan kebutuhan. Penting untuk dipahami, dalam pembuatan video tutorial yang kita butuhkan adalah aplikasi perekaman layar. Saat ini ada banyak sekali aplikasi untuk merekam layar yang bisa Anda pilih.

6 Aplikasi Membuat Video Tutorial Terbaik 

Deretan aplikasi ini bisa di-instal di perangkat smartphone maupun personal komputer dan laptop. Intinya Anda harus memilih perangkat apa yang hendak digunakan ketika proses pembuatan video tutorial tersebut dilakukan.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas 10 aplikasi terbaik yang bisa Anda pilih untuk membuat video tutorial dengan sangat mudah. Sudah tentu aplikasi yang akan kami jelaskan disini memiliki fitur yang sangat lengkap dengan cara penggunaan termudah.

Setelah kami rangkum dari banyak sumber, ternyata ada lebih dari ratusan aplikasi pembuat tutorial yang bisa Anda install di perangkat saat ini. Namun tidak semua aplikasi tersebut dilengkapi dengan fitur-fitur yang memudahkan Anda dalam proses pembuatannya.

Di antara banyaknya aplikasi rekaman layar atau pembuat tutorial tersebut, ada 6 nama terbaik yang sangat kami rekomendasikan untuk dipilih. Tentu saja 6 nama terbaik ini dilengkapi dengan fitur unggulan dan desain interface yang begitu sederhana.

Kami jamin pemula sekalipun tidak akan kesulitan untuk menggunakannya. Lantas apa saja deretan aplikasi yang sangat recommended tersebut? Apa saja kelebihan dari penggunaannya? Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

  1. EaseUS RecExpert

Rekomendasi aplikasi membuat video tutorial pertama yang bisa Anda pilih adalah EaseUs RecExpert. Ini merupakan sebuah aplikasi cerdas yang biasa digunakan oleh pengguna Windows maupun Macintosh. Dibandingkan dengan aplikasi lain yang ada saat ini, EaseUS dilengkapi dengan fitur yang jauh lebih lengkap.

Dengan menggunakannya, Anda bisa merekam audio, webcam, video, gambar dan berbagai jenis grafis lainnya dalam berbagai kesempatan. Mudah sekali untuk merekam video YouTube, game tutorial atau bahkan rapat zoom dengan menggunakan aplikasi ini.

Bahkan Anda juga bisa merekam layar dengan kombinasi audio internal dan suara Anda di perangkat Windows maupun Macintosh. Salah satu keunggulan yang ada pada aplikasi ini adalah pratinjau rekaman yang memudahkan pengguna dalam pemilihan konten yang harus dan tidak harus dibawa ketika dipublikasikan.

  1. Quick Time 7 Pro Player

Pilihan aplikasi membuat video tutorial lainnya adalah Quicktime 7 Pro yang dirilis oleh Apple dan dikhususkan bagi mereka yang menggunakan perangkat Macintosh. Dengan menggunakan Quicktime 7 Pro Player ini, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga:  Inilah Fungsi Aplikasi Dropbox untuk Laptop Bagi Kamu Pemula

Contohnya Anda bisa melakukan editing video, menciptakan slide show, memotong konten, menambah background music, hingga mengubah kompresi dari setiap video yang sedang diedit. Ada ratusan efek khusus yang bisa Anda gunakan di dalam aplikasi ini.

Bahkan Anda juga bisa mengkonversi gambar atau sebuah file lain ke format yang berbeda menggunakan aplikasi ini. Fitur keren lain yang ada pada aplikasi membuat video tutorial ini adalah kemudahan dalam merekam konten.

Anda bisa merekam konten audio maupun visual dan membagikannya ke berbagai platform secara instan. Sayangnya aplikasi ini mengharuskan Anda untuk membayar dalam jumlah tertentu sebelum menginstal dan menggunakannya di perangkat.

  1. Screenium

Rekomendasi terbaik lain yang bisa Anda pilih adalah Screenium. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat rekaman video tutorial dengan sangat mudah. Hal ini dikarenakan fitur yang ada didalamnya sangatlah lengkap.

Bayangkan saja, aplikasi membuat video tutorial yang bisa diakses di perangkat iOS ini menyajikan rekaman dengan 60 frame per detik. Sudah tentu kualitas video yang dihasilkan akan jauh lebih maksimal. Dengan aplikasi ini, Anda bisa merekam sebagian layar ataupun seluruh layar pada perangkat yang digunakan.

Tidak hanya itu saja, aplikasi juga dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan yang akan memudahkan Anda dalam proses pembuatan video tutorial. Di antara fitur-fitur unggulan tersebut adalah pemotongan konten, penambahan efek dan transisi dan pemilihan animasi.

Bisa juga menambahkan teks dan audio hingga menyematkan klip gambar dengan sangat mudah. Penggunaan aplikasi membuat video tutorial ini juga memungkinkan Anda untuk menciptakan slideshow dengan transisi yang sangat lembut dan realistis.

  1. Hitpaw Screen Recorder

Pilihan aplikasi lain yang tidak kalah recommended adalah Hitpaw Screen Recorder. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat video tutorial dengan sangat mudah. Baik pengguna Windows maupun Macintosh bisa menginstal software satu ini di berangkatnya masing-masing.

Sudah tentu ada banyak sekali fitur keren yang bisa Anda coba pada aplikasi tersebut. Diantara fitur-fiturnya adalah melakukan perekaman layar, merekam kamera, webcam, merekam iPhone dan iPad, atau bahkan merekam diri sendiri serta kamera dalam tempo yang bersamaan.

Jika melihat fitur-fitur yang dimilikinya, aplikasi membuat video tutorial ini lebih dari sekedar memenuhi syarat. Ketika menggunakan aplikasi ini, Anda juga bisa menambahkan fitur perekaman jadwal atau bahkan fitur perekaman game yang sudah tersedia secara otomatis.

Baca Juga:  Intip Aplikasi Uang 75 Ribu Bisa Nyanyi yang Sangat Unik

Hitpaw juga memiliki ukuran yang jauh lebih minimalis jika dibandingkan dengan opsi lain. Jadi penggunaannya tidak akan membuat perangkat Anda menjadi berat. Tampilan aplikasi satu ini terbilang sederhana sehingga sangat mudah untuk dioperasikan.

  1. Screen Recorder

Pilihan aplikasi membuat video tutorial lain yang harus Anda coba adalah Screen Recorder. Aplikasi ini dikembangkan secara langsung oleh Ice Cream Apple bekerjasama dengan Mac OS X. Software tersebut dirancang untuk pengguna Windows 10 dan Mac OS 10.

Ketika Anda menggunakannya,ada banyak fitur keren yang bisa dicoba. Tentu saja fitur tersebut akan memudahkan pengguna dalam proses perekaman layar dan menciptakan video tutorial. Bahkan tangkapan layar yang diambil tersimpan dalam format HD.

Kelebihan ini sama sekali tidak akan Anda temukan pada aplikasi perekaman layar lainnya. Ketika perekaman layar sedang dilakukan, aplikasi akan memunculkan menu bar yang menjadi sarana Anda untuk mengoperasikan aplikasi.

Ada banyak opsi yang bisa dilakukan dengan menu bar tersebut. Diantaranya adalah melakukan zooming, cropping ukuran layar, hingga menambahkan efek. Tidak heran kalau kemudian aplikasi membuat video tutorial ini menjadi salah satu yang paling direkomendasikan.

Baca juga: 10 Aplikasi Graffiti Android Terbaik Gratis untuk Semua Pengguna

  1. ScreenFlow

ScreenFlow menjadi rekomendasi terakhir yang bisa kami berikan pada kesempatan kali ini. Sama seperti deretan aplikasi sebelumnya, screenflow dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan yang akan memudahkan Anda dalam proses pembuatan video tutorial.

Kompatibilitas aplikasi ini juga sangat tinggi karena bisa digunakan untuk perangkat iOS maupun perangkat Windows. Bahkan Anda juga bisa mengintegrasikan aplikasi ini dengan perangkat Apple lain seperti iPad, iPhone ataupun Apple TV.

Namun tentu saja koneksi internet dibutuhkan dalam proses integrasinya. Ketika hendak menggunakan aplikasi ini, ada banyak fitur keren yang bisa dicoba. Di antaranya adalah menambahkan efek pada setiap klik, menampilkan dan mengganti ukuran pointer, menambahkan anotasi dan fitur-fitur lainnya.

Jika Anda tertarik dalam pembuatan video tutorial, beberapa rekomendasi aplikasi yang kami berikan di atas wajib menjadi pilihan. Selain menyajikan konten dengan kualitas terbaik, aplikasi membuat video tutorial ini sangat mudah untuk digunakan.