Aplikasi Pembuat CV Online Memudahkan Pelamar Kerja

Aplikasi Pembuat CV Online Memudahkan Pelamar Kerja

Aplikasi pembuat CV online tentunya sangat bermanfaat dan dibutuhkan untuk para pelamar kerja. Zaman sekarang sudah banyak pihak developer menciptakan beberapa aplikasi untuk membantu dalam pembuatan CV.

Ketika kamu telah lulus dalam menjalankan dunia pendidikan dari sekolah dasar hingga perguran tinggi, tentunya akan mencari lapangan pekerjaan. Tujuannya untuk mencari uang dan peluang kerja sama.

Sedikit Pembahasan Mengenai Apa Itu CV

Teknologi sekarang tidak sama lagi dengan dahulu. Sehingga dapat dikatakan akan terus berkembang pada setiap waktunya.

Setiap perusahaan pastinya memiliki ketentuan dalam menerima karyawan. Mulai dari seleksi hingga pemeriksaan kesehatan dari seluruh aspek.

Tentunya itu semua memerlukan beberapa pengetahuan penting ketika ingin melamar ke suatu perusahaan. Di antaranya adalah seleksi pertama, biasanya soal matematika dasar dan kemampuan berfikir secara cepat.

Tetapi, sebelum merasakan tes tersebut harus lolos dan dipanggil oleh pihak HRD melalui berkas lamaran kerja. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah lampiran CV atau Curiculum vittae.

CV adalah surat yang berisikan tentang diri pribadi seorang pelamar kerja, mulai dari nama, riwayat pendidikan, hingga kelebihan. Maka dari itu, kami akan membahas bagaimana cara lolos dan dilirik oleh pihak HRD agar cepat mendapatkan panggilan tes kerja.

Rekomendasi Aplikasi Pembuat CV Online

Aplikasi pembuat CV online merupakan solusi bagi para pencari atau pelamar kerja, khususnya untuk pelajar yang baru lulu dari pendidikannya. Dengan menggunakan aplikasi tersebut akan dipermudah proses nya dengan cara diarahkan melalui tutorial disana.

Banyak yang bertanya apakah bisa membuat CV secara online dengan mudah dan cepat, tentu saja bisa dan tidak menutup kemungkinan gratis layanannya. Tentunya ini semua akan sangat mempermudah bagi para pembuat CV.

Ada beberapa jenis CV yang bisa digunakan sebagai bahan lampiran lamaran kerja. Mulai dari desain menarik hingga formal seperti ATS. Berikut adalah penjelasan secara lengkapnya

  1. Menggunakan Aplikasi Canva

Rekomendasi aplikasi pembuat CV online pertama adalah canva. Plartform tersebut sudah banyak digunakan oleh banyak orang sebagai penyedia desain gratis dan sangat mudah untuk diakses secara online.

Baca Juga:  7 Aplikasi Keylogger Terbaik Tanpa Perlu Root dan Aman

Kamu bisa memilih berbagai desain yang menarik dan unik. Sehingga HRD akan cepat melirik dan memanggil nama untuk dipanggil dalam kegiatan tes lamaran calon karyawan.

  1. Menggunakan Aplikasi Easy Resume Builder

Tidak kalah dengan aplikasi pembuat CV online canva, easy resume builder juga memiliki fitur terunggul dikelasnya. Siapa saja bias mengaskes dan membuat atau menggunakan desain secara gratis.

Ketika kamu sudah membuat CV di aplikasi tersebut maka akan terproses dalam bentuk format pdf. Tentunya ini akan memudahkan ketika ingin melampirkan ke suatu formulir lamaran di media online.

  1. Menggunakan Aplikasi CV and Resume Creator

Aplikasi pembuat CV online selanjutnya adalah CV and Resume Creator. Banyak template desain untuk digunakan secara gratis dan mudah, sehingga banyak orang yang sangat berminat untuk mencoba menggunakannya.

  1. Menggunakan Aplikasi CV Engineer

Berbeda dengan aplikasi CV lainnya yang membuat secara manual dan sedikit memerlukan waktu cukup lama.

Aplikasi pembuat CV online Enginer ini harus mengisi biodata pelamar terlebih dahulu. Sehingga ketika ingin menggunakan template atau desain yang berbeda akan mudah dan data akan langsung masuk kedalam desain tersebut.

  1. Menggunakan Aplikasi CV Maker Resume Builder PDF

Rekomendasi aplikasi CV terakhir adalah CV Marker Resume Builder PDF. Kami sangat merekomendasikan untuk menggunakan layanan dari aplikasi tersebut, karena sudah tercantum bagaimana cara menggunakannya sampai bisa menjadi dokumen CV pdf.

Dengan hadirnya teknologi canggih, tentunya akan selalu terbantu dalam melakukan aktifitas sehari hari manusia. Seperti munculnya aplikasi pembuat CV online.

Baca juga: 9+ Aplikasi Pencari Driver Online Terbaik 2022 untuk PC dan Laptop

Tips Membuat CV Agar Dilirik Oleh HRD

Kamu pasti pernah mendengar bahwa ketika ingin diterima berkas lamarannya harus membuat CV secara menarik dan jelas. Pernyataan tersebut sangat benar, karena rata rata hrd bisa melihat kualitas diri hanya dengan melihat dari sebuah CV saja.

Selain mengetahui aplikasi pembuat CV online, kamu juga harus memahami berbagai tips. Tentunya bisa diaplikasikan secara langsung dan bisa dibuktikan dengan adanya panggilan untuk melakukan seleksi calon karyawan. Berikut penjelasan secara lengkapnya.

  1. Mulai dengan Menceritakan Kelebihan

Pastinya sudah diketahui, jika CV itu terdapat berbagai pesan yang menceritakan diri sendiri. mulai dari nama, tanggal lahir, kelebihan, pengalaman, dll.

Namun, ada baiknya jika kamu melampirkan beberapa pernyataan tentang deskripsi kelebihan di awal lampiran CV atau urutan paling atas. Biasanya HRD akan melihat dari segi kelebihan dan tekad kuat nya terlebih dahulu.

Baca Juga:  Aplikasi Untuk Menyembunyikan Aplikasi

Kamu harus memisahkan soft skill dan hard skill. Jangan sampai dicampur atau tidak ada sama sekali kelebihan tersebut berdampak pada perusahaan.

Soft skill adalah kelebihan atau keahlian yang bermanfaat untuk diri sendiri dan tidak untuk perusahaan. Misalnya berenang, bisa bernyanyi, bisa main skateboard, dll.

Hard skill adalah kemampuan yang sangat diperlukan untuk kebutuhan perusahaan dalam proses pengembangan dan peningkatan. Seperti, dapat mengoperasikan microsoft office, menguasai dunia listrik, hingga public speaking.

Oleh karena itu, aplikasi pembuat CV online selalu mengarahkan penggunanya untuk mengisi deskripsi kelebihan. Misalnya saya merupakan seorang pribadi yang jarang mengeluh dan suka mengatasi berbagai masalah sampai selesai.

  1. Tunjukan Hasil Capaian

Ketika sudah menceritakan kelebihan melalui singkat cerita dari deskripsi, maka selanjutnya menunjukan hasil capaian. Seperti, pernah mengikuti ajang perlombaan sains tingkat internasional dan mendapatkan juara pertama.

Itu semua akan menjadi bahan pertimbangan HRD dalam menentukan siapa yang layak untuk memasuki perusahaannya. Karena dari situ, akan terlihat bagaimana kualitas seorang pelamar sesungguhnya.

  1. Sesuaikan dengan Posisi yang Dilamar

Banyak orang yang tidak memerhatikan posisi yang dilamar. Terkadang mereka para pelamar mencantumkan posisi secara acak, padahal pihak perusahaan hanya membutuhkan satu jenis posisi saja.

Sangat dipastikan akan ada kemungkinan CV kamu akan tertolak secara mentah mentah. Tentunya itu semua akan menimbulkan rasa penyesalan dan kecewa.

Maka dari itu, dari sekarang mulai membaca informasi lowongan pekerjaan secara detail, agar tidak terjadi kesalahan ketika membuat berkas lamaran kerja.

  1. Tunjukan Bahwa Kamu Memiliki Banyak Relasi

Banyak relasi bukan berarti orang dalam yang sering dianggap lumrah untuk melamar dengan menggunakan uang. Tetapi, pengertian diatas merupakan relasi dari berbagai teman di kampus, kerja sama, dll.

Dengan banyaknya relasi, seperti pernah mengikuti organisasi atau kerja sama bisnis di kampus. Sangat dipastikan HRD akan selalu melirik kamu dan menjadikan sebagai bahan pilihan prioritas.

Karena dengan banyaknya relasi, akan terlihat bahwa kamu adalah orang yang aktif dalam berkomunikasi dan berkerja sama. Sehingga akan membuat dampak baik bagi pihak perusahaan.

  1. Gunakan Kata Kata yang Kuat dan Menarik

Aplikasi pembuat CV online tidak bisa otomatis mengisi kata kata secara menarik. itu semua dia atur oleh diri kamu sendiri, maka dari itu belajar membuat kata kata menarik dan profesional.

Pihak HRD juga bias menilai seorang calon karyawan dengan cara melihat pada sebuah tulisan atau bahasa yang digunakan. Maka dari itu, ada beberapa perusahaan masih menggunakan metode melampirkan surat lamaran kerja dengan ditulis tangan.

Baca Juga:  Rekomendasi Aplikasi Live Bebas Banned, Bisa Siaran Bar Bar!

Semua perusahaan memiliki peraturan tersendiri untuk menerima para karyawan dengan tujuan agar tidak terjadi kerugian dari kedua belah pihak. Maka dari itu, muncullah beberapa tes psikotes hingga interview untuk memastikan layak atau tidak.

Sebelum diterima diperusahaan, pastinya harus mempersiapkan segala berkas yang dibutuhkan untuk melampirkan ke pihak HRD, misalnya CV. Sehingga informasi aplikasi pembuat CV online ini sangat diperlukan.