Aplikasi Ringan untuk PC yang Berfungsi Sebagai Emulator

Aplikasi Ringan untuk PC yang Berfungsi Sebagai Emulator

Aplikasi ringan untuk PC jumlahnya sangat banyak. hanya saja ketika membahas emulator android di PC, tipe aplikasinya terbilang berat. Kondisi ini jelas menjadi hal yang menyulitkan. Itu karena, kondisi berat tersebut membuat penyimpanan PC penuh.

Emulator android sendiri adalah hal yang sangat penting di PC itu karena, keberadaan emulator android membuat kamu bisa melakukan berbagai hal secara bebas. Oleh karena itu, pemasangannya di PC menjadi hal yang sangat wajib.

Aplikasi Ringan untuk PC yang Berfungsi Sebagai Emulator

Jika kamu sedang mencari aplikasi ringan tersebut, ini adalah tempat yang tepat. Pada kesempatan kali ini, akan diuraikan secara lebih rinci mengenai beberapa aplikasi yang layak direkomendasikan. Perlu diketahui, keberadaan aplikasi ini sangat penting.

Itu karena, ada banyak orang yang sudah mencobanya dan hasil yang didapat ternyata memuaskan. Oleh karena itu, kamu perlu mencobanya supaya merasakan kepuasan serupa. Berikut daftar lengkap dari aplikasi tersebut.

  1. ARChon

Aplikasi ringan untuk PC yang berfungsi sebagai emulator pertama adalah ARChon. Perlu diketahui, ARChon ini bukan aplikasi yang berdiri sendiri. Tetapi, keberadaan ARChon ini lebih berperan sebagai ekstensi.

Oleh karena itu, keberadaannya tidak bisa dilepaskan dari google chrome. Itu karena, aplikasi ini dan google chrome merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Penggunaannya sendiri sangat mudah.

Jika ARChon sudah dipasang sebagai ekstensi, kamu tinggal menjalankan aplikasi android seperti biasanya. Perlu diketahui, ARChon sendiri tersedia baik di windows, Mac, maupun Linux. Selain itu, kamu bisa mendapatkannya secara gratis.

  1. Xamarin

Aplikasi ringan untuk PC yang bisa dipakai sebagai emulator berikutnya adalah Xamarin. Sebenarnya xamarin ini memiliki beberapa fungsi. Fungsi pertama tentu sebagai emulator. Nantinya kamu bisa menggunakan aplikasi android dengan bebas.

Selain itu, xamarin juga bisa dipakai sebagai tempat belajar pembuatan aplikasi. Itu karena, penggunaannya memang sering digunakan oleh ahli. Bahkan banyak ahli menyatakan kalau xamarin ini sangat cocok dengan microsoft visual studio.

Perlu diketahui, xamarin hanya bisa digunakan pada windows 10, 8, dan 7. Selain itu, versi terbaru yang tersedia adalah 0.6.5. kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkannya karena aplikasi ini dikeluarkan secara gratis.

  1. Droid4x

Droid4x bisa menjadi opsi berikutnya yang bisa dipilih. Perlu diketahui, droid4x sering disebut sebagai emulator yang paling ringan. Itu karena, aplikasi ringan untuk PC ini bisa diinstall walaupun RAM dari perangkat hanya 1 GB.

Baca Juga:  Aplikasi Untuk Menyembunyikan Aplikasi

Ini jelas mengejutkan mengingat kebanyakan laptop di zaman sekarang memiliki RAM minimal 4 GB. Keunggulan lain dari aplikasi ini terletak pada fitur controllernya. Itu karena, aplikasi ini bisa diintegrasikan dengan ponsel android yang dimiliki.

Hal tersebut membuat kamu bisa memainkan game di PC dan menggunakan ponsel sebagai controller. Untuk memasang aplikasi ini, minimal CPU yang dibutuhkan adalah dual core. Selain itu, GPU minimalnya sendiri adalah OpenGL 2.0.

  1. Andy

Aplikasi ringan untuk PC berikutnya yang bisa dipilih saat mencari emulator android adalah Andy. Beberapa orang sering menyebut aplikasi ini dengan sebutan Andyroid. Keunggulan utama dari aplikasi ini terletak pada keleluasaannya.

Nantinya kamu pasti lebih leluasa ketika menggunakan berbagai fitur yang ada pada android. Batasan-batasan yang biasanya ada pada ponsel pasti tidak akan terasa. Andy ini juga mirip dengan Droid4x.

Itu karena, Andy juga memungkinkan kamu untuk mengubah android menjadi kontroller. Untuk menggunakan aplikasi ini, RAM minimal yang dibutuhkan adalah sebesar 1 GB. Aplikasi ini sendiri memiliki ukuran sebesar 871 MB.

Baca juga: Daftar Aplikasi Samsung Terbaik yang Tidak Boleh Terlupakan

  1. NoxPlayer

NoxPlayer juga bisa menjadi aplikasi ringan untuk PC yang digunakan sebagai emulator. Kamu para pencinta game pasti sudah mengetahui aplikasi ini. Itu karena, penggunaannya sebagai emulator game android memang sangat umum.

Perlu diketahui, NoxPlayer tidak hanya sekadar menjalankan aplikasi android. Selain itu, NoxPlayer juga memberikan beberapa tambahan pada aplikasi. Ini membuat pengendalian game menggunakan keyboard dan mouse menjadi lebih mudah.

Untuk menggunakan aplikasi ini, PC minimal harus menggunakan windows 7. Nantinya windows 8, 8.1, atau 10 bisa menjadi opsi terbaik. Kamu juga bisa memakainya baik pada PC 32 bit maupun 64 bit.

  1. LDPlayer

Ketika mencari aplikasi ringan untuk PC sebagai emulator game android, nama NoxPlayer memang menjadi prioritas utama. Itu karena, NoxPlayer memegang label sebagai nama terbesar di dunia emulator.

Tetapi ingat, sekarang sudah muncul aplikasi lain yang sukses menjadi opsi lain ketika bosan menggunakan NoxPlayer. Aplikasi tersebut adalah LDPlayer. Aplikasi ini dirancang khusus untuk memainkan game seperti PUBG Mobile dan AOV.

Bahkan game lain seperti Mobile Legends dan Chess Rush juga bisa dipakai secara bebas. Keunggulan utama dari LDPlayer ini terletak pada stabilitasnya yang sangat baik. Selain itu, kamu nantinya bisa menggunakan dua game secara bersamaan.

  1. KoPlayer

KoPlayer adalah opsi selanjutnya ketika menjadi aplikasi ringan untuk PC yang berperan sebagai emulator. Walaupun PC RAM 1 GB tidak bisa menggunakan KoPlayer, kamu tidak membutuhkan PC RAM 4 GB. Itu karena, PC RAM 2 GB juga sudah cukup.

Baca Juga:  Aplikasi Catatan Keuangan

Ketika menggunakan aplikasi ini, pengguna akan diberi dua pilihan. Pilihan pertama adalah Speed yang berfungsi untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi. Pilihan kedua sendiri adalah Compatibility yang lebih mengutamakan keamanan dibanding kecepatan.

Sebenarnya kedua pilihan tersebut bisa dijalankan sekaligus. Hanya saja, dibutuhkan PC yang spesifikasinya lebih tinggi lagi. Nantinya layanan google play store bisa kamu gunakan secara bebas apabila KoPlayer sudah diinstall.

  1. Bluestacks 5

Nama Bluestacks memang tidak bisa dilupakan ketika mengulas emulator android di PC. Itu karena, bluestacks bisa dikatakan sebagai salah satu emulator terpopuler. Namun jika yang dibahas adalah aplikasi ringan untuk PC, bluestacks 5 bisa menjadi opsi terbaik.

Itu karena, penggunaannya bisa dilakukan walaupun PC yang dimiliki memiliki spesifikasi rendah. Mendapatkan Bluestacks 5 sendiri sangat mudah. Kamu bisa langsung mengunduh di situs resminya secara gratis.

Perlu diketahui, bluestacks tidak hanya bisa digunakan pada windows. Kamu yang menggunakan laptop atau PC MAC juga bisa menggunakannya. Aplikasi ini sendiri memiliki ukuran sekitar 465 MB.

  1. Genymotion

Aplikasi ringan untuk PC terakhir di daftar ini adalah Genymotion. Banyak orang menyebut kalau genymotion adalah salah satu emulator android teringan. Bahkan keberadaannya akan terasa nyaman ketika dipakai oleh developer aplikasi.

Nantinya genymotion tidak hanya membuat kamu bisa menggunakan aplikasi keinginan. Namun genymotion juga bisa dipakai untuk menguji aplikasi. Ukuran aplikasi ini sendiri cukup rendah. Itu karena, ukurannya hanya 117 MB.

Selain itu, OS yang dibutuhkan untuk memasang aplikasi ini juga cukup rendah. Kamu sudah bisa menggunakannya baik pada windows 10, 8.1, 8, maupun 7. Bahkan GPU yang diperlukan untuk memasang aplikasi ini hanya Open GL 2.0 atau lebih tinggi.

Pastikan untuk memilih-milih aplikasi yang disediakan di atas. Sesuaikan keberadaan aplikasi tersebut dengan kebutuhan. Jangan sampai malah kecewa di akhir karena aplikasi ringan untuk PC yang dipilih ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan.