Aplikasi Helpdesk Gratis Terbaik untuk Bisnis Kamu

Aplikasi Helpdesk Gratis Terbaik untuk Bisnis Kamu

Aplikasi Helpdesk gratis merupakan salah satu hal penting dalam bisnis kamu agar dapat memfasilitasi tim customer service untuk melayani para pelanggan dengan baik. Penggunaan software helpdesk dapat membantu meringankan tugas dari tim customer service.

Terutama dalam hal mengelola serta mengatur prioritas pelanggan. Dengan demikian, tidak ada lagi pelanggan yang akan merasa kecewa dengan pelayanan dari bisnis yang kamu jalankan.

Rekomendasi Aplikasi Helpdesk Gratis untuk Bisnis

Helpdesk merupakan sebuah sistem atau program yang akan bertanggung jawab untuk menjawab berbagai pertanyaan dari pelanggan. Sehingga sistem ini tidak terlalu berbeda jauh dengan customer service.

Pelanggan akan mengajukan beberapa pertanyaan ke Helpdesk melalui email, situs website, telepon atau online chatting. Kemudian tim akan merespon pertanyaan tersebut sehingga dapat membantu pelanggan.

Oleh karena itu keberadaannya sangat penting di dalam sebuah perusahaan. Karena sistem ini mampu untuk mengatasi masalah dari berbagai pertanyaan dengan cepat. Berikut beberapa aplikasi Helpdesk gratis yang dapat digunakan untuk bisnis kamu.

1. Engage Bay

Software pertama yang dapat digunakan adalah Engage Bay. Engage Bay merupakan solusi aplikasi Helpdesk yang memungkinkan untuk menangani serta menyelesaikan berbagai macam pertanyaan hanya melalui satu dashboard.

Engage Bay juga akan merampingkan komunikasi dengan pelanggan menjadi satu tiket dan menyelesaikan berbagai pertanyaan dari satu tiket tersebut. Kamu juga dapat menghemat waktu kerja dengan layanan makro pelanggan dari Engage Bay.

Beberapa fitur utama dari aplikasi Helpdesk gratis ini seperti aktivitas dashboard, pelacakan aktivitas, penjadwalan pertemuan, penjawab otomatis, manajemen serta sinkronisasi kalender. Beberapa fitur tersebut akan membantu untuk merespon pertanyaan pelanggan.

Dengan bantuan dari Engage Bay, membuat laporan Helpdesk juga dapat disesuaikan seperti laporan kinerja tim. Kamu juga bisa mendapatkan matrik dari beberapa tiket pertanyaan yang sudah terjawab, belum terjawab atau tertunda.

2. Freshdesk

Freshdesk adalah salah satu aplikasi Helpdesk yang memungkinkan kamu memprioritaskan, mengkategorikan dan menetapkan beberapa tiket pertanyaan. Software ini juga memungkinkan kamu untuk membuat balasan yang telah di format sebelumnya.

Cara kerjanya adalah dengan memberikan opsi untuk mengundang mitra atau kolega dari bisnis lain, sehingga kamu dapat mendiskusikan dan menyelesaikan masalah pelanggan bersama-sama. Kamu juga dapat berbagai masalah kompleks menjadi tiket lebih kecil.

Baca Juga:  13 Rekomendasi Aplikasi Kompres Video Android Terbaik

Cara kerja tersebut memungkinkan kamu untuk mengkonversi masalah yang diterima dari berbagai platform seperti email, telepon dan media sosial. Masalah tersebut akan dikelola menjadi tiket melalui satu platform saja.

Freshdesk juga menawarkan fitur layanan mandiri seperti forum dan chatbot yang telah dilengkapi dengan kecerdasan buatan. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk menemukan jawaban atas pengajuan pertanyaan.

Fitur tambahan lain yang terdapat pada aplikasi Helpdesk gratis ini seperti panduan cara, forum komunitas, perpustakaan video dan mengajukan pertanyaan melalui panggilan atau email. Freshdesk juga tersedia pada perangkat Android dan iOS.

3. LiveAgent

LiveAgent merupakan aplikasi Helpdesk yang memungkinkan kamu terhubung dengan banyak pelanggan melalui berbagai macam platform seperti email, platform chat, forum, panggilan telepon atau media sosial.

LiveAgent juga dapat mengelola berbagai pertanyaan masuk melalui kotak masuk universal. Dengan layanan aliran tiket hybrid, memungkinkan kamu untuk melacak perjalanan dari jawaban pertanyaan meski pelanggan menggunakan beberapa saluran komunikasi.

Aplikasi Helpdesk gratis ini juga memastikan bahwa beberapa agen tidak mengerjakan permasalahan yang sama dengan menampilkan siapa yang melihat permasalahan tersebut dan siapa yang menyelesaikannya.

Terdapat juga fitur pengaturan waktu di dalam aplikasi sehingga memungkinkan kamu mengirimkan email tindak lanjut secara otomatis. Fitur ini juga dapat membuat pengingat tentang solusi permasalahan yang tidak memiliki aktivitas dalam periode tertentu.

4. ngDesk

ngDesk merupakan salah satu aplikasi Helpdesk yang memiliki semua fitur seperti canned responses, obrolan pribadi agen ke agen serta jadwal panggilan untuk agen. ngDesk memiliki fitur eskalasi otomatis khusus.

Fitur ini memungkinkan kamu untuk memutuskan terlebih dahulu tiket mana yang ingin di eskalasi dan interval waktu antara eskalasi. Hal ini agar memastikan tiket yang tidak diketahui terus di eskalasi hingga seseorang dalam tim merespon.

Dashboard aplikasi Helpdesk gratis ini menampilkan beban kerja, hari tersibuk, laporan SLA serta status pelanggan terbesar secara real-time. Agen juga dapat terus bekerja melalui smartphone dan mendapatkan notifikasi tentang tiket baru.

Selain notifikasi tentang tiket baru, agen juga akan mendapatkan notifikasi pembaruan tiket melalui email telepon atau SMS. ngDesk juga memungkinkan kamu mengatur serta memonitor SLA yang berjalan melalui semua tiket pada Helpdesk.

Selain itu ngDesk akan memeriksa terhadap SLA kamu pada interval yang telah ditentukan sebelumnya dan memberi tentang SLA berisiko sebelum terlambat atau terlampaui. Beberapa fitur tersebut tentu akan sangat membantu perusahaan.

Baca Juga:  Aplikasi Penghasil Uang dari Android, Simak Daftarnya

5. Spiceworks

Spiceworks merupakan salah satu aplikasi Helpdesk gratis yang memungkinkan tim pendukung menerima tiket melalui satu platform, membalas, menambahkan komentar pribadi serta menyelesaikan permasalahan pelanggan.

Spiceworks juga dapat membantu menghubungkan perusahaan berbeda menuju pada satu Helpdesk. Hal tersebut tentu akan memudahkan perusahaan kamu. Semua fitur yang ada pada Spiceworks juga tersedia secara gratis namun berbayar jika ingin peningkatan aplikasi.

Baca juga: Daftar Aplikasi Android Bermanfaat untuk Dipakai Sehari-hari

6. Service Desk

Jira Service Desk adalah aplikasi yang memungkinkan tim support kamu membuat beberapa proyek untuk mengatur serta memproses permintaan pelanggan. Aplikasi berbasis web ini memungkinkan pelanggan dapat menyelesaikan masalahnya sendiri.

Hal ini membuat tim support dapat fokus menyelesaikan masalah yang lebih kompleks serta mendesak. Jira Service Desk tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Dashboard dari Jira Service juga dapat disesuaikan dengan keinginan.

Aplikasi Helpdesk gratis ini juga dapat membantu mengelola seluruh pekerjaan karyawan dalam satu platform. Sehingga akan memudahkan dalam membantu tim serta pelanggan. Kelebihan lain dari Jira Service Desk adalah dapat memilah kategori keluhan dan permintaan.

Selain itu juga dapat menganalisis akar permasalahan sehingga mudah untuk diperbaiki. Jira Service juga menyediakan wawasan bisnis yang dapat digunakan untuk mengevaluasi serta menetapkan strategi bisnis di di masa depan.

7. C-Desk

C-Desk adalah salah satu aplikasi Helpdesk gratis yang memiliki banyak fitur untuk keseluruhan organisasi. Dengan adanya manajemen permintaan layanan membuat berbagai kategori layanan dapat diberikan kepada siapa saja.

C-Desk juga akan mulai menerima permintaan yang diajukan oleh orang lain untuk kategori seperti pengelolaan aset manual tidak hanya aset IT dan jaringan, knowledge base, galeri foto, papan pengumuman, log, active directory serta layanan pelanggan.

8. Qontak.com

Qontak.com merupakan jenis aplikasi Helpdesk gratis berbasis web lokal sehingga para pelaku bisnis dapat dengan mudah meningkatkan layanannya. Qontak.com juga dapat membantu memudahkan para customer service dalam menjalankan pekerjaannya.

Aplikasi Helpdesk Qontak.com juga dapat dioperasikan dengan mudah meski baru pertama kali digunakan. Salah satu kelebihan dari Qontak.com adalah memiliki fitur lengkap untuk menampilkan laporan bisnis.

Sebagai salah satu sarana komunikasi antara pelanggan dengan customer service, penting memiliki aplikasi Helpdesk untuk bisnis. Jika kamu adalah salah satu pelaku bisnis, maka aplikasi Helpdesk gratis akan sangat diperlukan.

Baca Juga:  Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo dengan Simple

Aplikasi Helpdesk Gratis adalah salah satu hal penting dalam bisnis agar dapat memfasilitasi customer service melayani para pelanggan dengan baik.