Cara Mengunci Folder di Windows agar File Tetap Terjaga

Cara Mengunci Folder di Windows agar File Tetap Terjaga

Cara mengunci folder di Windows digunakan untuk menjaga file-file yang tersimpan di laptop atau PC. Karena dari beberapa file tersebut pasti Anda memiliki beberapa file rahasia yang tidak boleh diakses oleh orang lain.

Jika PC atau laptop yang digunakan hanya dipakai sendiri itu bukan suatu masalah. Namun jika laptop atau PC tersebut merupakan milik kantor atau sering dipinjam orang lain maka akan sangat berbahaya. Oleh karena itu perlu mengunci folder tersebut.

Tujuan Mengunci Folder di Windows

Cara mengunci folder di Windows memiliki beberapa tujuan. Beberapa tujuan mengunci file di dalam laptop atau PC diantaranya untuk melindungi data-data pribadi Anda seperti file, video, foto dan data rahasia lain.

Saat ini telah banyak terjadi kasus pencurian data para user. Dengan mengunci file maka data-data yang ada akan diamankan supaya tidak disalahgunakan dan dapat menghindarkan pencurian data oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Selain itu, mengamankan data dapat menjaga agar tidak diketahui oleh orang lain jika data-data tersebut bersifat sensitif. Data-data yang dikunci juga hanya dapat diakses oleh beberapa orang yang memiliki kepentingan saja.

Cara Mengunci Folder di Windows dengan Notepad

Cara mengunci folder di Windows pertama dapat dilakukan tanpa menggunakan software tambahan. Cara menggunakan notepad ini dapat dikatakan cukup rumit karena ada beberapa proses yang perlu Anda lakukan untuk bisa mengunci dengan aman.

  1. Langkah pertama Anda cari terlebih dahulu folder yang akan dikunci. Setelah menentukan yang akan dikunci, buat teks dokumen baru dengan klik kanan lalu pilih “New” selanjutnya “Text Document”.
  2. Setelah terbuka, masukkan script berikut ke dalam Text file tersebut.

” CLS (enter) @ECHO OFF (enter) Title folder PRIVATE (enter) if EXIST “htg locker” go to UNLOCK (enter) if is not EXIST private go to md locker (enter) : CONFIRM (enter) echo are you sure u want to lock the folder (Y/N) (enter) set/p “cho=>” (enter) if %cho%== Y goto LOCK (enter) if %cho%== Y goto LOCK (enter) if %cho%== n goto END (enter) if %cho%== N go to END (enter) echo Invalid choice. (enter) go to CONFIRM (enter) :LOCK (enter) ren private “HTG Locker” (enter) attrib +h +s “HTG Locker” (enter) echo Folder locked (eter) goto End (enter) :UNLOCK (enter) echo Enter password to unlock folder (enter) set/p “pass=>” (enter) if NOT %pass%== MASUKKANPASSWORD go to FAIL (enter) attrib -h -s “HTG Locker” (enter) ren “HTG Locker” private (enter) echo Folder Unlocked successfully (enter) goto end (enter) :FAIL (enter) echo invalid password (enter) goto End (enter) :MDLOCKER (enter) md Private (enter) echo Private created successfully goto End :End “

  1. Di bagian “MASUKKANPASSWORD” silahkan Anda ketikkan password yang diinginkan. Jika sudah, simpan file dengan cara klik “File” dan pilih “Save As”.
  2. Kemudian berikan nama file tadi dan ubah ekstensi file menjadi “.bat”.
  3. Setelah itu akan muncul berkas baru yang tadi dibuat dengan ekstensi “.bat”. Anda klik dua kali untuk membuka berkas tersebut. Secara otomatis akan muncul file baru yang dibuat menggunakan script di atas tadi.
Baca Juga:  Cara Melacak Nomor HP Lewat Google Maps  Mudah Diterapkan

Jika ingin memasukkan data kedalamnya, maka klik dua kali pada file. Selanjutnya akan muncul pesan “Are you sure u want to lock the folder (Y/N)”. Ketik “Y” jika Anda ingin mengunci dan ketik “N” jika tidak ingin mengunci.

Baca juga: Cara Melihat Versi Windows 10 Pada PC atau Laptop

Mengunci Folder dengan Encryption

Cara mengunci folder di Windows berikutnya adalah dengan menggunakan fitur Folder Encryption. Sistem operasi Windows sebenarnya memiliki fitur ini yang dapat Anda gunakan untuk mengunci file. Namun fitur ini tidak banyak diketahui orang.

  1. Langkah pertama adalah menyiapkan file yang ingin dikunci menggunakan enkripsi. Klik kanan di berkas pilihan Anda lalu pilih “Properties”.
  2. Selanjutnya pilih “Advanced” dan akan muncul opsi “Encrypt contents to secure data” lalu pilih OK.
  3. Lanjutkan dengan klik “OK” pada pilihan opsi “Apply changes for this folder, subfolders and files” dan pilih “Apply”. Maka secara otomatis folder Anda akan berhasil dikunci dan dienkripsi.

Memanfaatkan CMD untuk Mengunci Folder

Cara mengunci folder di Windows bisa juga memanfaatkan CMD atau Command Prompt. Fitur ini dapat membatasi akses orang kepada file tertentu. Di CMD Anda dapat membuat pengaturan yang melarang orang lain membuka folder tersebut.

  1. Pertama buka program CMD dengan mengetik tombol keyboard “Windows + R”. Pada jendela “Run” ketik “cmd” dan pilih OK.
  2. Setelah program CMD muncul, ketik nama partisi dimana folder yang akan dikunci berada.
  3. Jika file tersebut berada di partisi “C” maka ketik “C:” dan tekan OK.
  4. Kemudian ketik script berikut “cacls [nama folder] /p everyone:n” dan Enter. Cara mengunci folder di Windows ini akan mengunci file bagi semua pengguna termasuk Anda sendiri.

Untuk dapat membukanya kembali, masuk kembali ke program CMD dan ketik perintah “cacls [nama folder] /p everyone:f”. Lakukan langkah tersebut untuk mengunci dan membuka folder melalui Command Prompt.

Mengunci Folder Menggunakan Software Secret Folder

Cara mengunci folder di Windows yang cepat dan paling sederhana dapat memanfaatkan software Secret Folder. Software ini memiliki ukuran 4 MB sehingga tidak akan terlalu memberatkan PC atau laptop Anda.

Software ini tidak bisa di uninstall dari komputer tanpa memasukkan password yang sudah diatur sebelumnya. Sehingga data yang ada di file tersebut akan aman dan terhindar untuk diakses oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

  1. Cara mengunci folder di Windows menggunakan software ini pertama adalah dengan mendownloadnya terlebih dahulu.
  2. Hasil download akan berbentuk “zip” lalu install software tersebut pada PC Anda. Buka file “.exe” dan pilih “Run”.
  3. Pilih bahasa yang ingin digunakan lalu pilih OK.
  4. Selanjutnya akan muncul opsi, pilih pada opsi “I accept the agreement” dan pilih “Next”. Atur password yang Anda inginkan serta tuliskan juga email recovery. Apabila nantinya lupa password, maka dapat mengatur ulang ke email tersebut.
  5. Terakhir tambahkan file apa saja yang ingin dikunci dengan klik “+Add” dan pilih “Lock”, maka secara otomatis file akan terkunci. File yang dikunci juga tidak akan terlihat di File Explorer. Untuk memunculkannya kembali Anda harus unlock menggunakan software ini.
Baca Juga:  Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth dengan Mudah dan Cepat

Mengunci Folder Menggunakan Software 7Zip

Cara mengunci folder di Windows berikutnya adalah dengan memanfaatkan software 7Zip. Software ini merupakan aplikasi pengelola berkas zip atau rar dan merupakan salah satu aplikasi gratis. Langkah yang perlu dilakukan adalah download terlebih dahulu 7Zip.

Kemudian install hasil download tersebut. Pilih berkas yang akan dikunci kemudian klik kanan dan pilih 7Zip. Pilih opsi “add to archive” kemudian akan muncul jendela 7Zip. Pada jendela Archive Format, pilih format arsip yang ingin digunakan.

Kami sarankan untuk menggunakan format ZIP agar lebih mudah digunakan. Lalu masukkan password untuk mengunci folder tersebut sebagai archive ZIP. Pilih OK maka berkas tersebut akan secara otomatis diamankan dengan password.

Menggunakan Software WinRAR untuk Mengunci Folder

Cara mengunci folder di Windows juga dapat memanfaatkan software WinRAR. Software ini biasanya telah tersedia di setiap PC atau laptop. Pastikan terlebih dahulu WinRAR telah terinstal di PC atau laptop anda.

Cari berkas yang akan diberi password kemudian klik kanan dan pilih “Add to archive” dan pilih “Set Password”. Masukkan password yang diinginkan kemudian pilih OK. Dengan begini berkas yang Anda pilih telah berhasil terkunci.

Untuk menjaga keamanan berkas atau folder di dalam PC dan laptop Anda, memang sangat dianjurkan menyimpannya dengan menggunakan password. Cara mengunci folder di Windows dapat dilakukan dengan mudah agar data yang Anda miliki dapat aman.