Cara Mudah Merekam Layar Laptop dan PC Secara Praktis

Cara Mudah Merekam Layar Laptop dan PC Secara Praktis

Cara mudah merekam layar laptop dan PC tidak jarang masih banyak beberapa orang yang belum mengetahuinya. Padahal caranya dapat dikatakan cukup mudah. Pada dasarnya merekam layar laptop bisa dilakukan untuk berbagai kebutuhan.

Kebutuhan menyebarkan informasi di zaman yang serba digital ini membuat fitur merekam layar menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan. Aktivitas seperti merekam presentasi, tutorial-tutorial tertentu atau materi pelajaran sering dilakukan saat dibutuhkan.

Cara Merekam Layar Menggunakan Game Bar

Cara mudah merekam layar laptop pertama dapat dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan pada Windows 10. Sebelum rilisnya sistem operasi Windows 10, metode merekam layar laptop tidak dapat dilakukan dengan mudah.

Anda harus menggunakan software tambahan untuk bisa melakukannya. Namun saat ini para pengguna Windows 10 sudah bisa merekam layar laptop tanpa perlu menggunakan software tambahan. Cara merekam layar adalah sebagai berikut.

  1. Pertama yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu adalah mengaktifkan fitur Game Bar di perangkat laptop atau PC. Untuk mengaktifkannya masuk ke menu “Setting” dan pilih menu “Gaming”. Di dalamnya klik menu “Game Bar” dan aktifkan opsi tersebut.
  2. Kemudian cara mudah merekam layar laptop berikutnya klik menu “Capture” dan akan muncul halaman baru di layar laptop. Untuk memulai aktivitas merekam, Anda dapat menekan tombol “Recording” atau simbol titik besar.
  3. Jika ingin menghentikan proses merekam sejenak, Anda bisa menekan tombol kotak berwarna hijau. Sedangkan untuk melihat hasil rekaman masuk ke menu folder “Video” dan pilih “Captures”.

Cara Merekam Layar Menggunakan Quicktime Player

Cara mudah merekam layar laptop selanjutnya dapat dilakukan pada sistem operasi Mac OS. Aplikasi yang digunakan bernama Quicktime Player. Aplikasi ini dapat didownload pada OS Windows, namun pengguna Mac lebih diuntungkan karena memang telah tersedia.

  1. Langkah pertama buka aplikasi Quicktime Player melalui MacBook atau iMac.
  2. Selanjutnya pilih menu “File” dan pilih opsi “Rekaman Layar Baru”. Agar dapat merekam layar sekaligus suara yang dikeluarkan pada perangkat, maka aktifkan audio.

Sangat sederhana dan simple untuk bisa merekam pada sistem operasi Mac OS. Keunggulan menggunakan Quicktime Player adalah dapat merekam layar pada suatu sudut tertentu, sehingga Anda tidak perlu merekam layar secara keseluruhan.

Baca Juga:  Cara Reset HP Xiaomi, Mudah Pasti Berhasil

Rekaman video yang dihasilkan oleh software Quicktime Player akan memiliki ukuran yang cukup besar. Selain video yang berukuran besar, format file video yang dihasilkan tersebut adalah M4V.

Cara Merekam Layar Menggunakan OBS Studio

Software selanjutnya yang dapat digunakan untuk cara mudah merekam layar laptop atau PC bernama OBS Studio. Tidak hanya digunakan untuk merekam layar laptop dengan mudah.

Namun OBS Studio dapat dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas yang bermanfaat. Tahapan yang perlu dilakukan juga cukup mudah.

  1. Pertama Anda harus mengunduh terlebih dahulu software OBS Studio dan menginstal ke perangkat laptop. Setelah software terpasang di perangkat, Anda langsung buka OBS Studio.
  2. Pada halaman utama OBS Studio akan terdapat pilihan tombol “+” yang berada pada menu “Sources” di bagian bawah halaman. Klik tombol tersebut dan pilih opsi “Display Capture” tulis judul rekaman sesuai dengan keinginan.
  3. Untuk memulai proses perekaman, klik tombol “Start Recording”. Sedangkan untuk menghentikan perekaman Anda bisa memilih tombol “Stop Recording”. Setelah itu hasil rekaman akan langsung tersimpan secara otomatis ke perangkat laptop.

Baca juga: Cara Mengunci Folder di Windows agar File Tetap Terjaga

Cara Merekam Layar Menggunakan Extension

Cara mudah merekam layar laptop berikutnya dapat memanfaatkan software bernama Extension. Extension merupakan software yang handal dan mudah Anda gunakan untuk merekam layar laptop.

Extension cukup populer di kalangan banyak orang dikarenakan kemudahan dalam penggunaannya. Tahapan yang perlu dilakukan berikut ini.

  1.  Pertama adalah buka Google Chrome pada perangkat PC atau laptop Anda.
  2. Kemudian masuk ke menu Chrome Web Store. Pada bagian kolom “Search” ketikkan kata kunci “Awesome Screenshot & Screen Recorder”.
  3. Setelah itu pilih opsi “Add to Chrome” dan dilanjutkan dengan memilih “Add extension”.
  4. Pada bagian kanan atas halaman akan terdapat opsi “Extension” dan klik opsi tersebut. Cari opsi “Awesome Screenshot & Screen Recorder” dan pilih opsi “Pin” dengan mengaktifkannya. Buka ekstensi tersebut dan pilih “Recorder” yang berada pada halaman utamanya.

Cara mudah merekam layar laptop, Anda hanya perlu mengklik tombol “Start recording”. Selanjutnya jika proses merekam telah selesai Anda dapat langsung memilih tombol “Stop recording”.

Cara Mudah Merekam Layar Laptop dengan Free Cam

Aplikasi selanjutnya yang dapat Anda manfaatkan untuk merekam layar laptop adalah Free Cam. Aplikasi ini juga dapat Anda unduh secara gratis. Semua fitur yang ada di dalam Free Cam juga dapat digunakan secara gratis dan mudah.

Baca Juga:  Cara Hapus Akun Telegram di Gadget Android dan iOS

Free Cam juga di desain dengan sangat sederhana, sehingga Anda dapat menggunakannya dengan mudah. Cara mudah merekam layar laptop terlebih dahulu adalah mengunduh dan memasang aplikasi Free Cam kedalam perangkat laptop yang Anda gunakan.

Setelah terpasang, buka aplikasinya dan pilih menu “New Recording”. Menu ini berada di halaman utama aplikasi rekam sehingga Anda tidak terlalu sulit untuk mencarinya. Setelah itu pilih bagian yang ingin direkam.

Anda dapat memilih ingin merekam secara keseluruhan layar atau hanya sebagian. Untuk memulai proses hanya perlu menekan tombol “Start recording”. Jika telah selesai Anda dapat memilih tombol “Done” dan hasil rekaman layar akan langsung tersimpan.

Cara Merekam Layar dengan ShareX

Cara mudah merekam layar laptop bisa juga memanfaatkan aplikasi ShareX. ShareX merupakan aplikasi yang sering digunakan oleh sebagian besar pengguna Windows yang ada di Indonesia. ShareX bisa diunduh secara gratis.

Berbagai fitur yang ada di dalamnya juga bisa digunakan secara gratis sehingga menjadi keuntungan tersendiri bagi para pemakainya.

  1. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah mengunduh dan memasang terlebih dahulu aplikasi.
  2. Jika aplikasi telah terpasang, pilih menu “Capture” dan lanjutkan dengan memilih opsi “Screen recording”.
  3. Selanjutnya Anda akan diminta untuk menentukan area yang ingin direkam. Oleh karena itu pastikan telah mengatur dengan tepat.
  4. Setelah mengatur area yang ingin direkam maka proses perekaman akan dilakukan secara otomatis.
  5. Nantinya Anda bisa melihat counter waktu yang terus berjalan. Apabila telah selesai hasil rekaman akan secara otomatis tersimpan.

Cara Merekam Layar dengan VLC Media Player

Media player VLC ternyata juga bisa digunakan sebagai cara mudah merekam layar laptop. Selain digunakan sebagai media player, VLC juga menyediakan fitur untuk merekam layar. VLC sendiri merupakan aplikasi yang bersifat open source.

Hal ini berarti VLC dapat digunakan pada berbagai jenis sistem operasi tanpa perlu membayar biaya berlangganan atau gratis.

  1. Tahap pertama yang perlu dilakukan untuk proses merekam adalah menginstall terlebih dahulu VLC ke dalam laptop.
  2. Jika sudah terinstall, buka aplikasi dan pilih menu “Media”.
  3. Selanjutnya pilih opsi “Open capture device”. Pada jendela Capture Device, Anda pilih opsi desktop pada menu “Capture mode”.
  4. Selanjutnya pilih “Play” dan kemudian klik “Convert”.
  5. Atur tempat penyimpanan file hasil video rekaman.
  6. Setelah itu Anda dapat langsung memulai merekam layar dengan memilih tombol “Start”.
  7. Jika proses merekam selesai pilih “Stop recording”. Secara otomatis video hasil rekaman akan tersimpan ke direktori yang telah ditentukan.
Baca Juga:  Cara Melihat Kata Sandi Facebook Sendiri Via Semua Metode

Setelah mengetahui beberapa cara di atas, Anda dapat langsung mencoba untuk melakukan perekaman layar laptop dengan mudah. Anda dapat memilih ingin menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi sebagai cara mudah merekam layar laptop.

 

 

 

 

Keyword: Cara Mudah Merekam Layar Laptop

Deskripsi: Cara mudah merekam layar laptop sebenarnya dapat dilakukan oleh semua orang dengan memanfaatkan berbagai aplikasi tambahan atau tanpa aplikasi.