Inilah Fungsi Aplikasi Dropbox untuk Laptop Bagi Kamu Pemula

Inilah Fungsi Aplikasi Dropbox untuk Laptop Bagi Kamu Pemula

Aplikasi Dropbox untuk Laptop merupakan salah satu topik penting untuk dipahami. Jangan sampai kamu ketinggalan informasi mengenai kelebihan yang ada pada dropbox.

Dropbox merupakan tempat penyimpanan cloud dimana memudahkan penggunanya dalam menyimpan file dalam server. Selain itu juga untuk berbagi file dengan perangkat lain.

Fungsi Aplikasi Dropbox untuk Laptop

Sesuai dengan definisinya sudah dapat diketahui banyak sekali manfaat jika kamu menggunakan dropbox. Data seperti gambar, video, foto, dokumen juga akan tersimpan secara aman tanpa khawatir hilang. Berikut ini fungsi lain penggunaan dropbox yang wajib diketahui.

  1. Memberikan akses kemudahan file dimana saja

Fungsi penggunaan Aplikasi Dropbox untuk Laptop yang pertama ini berkaitan dnegan kemudahan melakukan akses pada file. Di mana kadang kala sebagai manusia tidak bisa menghindari penyakit lupa. Terkadang seringkali merasa lupa dalam menyimpan file.

Dengan kamu menggunakan aplikasi ini bisa memudahkanmu dalam melakukan pencariannya. Selain itu jika kamu mengunduh aplikasi dropbox baik itu di perangkat ios atau android, masih bisa digunakan untuk berbagi dengan orang lain.

Cukup atur di perangkatmu lalu pilihlah folder dengan file penting yang kamu masukkan ke dalam dropbox. Misalnya kamu menggunakan dorpbox untuk menyimpan data penting yang masih aktif. Jika hard drive tidak bisa diakses, maka masih bisa dibuka.

Salah satu caranya yaitu dengan mengaksesnya melalui dropbox. Begitu banyak kemudahan yang bisa kamu dapatkan dengan memanfaatkan dropbox ini. Manfaatkan semua fitur pada aplikasi dropbox untuk kemudahan beraktivitas.

  1. Akses file dimanapun dan kapanpun menjadi lebih mudah

Fungsi berikutnya dari Aplikasi Dropbox untuk Laptop yang satu ini yaitu memudahkan kamu untuk akses dimanapun. Tidak terbatas tempat harus ditentukan terlebih dahulu jika ingin membuka file.

Jika kamu mengunduh aplikasi dropbox baik itu di perangkat ios atau android kamu dapat mengakses file dari ponsel. Hal tersebut juga bisa kamu bagikan kepada orang lain untuk melihat file hasil pengerjaanmu.

Walaupun jika sewaktu-waktu kamu tidak membawa ponsel atau perangkat sejenisnya, masih bisa mengakses aplikasi Dropbox untuk Laptop melalui browser di internet. Hal ini menjadi kemudahan tersendiri dibandingkan menggunakan aplikasi penyimpanan file lainnya.

Baca Juga:  Download Aplikasi Cari Jodoh, Temukan Pasangan Ideal

Untuk versi terbaru pada aplikasi dropbox, akan menyimpan filemnya di cloud. Jadi lebih ringan dalam segi penyimpanan dan keefektifan pengerjaan. Tidak perlu menggunakan satu perangkat melainkan bisa di lain perangkat juga untuk mengerjakannya.

  1. Kemudahan berbagi file dengan mudah

Selain kemudahan dalam keefektifan dan kemudahan akses, Aplikasi Dropbox untuk Laptop juga menawarkan fungsi lainnya. Salah satunya yaitu kemudahan dalam membagikan file kepada siapapun.

Zaman sekarang ini semua sudah berbasis teknologi, salah satunya pendidikan. Dalam dunia pendidikan menggunakan perantara dropbox ini juga bisa menjadi sebuah solusi dalam pembelajaran. Karena kemudahan dalam transfer media pembelajaran.

Dalam membagikan file tidak dipatok formatnya, namun semua bentuk dan format apapun bisa dimasukkan. Mulai dari dokumen, foto, video, hingga program aplikasi juga bisa dicoba kedalam dropbox.

Kamu sudah bisa dengan mudah membagikan file dengan rekan kerja, teman, partner, bahkan kepada lembaga kerja yang diinginkan. Hanya dengan mengunggah file dan membagikannya kepada orang yang ingin kamu bagikan saja.

Bisa dibilang langkah ini sangat sederhana bukan. Karena tidak perlu dilakukan secara rumit sudah bisa kamu aplikasikan kedalam kehidupan nyata untuk membantu kemudahan aktivitas sehari-hari.

  1. Fitur-fitur menarik pada aplikasi dropbox

Kadangkala seringkali kamu menghapus file secara tidak sengaja. Ini menimbulkan refleks terkejut bahkan takut jika file itu benar-benar hilang. Apalagi file yang tidak sengaja terhapus merupakan salah satu file penting.

Tenang saja hal ini bisa kamu temui dalam Aplikasi Dropbox untuk Laptop dimana memiliki kelebihan untuk memulihkan file yang telah terhapus. Dropbox dapat memulihkan file dalam waktu 30 hari untuk versi gratis atau 180 hari versi berbayar.

Misalnya ketika kamu sudah menghapus sebuah folder, dan setelah seminggu kemudian baru teringat bahwa terdapat file penting di dalamnya. Kamu tidak perlu khawatir karena jika menggunakan dropbox bisa dilakukan pemulihan file.

Dengan catatan seperti diatas tidak melebihi waktu yang telah ditentukan baik ketika kamu menggunakannya gratis maupun berbayar. Kedua versi tersebut mempunyai jangka waktu yang berbeda. Lebih direkomendasikan jika menggunakan berbayar.

  1. Pekerjaan menjadi lebih mudah

Berikutnya mengenai fungsi Aplikasi Dropbox untuk Laptop yaitu memudahkan mengoordinasi pekerjaan yang sifatnya kelompok atau kerjasama. Jika kamu menyimpan data bisnis, maka dengan mudah untuk melakukan pekerjaan bersama.

Dalam proses melakukan pekerjaan yang bersama-sama ini tidak akan terjadi tabrakan data karena dropbox sudah mendesain aplikasi sebaik mungkin. Dropbox dari awal memang sudah didesain untuk bisa dibuka kapanpun dan dimanapun.

Baca Juga:  Aplikasi Mendownload Video

Hal ini selaras jika kamu membuka file dan orang lain juga sedang atau ingin membuka, ini tidak menjadi masalah. Rekan kerja atau partner kamu bisa mengunduh dan mengerjakan file bersama-sama.

Jika memang kamu tidak ingin orang lain sembarangan mengunduh file tersebut, maka bisa ditambahkan kata sandi. Hal ini untuk menghindari hacker atau penyusup akses ke file. Jadi selain digunakan untuk menyimpan juga difungsikan untuk membagikan data.

  1. Kemudahan akses aplikasi dropbox secara offline

Tidak dapat dipungkiri keadaan yang akan terjadi di masa mendatang. Sama halnya jika kamu yang lagi pergi keluar, tiba-tiba kehabisan paket data internet. Aplikasi Dropbox untuk Laptop bisa memberikan solusinya untuk kamu yang menghadapi masalah ini.

Dropbox memiliki kemampuan untuk menyimpan materi-materi secara online untuk dilakukan peninjauan secara offline. Jadi kamu bisa melakukan unduh terlebih dahulu jika ada internet data.

Tujuannya adalah dapat dibuka sewaktu-waktu tanpa mengandalkan paket internet. Hal ini sangat bermanfaat tentunya untuk kamu yang kehabisan internet atau kuota ketika ingin mengerjakan sesuatu.

Baca juga: Berikut Daftar Aplikasi DJ Terbaik PC yang Bisa Kamu Coba

  1. Akun aman jika menggunakan aplikasi dropbox

Fungsi penggunaan Aplikasi Dropbox untuk Laptop berikutnya yaitu memastikan bahwa keamanan akun pada file terjaga. File yang disimpan pada aplikasi dropbox enkripsi Secure Socket Layer (SSL) untuk mencegah pencurian informasi.

Selain itu, kamu juga bisa mengaktifkan sistem autentikasi dua faktor agar akun yang kamu punya tetap aman tanpa rasa khawatir dibobol orang lain. Integrasikan dropbox dengan layanan pilihan kamu.

Kamu juga masih bisa membatasi pembagian file kepada orang lain. Dengan cara dilakukan pemilahan file mana saja yang sekiranya ingin dibagikan kepada publik. Jika hanya untuk privasi maka orang yang kamu beri akses saja dapat membukanya.

Hal ini tentunya harus disadari oleh masyarakat bahwa adanya fasilitas internet yang dapat digunakan untuk penyimpanan file. Yang mana memberikan banyak kemudahan hingga terhindari dari berbagai kesusahan untuk beberapa kejadian tidak terduga.

Penggunaan dropbox dapat memberikan kemudahan dari berbagai sisi efektif dan efisien. Aplikasi Dropbox untuk Laptop menjadi salah satu rekomendasi yang dapat kamu pilih untuk memudahkan aktivitas atau kegiatan sehari-hari, mulai dari pendidikan hingga pekerjaan.