Cara Repair Windows 7 yang Bermasalah

Cara Repair Windows 7 yang Bermasalah

Cara repair Windows 7 yang bermasalah cocok untuk Anda yang mengalami kendala pada laptop atau PC dengan sistem operasi Win 7. Biasanya jika Anda langsung membawa ke ke tempat servis, maka akan disarankan untuk segera install ulang.

Install ulang ini nantinya akan menyebabkan data yang berada di PC atau laptop hilang. Sebenarnya tanpa install ulang, beberapa permasalahan seperti error atau crash pada OS ini dapat diatasi dengan menggunakan beberapa cara dibawah ini.

Cara Repair Windows 7 Menggunakan Startup Repair

Bagi Anda yang belum paham mengenai OS dan komponen-komponennya, maka cara merepair Windows dengan menggunakan Startup Repair sangat direkomendasikan. Hal ini dikarenakan setelah memilih antara flashdisk atau CD installer, hanya perlu menunggu proses sampai selesai.

  1. Cara repair Windows 7 menggunakan Startup Repair pertama adalah dengan memasukkan flashdisk atau CD Installer ke laptop yang ingin diperbaiki.
  2. Selanjutnya nyalakan laptop bersamaan dengan menekan F2 secara berulang-ulang.
  3. Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman install Windows 7 dan disini harus memilih “Repair your computer”.
  4. Kemudian pilih “Next” dan akan dibawa masuk ke halaman “System recovery options” lalu pilih “startup repair”.
  5. Tunggu beberapa menit hingga prosesnya selesai.

Sebagai catatan jika cara ini tidak berhasil, cara repair Windows 7 kami sarankan untuk melepaskan semua hard drive eksternal sebelum melanjutkan proses repair.

Karena di beberapa kasus, hard drive eksternal akan mengganggu dan tidak dapat mendeteksi adanya masalah. Sebenarnya di dalam laptop tersebut terdapat masalah sehingga dengan adanya hard drive eksternal pendeteksian menjadi kurang efektif.

Cara Repair Menggunakan System Restore

Cara repair Windows 7 berikutnya dapat menggunakan System Restore. Namun sebelum itu Anda harus sudah membuat restore point terlebih dahulu. Setelah restore point dibuat, tahapan selanjutnya adalah masuk ke installer Windows.

Selanjutnya pilih “Repair your computer” dan klik “Next”. Saat berada di halaman “system recovery options”, Anda perlu memilih opsi “system restore”. Kemudian tunggu “starting system restore” untuk memulai proses repair.

Setelah selesai akan muncul jendela “system restore” yang siap digunakan. Pilih next dan kemudian akan muncul restore point yang telah Anda buat sebelumnya. Pilih salah satu OS yang belum bermasalah kemudian klik “next” dan “finish”.

Baca Juga:  Aplikasi Pemutar Musik Terbaik

Jika muncul pesan bahwa restore tidak dapat di interrupted pilih saja “Yes”. Tunggu hingga proses selesai sehingga muncul informasi selesai lalu restart PC atau laptop Anda. Saat membuat restore point, beberapa atau bahkan semua program yang berhasil diinstal mungkin terhapus.

Cara Repair Menggunakan System Image Recovery

Cara repair Windows 7 dapat menggunakan System Image Recovery. Teknik ini sama dengan menggunakan System Restore. Perbedaannya Anda dapat membuat system image ke dalam DVD atau CD sebagai file cadangannya.

  1. Pertama masuklah ke installer Windows kemudian pilih “repair your computer” dan klik “next”.
  2. Saat masuk ke jendela “system recovery options”, pilih “system image recovery” dan klik “next”. Anda klik pilihan “use the latest available system image” dan next kembali.
  3. Checklist pilihan “format and repartition disks” dan pilih “next”.
  4. Selanjutnya pilih “finish” dan tunggu hingga proses selesai. Pada saat proses berjalan pastikan laptop atau PC Anda tidak mati sebelum prosesnya selesai.

Baca juga: Cara Melihat Versi Windows 10 Pada PC atau Laptop

Cara Repair dengan Command Prompt

Cara repair Windows 7 selanjutnya dapat menggunakan Command Prompt atau CMD. Sebelum melakukan cara ini perhatikan berikut ini.

  1. Pertama Anda harus menyiapkan CD installer Windows dan installer Windows.
  2. Setelah itu masukkan flashdisk atau CD installer ke PC atau laptop yang ingin diperbaiki.
  3. Nyalakan laptop bersamaan dengan menekan F2 secara berulang-ulang hingga proses booting. Atur boot priority DVD Installer yang ada pada tampilan BIOS.
  4. Selanjutnya Anda akan dibawa menuju ke halaman install Windows dan klik “repair your computer”. Pilih “next” dan masuk ke halaman “system recovery option” lalu pilih Command Prompt. Di CMD ketik bootrec.exe dan tekan Enter.
  5. Tunggu beberapa saat hingga tulisan yang muncul berhenti. Cara repair Windows 7 kemudian ketik Bootrec/ fixmbr dan enter. Ini berguna untuk memperbaiki master boot record. Ketik Bootrec/fixboot dan enter untuk memperbaiki file boot.
  6. Ketik bootrec/ scanos dan enter untuk melakukan scan error di Windows 7.
  7. Terakhir Ketik bootrec/ rebuildbcd dan enter untuk memperbaiki file boot lainnya. Setelah itu tunggu beberapa saat hingga tulisan yang muncul berhenti dan restart PC atau laptop Anda.

Cara Menyipakan Flashdisk agar Bootable

Cara repair Windows 7 bisa juga dilakukan dengan menggunakan flashdisk. Cara ini sangat cocok untuk PC atau laptop yang tidak memiliki CD room. Sebelum menggunakan flashdisk, terlebih dahulu membuat file repair Windows 7.

Baca Juga:  Rekomendasi Aplikasi Membuat CV Mudah

Gunakan PC atau laptop lain yang memiliki CD Room untuk memasukkan file repair ke dalam flashdisk. Jika tidak memiliki komputer lain, Anda dapat coba mendownload file repair Windows 7 (.iso) melalui Google.

Tahap selanjutnya adalah membuat system repair pada flashdisk dengan cara membuat flashdisk bootable. Cara membuat flashdisk bootable bisa menggunakan beberapa cara. Pertama adalah dengan menggunakan Windows 7 DVD Tool atau manual dengan CMD.

1. Dengan Windows 7 DVD Tools

Silahkan download Windows 7 DVD tools secara resmi melalui website Microsoft. Setelah file Windows 7 DVD Tool berhasil terdownload, langkah selanjutnya install terlebih dahulu Tools tersebut.

Setelah berhasil terinstall, hubungkan flashdisk ke laptop lalu buka Windows 7 DVD tools. Arahkan file .iso Windows 7 dan klik repair. Tunggu hingga proses selesai dan flashdisk siap digunakan untuk instal ulang atau repair.

2. Manual Menggunakan Command Prompt

Selain menggunakan software Windows 7 DVD Tools, menyiapkan cara repair Windows 7 bisa juga menggunakan Command Prompt atau CMD untuk membuat bootable disk manual.

  1. Pertama siapkan terlebih dahulu flashdisk kosong.
  2. Lalu hubungkan flashdisk tersebut selanjutnya klik kanan pada menu start kemudian pilih Run. Ketik CMD pada jendela Run lalu tekan enter. Jika sudah masuk ke jendela CMD ketik perintah DISKPART lalu tekan enter.
  3. Kemudian masukkan perintah LIST DISK lalu tekan enter untuk melihat nomor partisi flashdisk. Jika muncul DISK1 masukkan perintah SELECT DISK1 dan tekan enter kembali.
  4. Lalu masukkan beberapa perintah berikut ini.

CLEAN, CREATE PARTITION PRIMARY, SELECT PARTITION, ACTIVE, FORMAT FS=NTFS, ASSIGN dan EXIT. Sebagai catatan, tekan enter pada setiap perintah yang dijalankan di atas tadi.

Ekstrak file iso yang telah di download tadi dengan menggunakan WinRAR atau 7-zip. Pindahkan file tersebut ke dalam flashdisk yang sudah bootable. Setelah berhasil dipindahkan, Anda sudah dapat menggunakan flashdisk sebagai cara repair Windows 7.

Windows 7 merupakan sistem operasi yang tergolong OS lama. Karena laptop atau PC baru yang beredar saat ini telah menggunakan sistem operasi Windows 10. Namun ternyata masih banyak laptop atau PC yang menggunakan OS Windows 7 sebagai sistem operasinya.

Sistem operasi yang memiliki beberapa kendala serta masalah tentu akan sangat mengganggu para penggunanya. Tanpa perlu instal ulang. Cara repair Windows 7 di atas dapat coba Anda praktekan untuk menangani masalah pada OS Anda.

 

 

Baca Juga:  Cara Mengubah Bahasa di Laptop Windows, Mac dan Linux

 

 

Keyword: Cara Repair Windows 7

Deskripsi: Cara repair Windows 7 dapat Anda gunakan untuk menangani masalah dan kendala yang terjadi pada OS Windows 7 tanpa harus install ulang sistem operasi.