Pengertian Microsoft Access Beserta Fungsinya dalam Beberapa Bidang

Pengertian Microsoft Access Beserta Fungsinya dalam Beberapa Bidang

Masih banyak orang yang belum tahu pengertian Microsoft Access dan fungsi sebenarnya. Karena dalam perangkat lunak bawaan dari Microsoft paling terkenal adalah Ms. Word, Ms. Excel, dan Ms. Power Point, padahal Access cukup penting.

Jika kamu akan mengolah data, sudah pasti yang dibutuhkan di sini adalah Microsoft Access. Apakah yang lain tidak bagus untuk mengolah data? Produk Microsoft itu saling terhubung dan memiliki fungsi masing-masing.

Pengertian Microsoft Access dalam Pengolahan Data

Untuk Microsoft Access memang dikhususkan dalam pengolahan data. Sebelum mempelajari lebih jauh, pengertian dari Microsoft Access itu perlu dipahami terlebih dulu agar nanti bisa cepat menguasainya.

Dari banyaknya aplikasi yang diciptakan oleh Microsoft Office, ada satu aplikasi unggulan yang cukup mencangkup banyak perangkat kantor lain. Aplikasi tersebut adalah Microsoft Office.

Mungkin ada dari kamu yang belum mengetahui tentang pengertian Microsoft Access, Bagaimana sejarahnya hingga dibuat dan menjadi hal penting dalam pengolahan data.

Keunggulan dari aplikasi satu ini memang masih banyak yang belum mengetahuinya. Untuk itulah, kami di sini akan memperkenalkannya kepada kamu yang belum memahaminya.

Microsoft Access sendiri adalah sebuah program aplikasi yang berbasis komputer relasional. Aplikasi ini ditujukan untuk kalangan rumahan atau pada perusahaan berskala kecil hingga menengah.

Jika kamu menginstal Microsoft Office, ini sudah satu paket di dalam komputermu. Jadi, sudah lengkap semua ketika menginstalnya.

Lebih singkatnya, pengertian Microsoft Access  itu khusus mengelola basis data atau data base. Apakah kamu tahu yang dimaksud data base? Itu adalah kumpulan data yang teratur dan terstruktur.

Nantinya, basis data yang telah didapat itu, akan diolah menjadi informasi yang cukup menarik. Maka, perlu adanya data yang dimasukkan agar nanti bisa diolah.

Baca juga: Cara Repair Windows 7 yang Bermasalah

Mengenal Microsoft Access

Fakta lain yang harus kamu ketahui tentang aplikasi ini, yaitu secara khusus menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine. Gunanya agar memiliki tampilan grafis intuitif sehingga bisa digunakan mudah oleh para penggunanya.

Kamu juga perlu tahu bahwa Microsoft Access yang memang  aplikasi berbasis data, dapat mengolah data dari segala jenis kontainer. Dengan satu syarat, yaitu memenuhi standar ODBC.

Baca Juga:  Tips dan Cara Mengatasi Laptop Lemot Paling Mudah

Aplikasi ini dibuat pada bulan November 1992 dengan versi Microsoft Access 1.0. Satu tahun berselang, yaitu pada tahun 1993, dibuat untuk versi 2.0

Jika berdasarkan pengertian Microsoft Access, pada awal pembuatan, memberikan spesifikasi yang premium, diantaranya adalah :

  1. Komputer harus memiliki sistem Windows versi 3.0
  2. RAM berkapasitas 4MB (Namun, disarankan harus 6MB pada saat itu)
  3. Ruang kosong yang masih tersisa pada harddisk harus ada 8 MB.

Microsoft Access adalah program yang bisa bekerja sangat maksimal pada data yang memiliki banyak record. Namun, beberapa kasus memang ada data record tersimpan mengalami kerusakan.

Ada banyak penyebab yang membuat kerusakan tersebut bisa terjadi. Salah satunya karena harddisk terlalu tua, atau bahkan konfirgurasinya tidak benar.

Aplikasi ini juga ternyata memiliki sebuah nama kode, yaitu Cirrus. Nama ini sudah ada bahkan sebelum pihak Microsoft merilis Microsof Visual Basic,

Jika melihat penjelasan mengenai pengertian Microsoft Access, sebenarnya apa fungsi sebenarnya? Sebuah aplikasi Microsoft yang dibuat dan dikembangkan hingga sekarang, tentu memiliki tujuan tertentu.

Itulah mengapa, Bill Gates selaku pendiri, melihat aplikasi tersebut memiliki potensial untuk dikembangkan, memahami bahwa prototype perlu dikembangkan lagi.

Dalam urusan mengolah data, memang Microsoft Access hampir sama seperti aplikasi saudara lainnya, yaitu Word dan Excel. Namun, untuk Microsoft Acess sendiri lebih mengacu pada pelaku perusahaan, bisnis, organisasi dan masih banyak lagi.

Fungsi Microsoft Access

Berikut beberapa fungsi dari Microsoft Acess dalam berbagai bidang yang ada di masyarakat, yaitu :

  • Bidang Bisnis

Fungsi Microsof Acess dalam bidang perkantoran yaitu mampu membantu pembuatan laporan kuangan, gaji karyawan, keuntungan dan lainnya.

Sangat cocok juga digunakan dalam bisnis baik yang masih skala kecil, menengah bahkan atas.

  • Bidang Pendidikan

Pengelolaan data base di sekolah juga butuh adanya Microsoft Access. Biasanya yang mengoperasikan adalah admin sekolah.

Jika berdasar pengertian Microsoft Access, ketika masuk ke dunia pendidikan fungsinya adalah untuk mengelola data sekolah, misalnya jadwal siswa dan guru, keperluan karyawan dan tata usaha, dan lainnya.

Dengan menggunakan software satu ini, admin sekolah dengan mudah membuat, mengatur, mengedit hingga bisa menghapus data.

  • Bidang Perkantoran

Dalam perkantoran fungsinya sama dalam bidang bisnis. Hanya saja, jika di kantor yang memegang kendali mengelola data adalah sekretaris, administrasi keuangan, atau lainnya.

Meski dalam kantor banyak karyawan, tidak semuanya bisa mengoperasikan Microsoft Access dengan baik.

Baca Juga:  Cara Melihat Versi Windows 10 Pada PC atau Laptop

Mau bidang apa saja, manfaat dari Microsoft Access itu sendiri adalah mengefektifkan dan tenaga serta waktu dalam mengelola data. Kedua, Memudahkan pekerjaan yang berat dalam mengelola data base.

Dalam pengertian Microsoft Access memang sangat bagus dengan fungsi dan manfaat maksimal. Belum selesai dengan itu semua, ada beberapa kelebihan yang bisa kamu dapat dari aplikasi ini.

Kelebihan Microdoft Acces

Microsoft Access sudah 30 tahun menemani banyak pengelola data untuk mempermudah pekerjaannya. Tentu saja memiliki kelebihan, diantaranya adalah :

  1. Pertama, sangat mudah untuk digunakan. Ketika kamu serius mempelajarinya, sangat mudah mengelola data base menggunakan software satu ini.
  2. Sistem database berbasis dekstop satu ini memang sangat populer di dunia.
  3. Mampu menghemat uang dibandingkan dengan sistem data base lainnya.
  4. mudah untuk diintegrasikan. Maksudnya, mendapat keistimewaan sebab dapat berfungsi dengan baik dalam berbagai perangkat lunak yang berbasis windows.
  5. Kapasitas penyimpanannya cukup untuk mengolah data, yaitu sebesar 2GB.
  6. Microsoft Access juga memberi kemudahan dalam mengimport data.

Setelah tahu kelebihannya, kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk memulai menggunakan Microsoft Access. Setelah paham pengertian Microsoft Access dan beberapa hal yang terkait, pemahaman akan maksimal dengan mempraktikkannya.

Akan tetapi, sebelum praktik kamu juga perlu mengetahui beberapa fitur yang ada pada software satu ini.

Di era digital sekarang ini, akan ada banyak orang yang mempelajari software tersebut. Sebab, segala keputusan akan dilakukan berdasarkan fakta yang ada pada hasil pengolahan data.

Fitur Dasar Microsoft Access

Berdasarkan pengertian Microsoft Access, basisnya adalah komputer relasional. Untuk bisa menjalankannya, seorang pemula wajib mengetahui fitur dasarnya, di antaranya adalah :

  1. Query, fungsinya untuk mengubah, mengatur, menganalisis data, menghapus dan lainnya.
  2. Form, fungsinya adalah untuk memeriksa, membuat, dan memperbarui data.
  3. Report, menampilkan dan mencetak data yang telah dibuat sebelumnya.
  4. Macro, fitur yang satu ini memiliki fungsi sebagai tempt penyimpanan seluruh perintah berhubungan dengan database, yang telah dibuat secara otomatis.
  5. Module, memiliki fungsi sebagai tempat pemrograman terhadap beberapa aspek yang ada di Microsoft Access.

Sudah diketahui dengan jelas bahwa software Microsoft Office satu ini memang sangat efektif dalam mengelola data. Berdasarkan pengertian Microsoft Access bahkan bisa merancang, membuat, hingga mengola data dengan jenis apa saja.