Sejarah Power Point, Fungsi Hingga Kelebihannya di Era Modern

Sejarah Power Point, Fungsi Hingga Kelebihannya di Era Modern

Sering menggunakannya untuk presentasi, tapi tidak tahu bagaimana sejarah Power Point? Pasti kebanyakan dari kamu seperti itu. Karena mungkin mengira bahwa software tersebut sudah satu paket dalam program Microsoft Office, jadi sudah semestinya ada.

Padahal dengan mengetahui sejarahnya, kamu jadi lebih bersyukur karena sekarang jika ingin presentasi, dapat menghadirkannya secara menarik dengan software tersebut. Mudah juga dalam menggunakannya.

Mengenal Sejarah Power Point Sebagai Software Presentasi

Kami di sini akan memberikan beragam informasi yang berkaitan dengan sejarah dari Power Point, bagaimana fungsinya hingga kelebihannya. Kamu akan semakin ahli juga bila menyimak informasi berikut.

Bagi kamu yang dulu waktu sekolah atau kuliah sering melakukan presentasi, pasti tidak asing yang namanya Power Point. Tapi bagi orang awam juga belum begitu tahu.

Sebelum kami bahas tentang sejarah Power Point, ada baiknya kami beri tahu dulu pengertiannya agar banyak orang yang tahu. Power Point adalah software keluaran Microsoft Office yang berfungsi sebagai media presentasi.

Jika dulu, mungkin presentasi hanya menggunakan kertas atau juga papan tulis. Itu terlihat biasa dan membosankan. Orang yang menyimaknya, mungkin banyak yang belum paham.

Tapi dengan adanya Power Point, itu sangat membantu dalam proses presentasi agar jauh lebih menarik. Presentasinya dihadirkan dalam bentuk slide, dan bisa ditambah dengan tulisan berbagai jenis font, gambar, video dan musik.

Banyaknya element yang bisa ditambah, bagaimana sejarah Power Point hingga bisa secanggih itu? Karena software satu ini tidak hanya digunakan oleh orang yang bekerja di kantor.

Baca juga: Pengertian Microsoft Access Beserta Fungsinya dalam Beberapa Bidang

Manfaat Power Point

Power Point bisa dimanfaatkan oleh pelajar, mahasiswa, pendidik, pebisnis, trainer, bahkan motivator juga menggunakannya.

Selain itu, penggunaan Power Point (PPT) juga sangat praktis. Bisa dikatakan sangat User friendly. Untuk lebih mudah dalam menggunakannya, kamu dapat mempelajari informasi yang akan kami tuliskan di bawah ini.

Pertama, kami akan bahas mengenai sejarahnya. Microsoft Power Point sendiri dikembangkan pertama kali oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin.

Saat itu, software tersebut digunakan sebagai presenter perusahaan Forethougth .Inc. Untuk kemudian, namanya diubah menjadi Powerpoint.

Baca Juga:  Cara Membuat Tabel di Excel dan Berbagai Informasi Lainnya

Power Point Dari Tahun ke Tahun

Sejarah Power Point dimulai, pada tahun 1987. Saat itu diberi nama PowerPoint 1.0. Saat awal baru memulai, sistem operasi yang didukungnya sendiri adalah Macintosh.

PPT saat itu tidak secanggih sekarang. Pada tahun 1987 masih hitam putih. Serta hanya mampu menampilkan halaman teks serta grafik untuk transparansi OHP (OverHead Projector).

Tidak memakan waktu banyak, setahun setelah peluncuran, akhirnya Powerpoint memiliki warna, menyusul munculnya Macintosh berwarna yang ada di pasaran.

Kemudian pada tahun 1990, di mana Microsoft Windows membuat versi keduanya, Power Point juga meluncurkan versi 2.0 di pasaran. Lalu, pada Microsoft Windows 3.0, Powerpoint sudah tidak pernah terpisahkan dengan paket kantor dari Microsoft Office system.

Dan sejarah Power Point berjaya tahun 1990 sejak menjadi bagian darinya. Sampai pada tahun 2000-an, Microsoft Office banyak meluncurkan produknya dan bisa mendukung struktur data dari Power Point.

Seiring berkembangnya waktu, Power Point juga telah berganti ke beberapa versi. Untuk versi terbarunya sekarang adalah Power Point 2016 dan sudah bisa dipakai mulai dari Windows 7.

Setelah mengetahui sejarahnya, apa fungsi dan kegunaannya, hingga Power Point sangat penting untuk era modern seperti sekarang ini?

  1. Tentu saja sebagai sarana presentasi yang mudah seperti awal sejarah Power Point dimulai.
  2. Bisa membuat presentasi dalam bentuk soft copy, membuat kamu bisa membukanya melalui device mana saja. Termasuk di laptop yang dihubungkan dengan proyektor.
  3. Menghadirkan presentasi dalam bentuk yang lebih menarik lagi selain slide. Sebab, PowerPoint memiliki fitur audio, video, gambar, animasi, hingga template desain.
  4. Mempermudah juga untuk kamu ketika ingin membuat, mengatur dan mencetak slide.

Fungsi Power Point

Meski ada aplikasi presentasi lain, tapi keberadaan Powerpoint dari dulu hingga sekarang memang tidak ada yang menandingi. Berdasarkan fungsinya, kamu bisa melihat keunggulan dari software tersebut, yaitu :

  1. Sudah pasti sangat mudah untuk digunakan meski masih pemula. Karena memang dibuat sederhana dalam artian user friendly.
  2. Tidak perlu mendesain slide, sebab sudah ada template yang disediakan. Kamu tinggal memilih saja.
  3. Berdasarkan sejarah Power Point, memang software tersebut dibuat untuk mempermudah presentasi. untuk itu, ada fitur pergerakan otomatis dengan memilih menu animation. Bisa diatur durasi pergantian slide.
  4. Bisa digunakan untuk mengedit foto.
  5. Memungkinkan penggunanya memasukkan konten lain dari platform yang mendukung. Contohnya object linking dan embedding.
Baca Juga:  Pengertian Microsoft Access Beserta Fungsinya dalam Beberapa Bidang

Bagaimana cara memulai membuat presentasi menggunakan PowerPoint? Sebenarnya mudah saja, mengingat pihak Microsoft Office juga menciptakannya user friendly.

Melihat sejarah Power Point, kita jadi tahu bahwa sejak awal diciptakan, software tersebut menggunakan slide sederhana yang berisi tulisan. Sama seperti sekarang, untuk memulainya juga demikian.

Tapi ada tambahannya, yaitu dengan memilih template agar judul dan isi dari presentasi ditampilkan dengan gambaran menarik dan tidak membosankan.

Gunakan fitur-fitur yang ada di dalam software juga. Itu akan membantu presentasi dihadirkan secara menarik. Bahkan ketukan untuk berganti slide satu ke slide lain, ada soundnya.

Lebih jelasnya, Jika kamu memang ingin tahu bagaimana cara memulai membuat sebuah file presentasi, bisa kenali dulu beberapa fitur dari software tersebut, yaitu :

  • Ribbon
  • Title Bar
  • Quich Access Tool Bar
  • Slide Navigation Pane
  • Ruler
  • Slide Pane
  • Page Number in Slide
  • Note
  • Comments
  • Tombol view
  • Slide sorter
  • Reading view
  • Tombol office
  • Tab Menu
  • Zoom Control
  • Slide Area

Masih banyak lagi beberapa fitur yang ada di dalam software Powerpoint. Kamu hanya perlu fokus saat membuatnya dan coba satu per satu fitur tersebut untuk tahu fungsinya.

Jika kamu sudah selesai dalam membuat presentasi, simpan filenya dengan format yang benar. Kamu harus tahu bahwa Power Point sendiri memiliki beberapa format penyimpanan.

Power Point di Zaman Sekarang

Pada sejarah Power Point memang hanya format presentasi. Mengikuti perkembangan zaman, format Powerpoint sekarang ini adalah :

  1. .PPT (PowerPoint Presentasion)

Untuk format yang pertama adalah PPT yang merupakan ekstensi untuk data biner dan tersedia di berbagai versi powerpoint termasuk untuk versi ke-12.

  1. .PPS (PowerPoint Show)

Sama juga, yaitu merupakan ekstensi dari data boner dan bisa ditemukan dalam berbagai versi powerpoint.

  1. .POT (PowerPoint Template)

Sama juga ditujukan pada data biner. Kamu bisa menemukannya di berbagai versi bahkan sampai ke versi 12.

  1. .PPTS (PowerPoint Presentasion)

Ini sedikit berbeda karena merupakan extensi untuk data XML. Hanya tersedia pada powerpoint 12 saja, tidak ada pada versi lainnya.

Lakukan praktik langsung dengan membuka Powerpoint di laotop atau komputermu sendiri. Sekarang bahkan sudah tersedia juga untuk versi android.

Selama sekolah atau kuliah, presentasi sudah menjadi makanan sehari-hari. Jadi, ketika sudah di dunia kerja dan tahu awal mula sejarah Power Point, membuat presentasi menarik menggunakan PowerPoint, tentu bukanlah hal sulit.

Baca Juga:  Pilihan Emulator Android PC yang Bisa Anda Gunakan

deskripsi : Sering menggunakannya untuk presentasi, tapi tidak tahu bagaimana sejarah Power Point.