Cara Hapus Akun Gmail Dijamin Mudah dan Pilihan Lengkap

Cara Hapus Akun Gmail Dijamin Mudah dan Pilihan Lengkap

Terkadang ada saatnya kamu perlu mengetahui cara hapus akun Gmail yang benar. Karena kalau kamu akan mengganti ponsel baru, pastinya perlu menghapus akun lama dan menggantinya kea kun yang terbaru.

Kalau kamu tidak mengetahui caranya, maka kamu tidak akan bisa mendapatkan akun gmail tersebut di hp baru. Selain itu masih ada banyak alasan lainnya yang membuat kamu perlu menghapus akun gmail.

Pilihan Lengkap Cara Hapus Akun Gmail dengan Mudah

Seperti yang diketahui kalau didalam ponsel tidak hanya bisa menampung 1 akun gmail, tapi bisa lebih. Masalahnya apabila terlalu banyak, pastinya akan membuat ponsel menjadi lemot.

Apalagi kalau setiap email tersebut memiliki pesan spam, nantinya bisa menganggu. Maka dari itu kamu perlu mengetahui berbagai cara hapus akun Gmail yang benar.

Berdasarkan hal tersebut maka kamu perlu menghapus akun agar tidak terjadi penumpukan. Ada banyak cara yang bisa kamu pilih dalam melakukan penghapusan akun ini.

Ketika kamu ingin menghapus akun gmail, sebenarnya langkah yang perlu kamu lakukan itu sangat mudah. Kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah untuk penghapusannya.

Tapi meskipun bisa dikatakan mudah, nyatanya tidak semua orang tau cara hapus akun Gmail itu sendiri. Ada juga beberapa orang yang malah tidak mengetahui caranya sama sekali.

Maka dari itu untuk mengetahuinya, maka mulai dari penghapusan akun gmail dari ponsel, laptop dan berbagai cara lainnya yang kiranya perlu dilakukan.

Setiap cara tersebut nantinya bisa kamu pilih dan disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Karena setiap cara akan berbeda sesuai dengan perangkat yang akan kamu hapus nantinya.

Selain itu, bagi kamu yang akan menghapus akun, sebaiknya kamu sudah memikirkannya dengan matang. Karena apabila akun dihapus semua data akan ikut terhapus juga.

Baca juga: Cara Mengganti Password Gmail Supaya Tidak Diretas

Cara Menghapus Akun Gmail Dari PC/Laptop

Apabila kamu sudah memantapkan pilihan dan benar ingin melakukan penghapusan akun. Cara hapus akun Gmail pertama yang bisa kamu pilih adalah penghapusan akun dari PC/Laptop.

Pastinya saat ini hampir semua laptop terhubung dengan gmail. Umumnya untuk pekerjaan atau berbagai urusan lainnya, karena banyak hal yang semuanya bergantung dengan email.

Baca Juga:  Cara Membuat Wallpaper Bergerak di Ponsel Android

Maka dari itu, kamu jangan hanya tau cara pembuatannya saja, tapi juga perlu mengetahui cara melakukan penghapusannya. Untuk itu ikuti langkah berikut:

  • Cara hapus akun Gmail yang pertama yakni kamu perlu membuka akun google terlebih dahulu di perangkat computer atau laptop
  • Selanjutnya kamu perlu memilih menu data dan personalisasi
  • Kemudian pilih menu “delete a service” lalu pilih “delete your account”
  • Lalu kamu akan diminta untuk mengisi kata sandi dan pilih “next”
  • Langkah terakhir kamu akan diminta mengonfirmasi apakah benar akan menghapus, maka kamu perlu memilih hapus akun dan selesai.

Apabila setiap langkah tadi kamu lakukan dengan baik dan benar, maka akun yang sebelumnya ada di laptop akan terhapuskan. Tentunya penghapusan ini perlu difikirkan sebelum dilakukan.

Cara Menghapus Akun Gmail Dari Android

Selain menggunakan PC/Laptop, kamu juga bisa menggunakan cara hapus akun Gmail dari android. Karena tentunya penghapusan akun ini tidak hanya bagi pengguna perangkat computer atau laptop saja.

Bagi kamu yang ingin menghapus akun gmail pada hp android, maka langkah yang perlu kamu lakukan bisa dibilang lebih mudah. Karena caranya lebih sederhana, berikut langkahnya:

  • Buka aplikasi gmail terlebih dahulu
  • Klik foto profil gmail, letaknya ada dipojok kanan atas
  • Kemudian kamu pilih menu “manage your google account”
  • Jika sudah ada di menu pengaturan, kamu perlu memilh data dan personalisasi
  • Setelah itu kamu perlu memilih “delete your account”
  • Kemudiain kamu pilih menu delete
  • Biasanya sebelum dikonfirmasi, kamu akan diminta untuk mengisi kata sandi terlebih dahulu dan menyetujui semua hal yang membuktikan kalau kamu setuju menghapus akun
  • Setelah semua rangkaian telah selesai, maka selanjutnya kamu perlu memilih delete account dan selesai.

Cara Menghapus Akun Gmail Dari Iphone

Jika kamu bukan pengguna android dan ingin menghapus akun, kamu perlu mengikuti cara hapus akun Gmail dari iPhone. Caranya juga sebenarnya hampir mirip hanya saja tampilannya yang sedikit ada perbedaan.

Kalau kamu hendak melakukan penghapusan akun dengan ponsel iPhone yang kamu miliki, kamu perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Langkah pertama tentu kamu perlu membuka aplikasi gmail
  • Setelah itu pilih foto profil kamu
  • Pilih menu kelola akun, selanjutnya kamu pilih akaun yang akan dihapus
  • Selanjutnya kamu masu menu data dan personalisasi
  • Setelah itu kamu pilih menu “delete your google account” dan selesai
Baca Juga:  Cara Download Lagu di Google Secara Cepat dan Tepat!

Seperti yang dikatakan bahwa dalam melakukan penghapusan akun pada iPhone sebenarnya hampir mirip dengan android. Hanya saja ada beberapa menu saja yang sedikit perbedaannya.

Cara Mengeluarkan Akun Gmail Dari Browser

jika beberapa uraian tadi mengenai cara hapus akun Gmail, maka sekarang akan dibahas pula mengenai cara mengeluarkan akun gmail. Jadi tidak dihapus, namun hanya dikeluarkan saja.

Karena kadang kala beberapa hal perlu di sinkronisasi menggunakan email, tapi biasanya hanya untuk konfirmasi. Jika selesai akan lebih baik kalau akun dikeluarkan.

Kalau akun tidak dikeluarkan khawatirnya akan digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Apalagi kalau kamu membuka email kamu dari warnet atau perangkat milik orang lain.

Berdasarkan hal tersebut, maka bukan hanya mengetahui cara hapus akun Gmail. Tapi kamu juga perlu mengetahui cara mengeluarkannya dari browser, baik itu dari ponsel maupun PC/Laptop.

  • Untuk mengeluarkan akun gmail kamu dari browser maka setelah akun terlogin di perangkat computer atau ponsel
  • Langkah berikutnya jika kamu ingin mengeluarkannya, kamu perlu memilih menu ikon gris tiga yang letaknya ada di kiri atas
  • Setelah itu, kamu perlu memilih akun gmail aktif yang ingin dikeluarkan/dihapus dari perangkat
  • Setelah itu pilih menu “manage account”
  • Lalu kamu pilih logout untuk menonaktifkan sinkronisasi pada perangkat.
  • Langkah terakhir kamu perlu pilih menu hapus gmail dan selesai.

Langkah tadi bisa kamu gunakan apabila kamu hendak mengeluarkan gmail yang tersangkut pada perangkat. Namun akun tersebut tetap bisa digunakan kembali karena tidak dihapus secara permanen.

Cara Backup Data Sebelum Menghapus Akun

Mengingat risiko yang besar ketika kamu mengetahui cara hapus akun Gmail. Karena setiap akun yang sudah dihapus tidak bisa dipulihkan kembali.

Maka dari itu sebelum akan melakukan penghapusan akun, akan lebih baik kalau kamu melakukkan backup data terlebih dahulu. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir meski telah dihapus emailnya.

untuk melakukannya, kamu perlu mengunjungi akun google terlebih dahulu. Setelah itu kamu perlu memilih menu data dan personalisasi dan pilih download data.

Setelah itu kamu bisa memilih aplikasi yang akan dicadangkan, dan buat salinan link sesuai keinginan. Lalu pilih menu buat cadangan, setelah itu kamu akan diberikan tampilan link yang berisi data yang dicadangkan.

Kemudian kamu perlu copy-paste linknya dan selesai. Jadi setelah kamu mengetahui setiap cara hapus akun Gmail tadi, dan mengingat risikonya kamu tidak akan khawatir meski telah melakukan penghapusan akun.

Baca Juga:  Aplikasi iPad Terbaik