Cara Hapus Akun Google Permanent dengan Mudah

Cara Hapus Akun Google Permanent dengan Mudah

Mengetahui cara hapus akun Google sangat berguna jika kamu mengalami masalah dengan akunnya. Jika masalah tersebut sangat mengkhawatirkan maka sebaiknya kamu hapus akun saja.

Akun Google memiliki banyak fungsi yang pasti akan dikaitkan dengan ponsel maupun perangkat PC atau laptop. Segala sesuatu yang berkaitan dengan browser juga biasa dikaitkan dengan akun ini.

Cara Hapus Akun Google di Ponsel Secara Permanent

Setiap orang yang memiliki ponsel pasti memiliki satu akun Google untuk menunjang penggunaannya. Keberadaan akun ini sangat bermanfaat baik untuk berkomunikasi ataupun menyimpan data.

Beberapa masalah yang terjadi bisa menjadi alasan seseorang untuk menghapus akun Googlenya. Maka banyak orang yang bertanya bagaimana cara hapus akun Google untuk keperluan tertentu.

Jika kamu memutuskan untuk menghapus akun Google secara permanent, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara ini tentu akan menghapus semua yang tersimpan dalam akun.

Sebelum memutuskan untuk menghapusnya ada baiknya kamu mengetahui konsekuensinya. Google merupakan layanan internet raksasa yang didalamnya terdapat puluhan aplikasi.

Akun Google akan terhubung secara otomatis ke semua layanan Google. Saat kamu memutuskan untuk menghapus akun maka data yang terhubung ke semua aplikasi akan ikut terhapus.

Baca juga: Cara Hapus Akun Gmail Dijamin Mudah dan Pilihan Lengkap

Perhatikan Ini Sebelum Menghapus Akun Google

Sebelum menggunakan cara hapus akun Google ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Hal ini perlu kamu pertimbangkan sebelum mengambil keputusan menghapus akun atau tidak.

Agar tidak menyesal telah menghapus akun Google kamu, maka ada beberapa hal penting yang perlu diketahui. Pertama kamu harus mengetahui apa saja yang terjadi jika akun Google dihapus.

Konsekuensi yang pertama, kamu akan kehilangan semua data serta konten yang tersimpan dalam akun tersebut. Kamu akan kehilangan email, file, kalender bahkan foto yang disimpan dalam akun.

Konsekuensi kedua, semua aplikasi yang terhubung dalam akun tersebut semua akan terputus. Kamu tidak bisa log in kembali menggunakan akun tersebut, seperti pada aplikasi Google, Drive atau Play.

Konsekuensi ketiga, jika akun Google terhapus maka kamu akan kehilangan semua akses ke langganan dan konten yang dibeli pakai akun tersebut. Sebagai contoh langganan pada Youtube maupun Google Play.

Baca Juga:  Cara Hapus Akun Gmail Dijamin Mudah dan Pilihan Lengkap

Semua hal tersebut bisa kamu selamatkan jika melakukan back up data pada aplikasi yang terhubung. Unduh semua file yang sudah tersimpan dalam akun tersebut, baik kontak, foto dan lainnya.

Sebelum mengetahui cara hapus akun Google maka pastikan bahwa kamu sudah mengganti email pada sosial media yang terhubung. Gunakan akun baru sebelum memutuskan menghapus akun lama.

Terlebih jika email tersebut terhubung dengan layanan penting seperti perbankan, maka pastikan kamu sudah menggantinya. Terlebih jika akun tersebut terhubung dengan akun sosial media kamu.

Langkah terakhir sebelum menghapus akun, kamu harus perbarui informasi pemulihan akun. Langkah ini sangat berguna jika suatu saat kamu ingin memulihkan akun Google yang sudah dihapus.

Cara Menghapus Akun Google Di Android

Jika kamu menggunakan android cara hapus akun Google akan berbeda dengan cara menghapus di perangkat lain. Berikut ini cara menghapus akun Google untuk kamu pengguna android.

Cara menghapus akun Google pada android terdiri dari dua cara yang bisa kamu lakukan. Cara pertama melalui pengaturan ponsel, dan cara kedua melalui aplikasi Google Mail.

  • Cara Pertama Menggunakan Pengaturan Ponsel

Pertama buka menu pengaturan yang ada pada ponsel kamu. Lalu cari menu “accounts” atau akun. Setelah itu pilih menu “Google” untuk melihat beberapa akun yang log in pada ponsel kamu.

Langkah selanjutnya untuk cara hapus akun Google adalah klik pada akun yang ingin dihapus. Lalu pilih “Remove Account” atau hapus akun, menu ini akan terlihat jika kamu klik pada titik tiga diatas.

  • Cara Kedua Menggunakan Aplikasi Google

Kamu juga bisa menghapus akun google kamu menggunakan cara yang kedua. Caranya yakni kamu perlu membuka aplikasi google mail yang ada di ponsel, klik ikon strip 3 disebelah kiri.

Kemudian kamu perlu mengklik bagian informasi email dan klik email yang akan dikeluarkan. Lalu pilih “manage account” pilh akun google yang akan dihapus lalu pilih hapus akun.

Cara Menghapus Akun Google Di iPhone

Selain itu, kamu juga tetap bisa menggunakan cara hapus akun Google dari iphone ata ipad. Karena pastinya tidak hanya khusus bagi pengguna android saja, bagi pengguna iphone juga membutuhkan cara yang tepat.

Bagi kamu yang ingin menghapusnya kamu bisa menggunakan beberapa langkah berikut ini. Sebenarnya langkah yang diambil akan sedikit berbeda dengan penghapusan akun pada android.

  • Langkah pertama kamu perlu mem-backup data terlebih dahulu
  • Setelah itu buka aplikasi googlenya
  • Kemudian kamu pilih akun google yang kana dihapus
  • Selanjutnya pilih menu data dan personalisasi
  • Lalu pilih menu hapus layanan
  • Selanjutnya pilih menu google dan pilih hapus
Baca Juga:  Cara Cek No HP All Operator Smartfren, Telkomsel, Tri

Setelah menggunakan cara tadi, bisa dipastikan bahwa cara hapus akun Google itu akan permanen. Jadi google tersebut tidak akan ada lagi pada ponsel kamu pastinya.

Akan tetapi, akun google tersebut tetap bisa digunakan, karena yang dihapus tadi hanya dihapus dari ponsel saja. Sedangkan emailnya masih bisa digunakan kembali jika dilakukan login ulang.

Cara Menghapus Akun Google Secara Permanen

Jadi kalau kamu ada keinginan untuk menghapus akun secara permanen. Maka kamu perlu menggunakan cara yang satu ini, karena ini tidak hanya menghapus akun dari ponsel namun juga secara permanen.

Jadi bagi kamu yang sudah memiliki akun google baru, dan tidak ingin ada orang yang menggunakan akun google lama yang kamu miliki, sebaiknya dihapus secara permanen saja akun lama tersebut.

Cara hapus akun Google secara permanen dapat kamu lakukan dengan cara melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Buka akun google yang akan dihapus terlebih dahulu
  • Langkah berikutnya kamu perlu memilih menu data dan personalisasi
  • Selanjutnya kamu perlu memilih hapus layanan
  • Setelah semua langkah selesai dilakukan maka kamu tinggal menunggu sampai proses selesai.

Apabila seluruh rangkaian tadi telah dilakukan maka bisa dipastikan kalau akun tersebut akan terhapuskan secara permanen. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi kalau akun kamu disalah gunakan oleh orang lain.

Langkah untuk Memulihkan Akun Google yang Telah dihapus

Apabila tadi beberapa cara hapus akun Google yang bisa kamu pilih untuk menghapus berbagai data google yang dimiliki. Tapi kadang kala ada juga orang yang ternyata merasa ada data penting didalam akun yang terhapus.

Kalau kamu juga mengalami hal serupa dan ingin mengembalikan akun yang sudah dihapus tersebut, tidak perlu panik. Karena google sendiri sudah memberikan layanan yang memungkinkan bagi seseorang untuk memulihkan akun yang telah dihapus.

Kamu bisa menggunakan dua cara yakni dengan menggunakan verifikasi nomor telepon dan email pemulihan. Kedua cara ini bisa dijadikan pilihan bagi kamu yang ingin mengembalikan akun google kembali.

Jadi setelah melihat berbagai uraian tadi, kamu bisa memilih cara yang paling tepat untuk digunakan. Karena setiap cara hapus akun Google yang dijelaskan bisa digunakan sesuai kebutuhan.