Cara Hapus Akun Facebook Permanen dan Sementara

Cara Hapus Akun Facebook Permanen dan Sementara

Bagaimana cara hapus akun Facebook secara permanen dan sementara? Kamu mungkin salah satu yang ingin melakukannya, tetapi belum mengetahui caranya. Bukan hanya cara biasa yang nanti muncul lagi akunnya.

Namun, cara yang benar-benar bisa menghapus akun FB secara permanen dan tidak dapat dibuka lagi. Kamu ingin melakukannya karena pasti ada alasan tersendiri yang masuk akal dan dapat dipertanggungjawabkan.

Mengapa Akun Facebook Ingin Dihapus untuk Selamanya?

Sebuah pertanyaan yang hanya bisa dijawab oleh pemilik akun FB dan mempunyai niatan menghapus akunnya. Atau mungkin yang sudah pernah melakukannya, tetapi belum berhasil dihapus secara permanen.

Diketahui bahwa Facebook merupakan salah satu aplikasi sosial media yang hingga sekarang masih banyak penggunanya di seluruh dunia. Namun demikian, mereka yang sudah lama bersosial media mungkin mempunyai keinginan untuk menghapus akunnya.

Ada beberapa alasan hingga banyak orang ingin mempraktikkan cara hapus akun Facebook. Berikut informasi selengkapnya.

1.      Sudah Lama Ditinggalkan

Akun FB yang sudah lama ditinggalkan dan tidak dibuka lagi untuk mengetahui informasi di dalamnya. Kamu yang mengalami kondisi seperti itu tentu saja ingin menghapusnya saja daripada dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Memang kamu sudah memiliki akun FB lainnya atau di aplikasi sosial media lainnya. Jika seperti itu, mempraktikkan cara hapus akun Facebook karena sudah lama ditinggalkan akunnya memang tindakan bijaksana.

Baca juga: Cara Melihat Kata Sandi Facebook Sendiri Via Semua Metode

2.      Akun FB Diretas dan Dibajak

Tidak menutup kemungkinan ada akun Facebook yang diretas dan dibajak oleh oknum tidak bertanggung jawab. Kejadian semacam itu tentu saja sangat merugikan pemilik akun aslinya karena isinya mungkin sudah diubah atau diposting aneh-aneh oleh peretas.

Jika mengalami kejadian seperti itu, kamu sebaiknya segera menghapus akunnya saja untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, berkaitan dengan pelanggaran UU ITE atau yang lainnya.

Baca Juga:  Cara Cek HP Samsung untuk Mengetahui Bahwa Berjalan Normal

3.      Menghilangkan Jejak di Sosial Media

Tidak sedikit pemilik akun sosial media yang mengalami hal-hal tidak menyenangkan hingga merasa diteror di dunia maya. Oleh karenanya, mereka ingin menghilangkan jejak onlinenya dengan menghapus akun di sosial medianya, seperti di Facebook.

Dengan harapan, mereka merasa aman dan nyaman lagi karena sudah tidak bisa dihubungi oleh orang lain melalui platform FB tersebut.

Bagaimana Cara Hapus Akun Facebook secara Permanen?

Kamu sekalian yang merasa diantara ketiga alasan atau kondisi seperti diuraikan diatas dan ingin segera menghapus akun FB secara permanen. Kamu harus mengetahui caranya yang direkomendasikan terlebih dulu.

Setelah menghapus akunnya permanen, ada beberapa hal dan kondisi yang perlu kamu ketahui terlebih dulu. Semuanya akan dibahas dalam subbab ini.

1.      Cara Hapus Akun Facebook Permanen

Jika belum mengetahui caranya, jangan sok tahu dengan coba mengutak-atik akun FBnya sendiri. Lebih baik kamu membaca langkah-langkah cara menghapus akun Facebook secara permanen berikut. Setelah itu, silahkan mempraktikkannya sendiri.

  1. Siapkan gadgetmu dulu dan jangan lupa mengaktifkan jaringan internetnya. Setelah itu, silahkan membuka akun FB milikmu yang ingin dihapus.
  2. Setelah halaman utama muncul, kamu masuk ke halaman profil. Lalu, klik Account di bagian kanan atas halaman tersebut.
  3. Cara hapus akun Facebook dengan cari dan pilih Pengaturan & Privasi, lalu klik pengaturan. Setelah itu, pilih Informasi Facebook kamu di bagian kolom kiri.
  4. Lalu, pilih ikon Penonaktifan dan Penghapusan. Setelah itu, klik Hapus Akun dan pilih Lanjutkan ke Penghapusan Akun.
  5. Lalu, pilih Hapus Akun. Kamu diminta memasukkan kata sandi. Jadi, ketikkan saja passwordnya, lalu klik ikon Lanjutkan.

Selanjutnya, proses penghapusan akun FB berlangsung. Pihak Facebook memberikan kesempatan kurang dari 30 hari, siapa tahu kamu mengurungkan niat untuk menghapusnya secara permanen.

Namun jika niatmu ingin menghapus akun secara permanen, tidak perlu digubris dan tinggalkan saja. Pihak FB pasti akan menghapus akunmu tersebut selamanya.

2.      Kondisi Setelah Akun Facebook Dihapus Permanen

Ada beberapa hal yang terjadi setelah kamu mempraktikkan cara hapus akun Facebook permanen. Kamu perlu mengetahuinya agar nantinya tidak bingung dan tidak kaget. Pastinya, kamu tidak dapat menggunakan akun tersebut selamanya.

Semua fasilitas, fitur, dan lain sebagainya tidak bisa digunakan lagi karena memang akunnya juga tidak dapat dibuka. Selain itu, informasi di dalamnya juga akan hilang semuanya tanpa tersisa.

Baca Juga:  Aplikasi Android Terbaik

Maka dari itu, kamu yang masih memiliki data di dalam FB dan dirasa penting sebaiknya menyimpan dan memindahkannya dulu di gadget. Misalnya, data dalam bentuk konten gambar atau video.

Dikarenakan kamu tidak dapat mengakses akunnya lagi, maka informasi data pribadi yang dianggap penting sebaiknya juga dihapus. Selain itu, nomor kontak Massenger yang penting juga perlu diselamatkan dulu.

Bagaimana Cara Hapus Akun Facebook Sementara?

Selain secara permanen, akun FB juga bisa dihapus sementara saja. Dengan begitu, akunnya dalam beberapa waktu akan dinonaktifkan oleh pihak Facebook. Namun demikian, kamu sebagai pemilik akunnya masih bisa memulihkan akun FB tersebut.

Kamu juga perlu mengetahui bahwa ada beberapa kondisi setelah akun FB dinonaktifkan. Jadi, jangan sampai salah langkah saat ingin menghapusnya permanen atau menonaktifkan sementara saja.

1.      Cara Hapus Akun Facebook Sementara

Lalu, bagaimana cara hapus akun sementara? Sebenarnya, cara menghapusnya tidak jauh berbeda dengan cara hapus secara permanen. Namun untuk lebih jelasnya, silahkan membaca langkah-langkahnya berikut.

  1. Siapkan gadgetmu dulu dan jangan lupa mengaktifkan jaringan internetnya. Setelah itu, silahkan membuka akun FB milikmu yang ingin dihapus.
  2. Setelah halaman utama muncul, kamu masuk ke halaman profil. Lalu, klik Account di bagian kanan atas halaman tersebut.
  3. Cari dan pilih Pengaturan & Privasi, lalu klik pengaturan. Setelah itu, pilih Informasi Facebook kamu di bagian kolom kiri.
  4. Cara hapus akun Facebook dengan pilih ikon Penonaktifan dan Penghapusan. Setelah itu, pilih Nonaktifkan Akun dan klik Lanjutkan ke Penonaktifan Akun.

Kamu ikuti saja petunjuk untuk mengkonfirmasi proses penonaktifan akun FB tersebut. Dengan begitu, akun Facebook tersebut akan dihapus untuk sementara atau istilahnya dinonaktifkan.

2.      Kondisi Setelah Akun Facebook Dinonaktifkan Sementara

Kamu yang memutuskan untuk menonaktifkan sementara akun FB juga perlu mengetahui beberapa hal. Kamu sudah tidak bisa melihat informasi penting yang dibagikan teman-temanmu di FB.

Begitu juga kamu tidak dapat memposting atau mengupload informasi di status FB. Namun demikian, kamu masih bisa berkomunikasi dengan teman-temanmu di FB melalui Massenger. Jadi, tidak perlu mengkhawatirkan karena penonaktifannya hanya untuk sementara.

Kamu bisa mengirim pesan begitu juga teman-temanmu masih dapat melakukannya. Selama kamu masih mengaktifkan aplikasi dan fitur Massenger. Sementara itu, kamu dapat mengaktifkan akun Fbnya dengan langkah kurang lebih sama dengan penonaktifan.

Hanya merubah dan mengaktifkan beberapa ikon sebaliknya. Setelah diaktifkan, semua fasilitas dan fitur di dalam FB kembali dapat kamu gunakan seperti dulu. Jadi, kontrol pada penggunaan Facebook ada di tanganmu.

Baca Juga:  Cara Mendownload Aplikasi di Iphone dengan Gampang Serta Cepat

Sekarang, kamu bisa menentukan sendiri ingin menghapus permanen atau sementara akun FB di dunia maya. Praktikkan saja cara hapus akun Facebook seperti yang diuraikan diatas. Selamat mencoba.