Cara Hapus Akun Telegram di Gadget Android dan iOS

Cara Hapus Akun Telegram di Gadget Android dan iOS

Kamu sekalian yang ingin mempraktikkan cara hapus akun Telegram memang harus mengetahui langkah-langkahnya terlebih dulu. Ada langkah-langkahnya yang direkomendasikan dan bisa kamu praktikkan sendiri.

Kamu perlu mengetahui informasinya secara detail, sehingga tidak menyesal di kemudian hari setelah menghapus akun di Telegram. Tentu saja ada alasan atau dasar kuat hingga kamu ingin menghapusnya saja.

Alasan Ingin Menghapus Akun Telegram

Telegram merupakan salah satu aplikasi dan platform sosial media yang tidak sedikit diaplikasikan orang di dunia maya. Dengan Telegram, kamu bisa berbagi informasi penting dan menarik dalam wujud tulisan, gambar, atau video.

Jadi, fungsinya seperti jenis aplikasi sosial media lainnya. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan penggunanya ingin menghapus akun Telegram yang dimilikinya dengan alasan tertentu. Kamu tentu juga memiliki alasannya, bukan?

Alasan yang paling masuk akal dan banyak dialami oleh pengguna Telegram dan mungkin termasuk kamu sendiri, yaitu akunnya sudah lama tidak digunakan. Dalam artian, akun tersebut lama tidak dibuka untuk mengetahui informasi di dalamnya.

Hal itu dikarenakan mungkin sudah memiliki akun Telegram lain. Atau mungkin, kamu mengaplikasikan platform sosial media lain yang dianggap lebih seru dan mengasikkan. Jika kondisinya seperti itu, memang lebih baik dihapus saja akun Telegramnya.

Langkah tersebut cukup bijaksana untuk dilakukan daripada akunnya dibajak hingga diretas oknum tidak bertanggung jawab. Sangat mungkin hal tersebut sering terjadi dan sangat merugikan pengguna aslinya.

Bahkan, bukan tidak mungkin data pribadi di dalam akunnya dicuri oleh peretas untuk disalahgunakan di kemudian hari. Jangan sampai kamu mengalaminya karena sangat merugikan dan bisa berurusan dengan pihak berwajib.

Maka dari itu, direkomendasikan untuk mempraktikkan cara hapus akun Telegram baik di smartphone berbasis Android maupun iOS. Kamu sesuaikan saja dengan jenis gadget yang biasa mengaplikasikan Telegram di dunia maya.

Jadi, kamu sendiri yang ingin melakukannya dan tanpa paksaan dari orang atau pihak lain. Selain itu, alasannya juga tidak sekedar ikut-ikutan saja yang tanpa mendasar. Jika sudah mantap ingin melakukannya, segera praktikkan cara hapus akun berikut.

Baca juga: Cara Hapus Akun Facebook Permanen dan Sementara

Cara Hapus Akun Telegram di Gadget Berbasis Android

Terutama masyarakat Indonesia yang memang lebih banyak menggunakan smartphone Android. Tidak terkecuali pengguna platform Telegramnya. Kamu yang kebetulan sering menggunakan Telegram di gadget Android, tetapi ingin segera menghapus akunnya.

Baca Juga:  Cara Edit Foto di Android Tanpa Aplikasi yang Paling Mudah

Kamu bisa menghapus akunnya secara permanen dengan beberapa langkah cara hapus akun Telegram yang direkomendasikan berikut.

  1. Siapkan gadget Androidmu dulu dan jangan lupa mengaktifkan jaringan internetnya. Setelah itu, buka akun Telegram milikmu dengan password yang dimiliki.
  2. Setelah halaman utamanya muncul, klik ikon garis tiga vertikal yang berada di pojok kiri.
  3. Lalu, pilih Setting dan klik Privacy and Security.
  4. Scroll ke bawah dan temukan menu Delete My Account. Jika sudah menemukannya, klik saja lalu pilih bagian If Away For.
  5. Kamu disuruh memilih jangka waktu penonaktifan akun Telegram tersebut. Pilihannya mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.
  6. Cara hapus akun Telegram setelah memilihnya, kamu ikuti saja beberapa langkah penyelesaiannya. Selanjutnya, proses penonaktifan akun Telegram berlangsung.

Perlu kamu sekalian ketahui bahwa Telegram secara default atau otomatis mengatur penggunaannya dalam jangka waktu 6 bulan. Jika dalam waktu 6 bulan, kamu tidak menggunakan akunnya untuk beraktivitas sosial media di dalamnya.

Maka, pihak Telegram akan menghapusnya secara otomatis secara permanen. Artinya, kamu tidak bisa bersosial media melalui akun Telegram tersebut.

Jadi, kamu bisa mempraktikkan cara menghapus akun Telegram gadget Android diatas untuk penonaktifan maksimal hingga 12 bulan atau 1 tahun. Namun jika ingin menghapus akunnya secara permanen, biarkan saja tanpa menggunakannya selama 6 bulan.

Cara Hapus Akun Telegram di Gadget Berbasis iOS

Selain smartphone Android, Telegram juga bisa diaplikasikan di gadget berbasis iOS yang populer dengan produk iPhone. Kamu mungkin salah satu pengguna iPhone yang juga sekaligus mengaplikasikan Telegram di dalamnya.

Namun demikian, kamu ingin menghapus akun Telegramnya dengan alasan tertentu. Cara hapus akun Telegram di iPhone tidak jauh berbeda dengan langkah di smartphone Android. Mungkin hanya tampilan dan gambar ikonnya saja yang berbeda.

  1. Siapkan gadget Androidmu dulu dan jangan lupa mengaktifkan jaringan internetnya. Setelah itu, buka akun Telegram milikmu dengan password yang dimiliki.
  2. Setelah halaman utamanya muncul, klik ikon garis tiga vertikal yang berada di pojok kiri.
  3. Lalu, pilih Setting dan klik Privacy and Security.
  4. Scroll ke bawah dan temukan menu Delete My Account. Jika sudah menemukannya, klik saja lalu pilih bagian If Away For.
  5. Kamu disuruh memilih jangka waktu penonaktifan akun Telegram tersebut. Pilihannya mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.
  6. Setelah memilihnya, kamu ikuti saja beberapa langkah penyelesaiannya. Selanjutnya, proses penonaktifan akun Telegram berlangsung.
Baca Juga:  Cara Membuat Tulisan Miring di WA Paling Cepat

Cara hapus akun Telegram diatas memang cukup mudah dan sederhana untuk dipraktikkan. Namun jika dalam praktiknya kamu mengalami masalah atau kesulitan, tidak perlu khawatir. Kamu dapat mengulangi prosesnya dari awal dengan langkah-langkah seperti diatas.

Seperti halnya di gadget Android, kamu yang menginginkan akun Telegram terhapus secara permanen cukup membiarkannya saja selama 6 bulan.

Hal itu dikarenakan akun Telegram yang tidak dibuka dan digunakan selama 6 bulan oleh penggunanya akan dihapus secara otomatis. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot melakukan cara menghapusnya sendiri.

Kecuali, kamu ingin menonaktifkan akun Telegram dalam jangka waktu tertentu, yaitu maksimal hingga 12 bulan. Jika seperti itu, silahkan mempraktikkan cara hapus akun Telegram diatas dengan harapan masih bisa mengaktifkannya lagi nanti.

Menyelamatkan Data-Data Penting Sebelum Menghapusnya

Memang benar, kamu harus memilih dan memilah informasi serta data-data yang tersimpan di dalam akun Telegram. Jika ada data yang penting, silahkan diselamatkan dulu dengan menyimpan dan memindahkannya ke dalam storage di gadget masing-masing.

Terutama kamu yang sudah lama menggunakan Telegram pasti banyak menyimpan data dalam bentuk tulisan, gambar, atau video. Selain itu, tidak menutup kemungkinan banyak nomor kontak yang masih penting dan sering dihubungi.

Simpan dulu semua data tersebut agar nantinya bisa dibuka dan digunakan lagi sesuai keinginanmu. Hal itu dikarenakan Telegram akan menghapus semua data di dalam akun yang terhapus secara permanen tanpa memberitahukan kepada pemiliknya.

Adapun untuk data-data penting yang mungkin belum dipindahkan dan sudah terhapus, pihak Telegram tidak bertanggung jawab mengenai hal tersebut. Maka dari itu, kamu sekalian harus lebih bijaksana dalam bersosial media secara keseluruhan.

Sosial media khususnya yang menggunakan aplikasi Telegram juga rentan dibajak dan diretas akunnya. Lebih baik tidak membagikan dan menyimpan data-data penting melalui akunnya untuk mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan.

Sekarang, kamu sekalian sudah mengetahui cara menonaktifkan sementara atau permanen akun Telegram di gadget berbasis Android dan iOS. Jika membutuhkannya, kamu bisa segera mempraktikkan cara hapus akun Telegram tersebut. Semoga sukses.