Daftar Aplikasi yang Wajib Ada di laptop Windows 10

Daftar Aplikasi yang Wajib Ada di laptop Windows 10

Aplikasi yang wajib ada di laptop windows 10. Mungkin sekarang kamu lagi mencari beberapa informasi tersebut dan ingin menginstalnya pada perangkat laptop atau PC. Sebelum itu ada hal perlu diperhatikan yaitu laptop tersebut akan digunakan untuk apa. Windows 10 sendiri merupakan salah satu operasi sistem dibuat oleh perusahaan raksaksa Microsoft.

Daftar Aplikasi yang Wajib Ada di Laptop Windows 10

Ada banyak sekali aplikasi yang wajib ada di windows 10. Sebelum memulai pembahasannya. Terlebih dahulu kamu perlu tahu, laptop tersebut akan digunakan untuk apa. Untuk pekerjaan ringan seperti office, desain grafis, membuat musik, edit video, atau untuk programming.

Setelah itu tinggal memutuskan mana sangat dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan tersebut. Jika kamu menggunakan windows 10 tersebut untuk pekerjaan ringan, alangkah baiknya hanya perlu menginstal beberapa aplikasi standar. Seperti Microsoft Office, VLC Player, WinRar, dll.

  1. Microsoft Office

Aplikasi yang wajib ada di laptop windows 10 yang pertama kamu perlu menginstal Microsoft Office, kegunaannya sendiri untuk membuat berbagai jenis dokumen. Untuk windows 10 sendiri disarankan untuk memilih Microsoft Office 2010. Jika versi dibawahnya, biasanya dokumen dibuat tidak akan kompatibel dengan versi 2010 ke atas.

Ada beberapa seri dari aplikasi ini seperti Microsoft Office 2010, Microsoft Office 2013, Microsoft Office 2016, Microsoft Office 2019. Untuk memilih mana yang cocok, terlebih dahulu kamu perlu melihat spesifikasi dari laptopmu. Jika spek laptopmu kurang mumpuni dan memaksa instal microsoft office 2019 biasanya laptop akan lemot.

Baca juga: Daftar Aplikasi Edit Foto Jualan Online yang Wajib Dicoba

  1. VLC Player

Selanjutnya yang perlu diinstal adalah VLC Player. Memiliki kegunaan untuk menonton video atau mendengarkan musik. Selain itu juga bisa digunakan untuk merekam layar video pada laptop, monitor cctv, dan juga bisa digunakan untuk melakukan live streaming.

VLC Player ini tersedia gratis dan cocok digunakan oleh segala operasi sistem, terutama windows 10. VLC Player sendiri berbasis open source dan bisa digunakan beberapa distro linux.

Seperti Linux Mint, Ubuntu, Debian, Red Hat, dll. Walau tampilannya sederhana, dengan berbagai macam kegunaannya multifungsi. Hal tersebut pantas masuk daftar aplikasi yang wajib ada di laptop Windows 10.

  1. CC Cleaner

Aplikasi ini digunakan untuk mendeteksi adanya cache atau sampah pada perangkat laptop maupun PC. Dengan menginstal CC Cleaner, tidak perlu takut tiba-tiba laptop lemot dan penyimpanan tiba-tiba limit. Kamu hanya perlu scan cache atau sampah, kemudian tinggal bersihkan.

Baca Juga:  Aplikasi Translate Bahasa Inggris Paling Akurat

Aplikasi ini merupakan berbayar. Walau begitu CC Cleaner juga memiliki versi gratisnya yang cukup digunakan untuk mendeteksi sampah dan pembersihan. Versi gratis tersebut sudah cukup untuk melakukan tugasnya.

  1. Smadav

Smadav adalah aplikasi yang wajib ada di laptop windows 10 bertugas sebagai antivirus. Pertama kali dibuat berdekatan dengan lahirnya Windows Vista sekitar tahun 2006. Karena buatan orang Indonesia, Smadav menggunakan dua bahasa yaitu Indonesia dan Inggris.

Aplikasi ini ada dua jenis yaitu berbayar dan gratis. Versi berbayar memiliki berbagai macam keunggulan dalam mendeteksi adanya virus.

Namun, bagi kamu yang tidak ingin membeli aplikasi tersebut bisa menggunakan versi gratisannya. Versi tersebut bisa digunakan untuk mendeteksi jika ada virus masuk pada perangkat laptop atau PC.

  1. Adobe Reader

Jika kamu suka dengan membaca ebook atau dokumen menggunakan laptop atau PC. Aplikasi ini sangat direkomendasikan, karena dapat digunakan untuk membaca ebook atau dokumen sesukai hati.

Dibanding dengan Microsoft Office, membaca ebook atau dokumen menggunakan Adobe Reader terlihat lebih nyaman dan simpel.

  1. WinRar

WinRar merupakan aplikasi yang wajib ada di laptop windows 10 kamu. Karena dengan menggunakan ini, bisa untuk mengekstrak atau membuat file seperti zip atau rar. Kegunaan mengekstrak sendiri biasanya untuk mencegah adanya virus masuk pada file tersebut.

Selain itu ada beberapa aplikasi alternatif dan perlu dicoba pada perangkat Windows 10 kamu. Selain itu memiliki kegunaan tidak jauh beda seperti yang sudah disebutkan diatas.

Akan tetapi memiliki sedikit perbedaan terutama pada tampilan dan fitur-fiturnya. Penjelasannya sebagai berikut ini.

Alternatif Aplikasi Wajib Lainnya

Bagi kamu mencari alternatif aplikasi yang wajib ada di laptop windows 10 seperti sudah disebutkan diatas. Berikut ada beberapa alternatif dari hal itu.

  1. WPS Office

Bagi kamu yang ingin mengganti Microsoft Office, bisa menginstal WPS Office. Dari segi tampilan dan kegunaan, aplikasi ini cukup mudah digunakan. Selain itu juga bisa mengerjakan dokumen seperti tulisan, presentasi, dan excel.

  1. Winamp

Bagi kamu suka membuka multimedia, Winamp adalah salah rekomendasinya. Aplikasi ini bisa digunakan untuk memutar video dan mendengarkan musik. Selain itu juga ada pengaturan audio yang bisa disetting sesuka hati sesuai selera.

  1. GOM Player

Alternatif selanjutnya yaitu GOM Player. Seperti VLC Player dan Winamp, aplikasi ini digunakan untuk memutar musik atau video. Selain itu penggunaannya juga mudah.

Baca Juga:  Rekomendasi Aplikasi Membuat CV Mudah

Menurut kegunaannya ada beberapa jenis dan sangat standar seperti pembuat dokumen, antivirus, pemutar multimedia, pembersih cache, dll.

Ada banyak sekali operasi sistem yang dibuat oleh perusahaan tersebut seperti windows vista, windows 7, windows 10, dan terbaru windows 11. Bagi kamu sedang mencari aplikasi yang wajib ada di windows 10, perlu mencari informasi tersebut, sebelum itu terlebih dahulu mengenal jenis dan kegunannya.

Jenis Aplikasi dan Kegunaannya

Ada banyak sekali jenis aplikasi yang perlu diinstal di windows 10. Beberapa jenis tersebut  memiliki kegunaan dasar pada perangkat laptop atau PC. Penjelasannya sebagai berikut.

  • Pembuat Dokumen

Aplikasi ini memiliki kegunaan untuk membuat sebuah dokumen. Terlebih jika kamu seorang mahasiswa atau pekerja kantoran, sangat wajib menginstal jenis ini. Dan bisa untuk membuat berbagai jenis dokumen, presentasi, atau yang lainnya.

  • Pembuka Multimedia

Aplikasi yang wajib ada di laptop Windows 10 selanjutnya adalah pembuka multimedia. Memiliki kegunaan untuk membuka file multimedia seperti video ataupun musik.

Dengan memiliki jenis aplikasi ini, kamu bisa menyetel film atau musik kesukaan untuk hiburan dikala mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan.

  • Pembersih Cache

Jenis ini digunakan untuk mendeteksi adanya sampah atau cache yang bersarang pada laptop atau PC. Dengan memasang aplikasi jenis ini, kamu bisa membersihkan cache pada perangkat tersebut.

Dengan menghapus cache, laptopmu akan memiliki ruang penyimpanan semakin besar dan laptop tidak akan terbebani oleh file sampah.

  • Antivirus

Sebenarnya windows 10 tidak begitu perlu menginstal antivirus, dikarenakan windows 10 sendiri memiliki sejenis keamanan sendiri bernama defender protection. Untuk kegunannya hampir mirip dengan antivirus.

Akan tetapi jika menggunakan antivirus, windows akan jauh lebih aman ketika ada file mencurigakan dan terindikasi virus.

Maka antivirus akan memberitahu informasi jika ada virus pada perangkat tersebut. Oleh karena itu antivirus merupakan aplikasi yang wajib ada di laptop windows 10.

  • Pengestrak

Jenis ini digunakan untuk mengekstrak file-file seperti zip, rar, iso, dll. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, kamu bisa membuka file seperti ekstensi yang sudah disebutkan tanpa harus khawatir lagi untuk membukanya.

Sebelum menginstal sebuah aplikasi, alangkah baiknya instal seperlunya menurut kegunaannya. Jika menginstal semua namun tidak atau jarang digunakan nantinya malah mubazir dan menambah beban pada perangkat windows 10 kamu. Sehingga pertimbangkan terlebih dahulu aplikasi yang wajib ada di laptop Windows 10 sesuai kebutuhan kamu.

Baca Juga:  Aplikasi Nonton Drakor Gratis Cocok untuk Menemani Malam Hari