Cara Hapus Email di HP Android dan iOS yang Direkomendasikan

Cara Hapus Email di HP Android dan iOS yang Direkomendasikan

Bagaimana cara hapus email di HP? Kamu sekalian yang belum mengetahui caranya, tetapi sangat ingin melakukannya. Silahkan membaca informasi selengkapnya hanya disini yang akan menguraikannya panjang lebar.

Dimana akun email di smartphone atau telepon pintar sangat dibutuhkan oleh banyak pemilik dan penggunanya. Email dikirim untuk mengirim surat dan dokumen dalam bentuk digital melalui jaringan internet.

Kenapa Ingin Menghapus Akun Email?

Data dalam bentuk gambar dan video juga bisa dikirim via email, tetapi disesuaikan dengan ukuran filenya. Namun demikian, tidak sedikit pemilik akun email berniat menghapusnya dengan berbagai alasan.

Kamu yang sudah lama memiliki email dengan nama akun tertentu pasti sudah sering menggunakannya. Bukan hanya urusan pekerjaan saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk yang lainnya. Misalnya, jual beli online, registrasi, dan lain sebagainya.

Namun demikian, tidak menutup kemungkinan akun emailnya sudah lama tidak dibuka, sehingga perlu diregistrasi lagi untuk membukanya. Selain itu, kamu mungkin sudah lupa password atau kata kuncinya.

Tanpa password yang benar, email tidak dapat dibuka. Harus dilakukan dengan cara tertentu agar bisa membukanya lagi. Akan tetapi, caranya mungkin merepotkanmu sehingga lebih baik akunnya dihapus saja.

Bahkan, tidak sedikit pemilik akun email yang merasa kesal karena fitur inbox atau bagian menerima surat barunya bermasalah. Hal itu kemungkinan disebabkan oleh serangan virus komputer yang terselip diantara banyak kiriman email.

Kamu harus berhati-hati dan tidak boleh sembarangan membuka email baru. Apalagi alamat pengirim emailnya tidak jelas dan asing. Lebih baik tidak perlu membukanya dan langsung delete atau dihapus saja daripada gadgetmu diserang virus komputer.

Dengan beragam masalah dan alasan tersebut, kamu direkomendasikan untuk mempraktikkan cara hapus email di HP. Dengan begitu, kamu tidak perlu pusing dan repot perihal masalah yang datang.

Sebelum mempraktikkan caranya, kamu harus mengetahui langkah-langkah dulu. Tidak boleh sembarangan menghapus akun email karena bisa jadi data-data penting di dalamnya terhapus. Padahal semua data penting tersebut masih kamu butuhkan.

Baca juga: Cara Mengetahui Email yang Lupa dengan Data Recovery

Cara Hapus Email di HP Android

Smartphone berbasis Android dimiliki dan dipakai sebagian besar masyarakat Indonesia. Gadget tersebut bisa dimanfaatkan beragam aplikasi di dalamnya untuk mendukung aktifitas keseharian.

Baca Juga:  Bagimana Cara Download Video Youtube di Laptop dengan Mudah

Dengan begitu, pekerjaan sehari-hari lebih mudah dan tidak merepotkan. Salah satu fasilitas dan aplikasi yang sering digunakan, yaitu layanan Google Mail atau disingkat Gmail.

Meskipun fasilitasnya gratis dan mudah digunakan, tetapi ada juga yang ingin menghapus Gmail dari HP Android dengan berbagai alasan. Berikut cara hapus email di HP Android yang direkomendasikan.

  1. Siapkan dulu smartphone Androidmu dan jangan lupa diaktifkan jaringan internetnya.
  2. Setelah itu, buka menu Setting atau Pengaturan di HPmu. Lalu, pilih Akun atau di beberapa smartphone lainnya fiturnya bernama Sandi & Akun.
  3. Cari bagian Akun untuk, lalu kamu pilih akun yang ingin dihapus di dalam gadget. Setelah halaman Opsi Akun muncul, kamu klik saja Hapus Akun.
  4. Lalu, klik OK untuk mengkonfirmasi penghapusan akun tersebut. Selanjutnya, kamu tinggal memasukkan password untuk akun email yang ingin dihapus. Proses berikutnya akun Gmail akan dihapus secara permanen atau selamanya.

Jika mengalami masalah saat mempraktikkan langkah-langkah cara hapus email di HP diatas, kamu tidak perlu panik. Kamu masih bisa mengulangi langkahnya dari awal hingga berhasil menghapus akun Gmail tersebut.

Jika masih ragu akun emailnya sudah terhapus atau belum, kamu bisa membuktikan sendiri dengan membukanya lagi. Silahkan kamu login dengan mengetikkan alamat email beserta passwordnya.

Jika tidak bisa membuka halaman utamanya, berarti memang sudah dihapus akun emailnya. Namun jika masih bisa dibuka, akun emailnya belum benar-benar terhapus. Kamu dapat logout, lalu mempraktikkan lagi cara hapus email di HP dengan langkah-langkah diatas.

Cara Hapus Email di HP iOS

Selain Android, akun email juga dapat dihapus di gadget berbasis iOS. Biasanya produk iPhone yang banyak beredar di tengah masyarakat Indonesia. Kamu yang mungkin sedang ingin menghapus akun email dan kebetulan memakai iPhone.

Tidak ada salahnya membaca dan mempraktikkan beberapa langkah cara hapus email di HP berikut. Dengan begitu, kamu bisa segera menghapus akun email sendiri dan tidak perlu bantuan orang lain.

  1. Siapkan dulu iPhone atau gadget berbasis iOS milikmu. Jangan lupa untuk mengaktifkan jaringan internetnya karena membutuhkannya.
  2. Setelah itu, buka menu Setting atau Pengaturan di HP tersebut. Lalu, scroll ke bawah untuk menemukan opsi Mail dan klik saja ikonnya.
  3. Selanjutnya, pilih Akun, lalu klik Gmail atau mungkin layanan email lainnya yang ada di gadget tersebut.
  4. Setelah itu, scroll ke bawah dan klik bagian Hapus Akun. Lalu, klik Hapus dari iPhone Saya untuk mengkonfirmasi proses penghapusan akun emailnya.
Baca Juga:  Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro

Setelah mempraktikkan beberapa langkah cara hapus email di HP diatas, akun email di gadget iPhonemu sudah berhasil dihapus secara permanen. Kamu tidak akan melihat dan membaca lagi perihal emailnya, seperti notifikasi, kontak, kalender, atau yang lainnya.

Jika dalam praktiknya, kamu menjumpai masalah atau ada yang tidak beres. Silahkan mengulangi langkah-langkahnya dari awal agar benar-benar dapat menghapus akun email tersebut.

Namun demikian, kamu yang masih ragu akun emailnya sudah terhapus atau belum bisa membuktikannya sendiri. Silahkan buka lagi akun emailnya untuk memastikan masih bisa dibuka atau benar-benar sudah dihapus.

Menyimpan Data Penting di Email

Kamu yang sudah menggunakan dan mengaplikasikan email di smartphone tentu saja banyak data penting tersimpan di dalamnya. Apalagi kamu yang menggunakannya untuk aktifitas pekerjaan atau berbisnis online.

Disebut data penting karena masih digunakan lagi dengan tujuan tertentu. Oleh karenanya, semua data penting yang masih tersimpan di database email tersebut harus disimpan ke tempat lain dulu sebelum mempraktikkan cara hapus email di HP.

Misalnya, data-data dalam bentuk file dokumen, gambar, video, atau yang lainnya bisa kamu simpan di storage smartphonemu. Atau mungkin, disimpan di storage eksternal, seperti flashdisk, harddisk, atau sejenisnya.

Dengan begitu, semua datanya masih tersimpan dan dapat digunakan lagi seperti yang kamu butuhkan. Sementara data-data lainnya yang tidak penting, tidak perlu diselamatkan dan disimpan.

Seiring proses penghapusan akun email berjalan, maka data-data tersebut juga ikut menghilang. Jadi, kamu seharusnya memilih dan memilah terlebih dulu semua data yang tersimpan di akun email.

Dikarenakan akun email sudah terhapus selamanya, maka kamu tidak dapat menggunakannya lagi. Akan tetapi, kamu masih bisa membuat email lagi yang baru secara gratis dengan cara mudah.

Memang membutuhkan waktu untuk membuatnya yang baru, tetapi kebutuhan akan akun email sangat penting di berbagai bidang pekerjaan. Terutama pekerjaan secara online di dunia maya.

Keputusan ingin menghapus akun email dengan alasan tertentu menjadi hak kamu sebagai pemiliknya. Jika sudah memutuskan ingin menghapusnya, maka silahkan mempraktikkan cara hapus email di HP yang direkomendasikan. Semoga berhasil.