Cara Hapus Akun Instagram Mudah Agar Tidak Disalahgunakan

Cara Hapus Akun Instagram Mudah Agar Tidak Disalahgunakan

Cara hapus akun Instagram bisa kamu lakukan dengan beberapa cara, agar tidak disalahgunakan oleh pihak tertentu. Instagram menjadi salah satu media sosial dengan pengguna aktif sebanyak hampir dua miliar.

Meski platform ini berbasis foto dan video ternyata semakin banyak penggunanya tetapi juga tidak sedikit orang yang ingin menghapus akunnya karena beberapa alasan. Dengan fitur canggih yang dimiliki Instagram medsos ini terus menjadi pilihan.

Cara Hapus Akun Instagram dengan Mudah

Tidak hanya ramai dengan unggahan foto dan video, Instagram kini telah menjadi ladang bisnis. Tetapi ada pula orang yang ingin menghapus akunnya, salah satu alasannya adalah insagramnya disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Cara hapus akun Instagram bisa secara permanen, dan tidak bisa dihapus lagi. Oleh karena itu, orang-orang yang akunnya disalahgunakan oleh orang lain, lebih baik segera hapus akun tersebut. Sehingga itu membuat pemilik akun merasa lebih aman.

Cara untuk mengahapus akun Instagram terdapat beberapa, yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan kamu. Kamu juga bisa menghapus akun untuk sementara waktu karena suatu hal, cara-cara tersebut yaitu:

  1. Melalui situs resmi menggunakan Laptop

Cara hapus akun Instagram yang pertama yaitu dengan melalui situs resmi. Menghapus Instagram sebagian orang mungkin akan menjadi pilihan besar, karena alasan yang berbeda-beda, cara untuk menghapus melalui situs resmi yaitu:

Kamu harus membuka aplikasi Instagram.com/accounts/remove/request/permanent pada browser laptop kamu. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan alasan menghapus akun Instagram secara permanen.

Pilih salah satu alasan yang disediakan pada opsi, dan masukkan password dari akun Instagram kamu. Pilih opsi “Permanen Delete My Account”. Setelah itu maka akun Instagram kamu sudah terhapus selamanya.

Baca juga: Cara Hapus Email di HP Android dan iOS yang Direkomendasikan

  1. Cara menghapus Instagram menggunakan HP

Cara hapus akun Instagram, yang kedua yaitu dengan menggunakan akun resmi melalui HP. Cara ini tidak kalah mudah dari cara sebelumnya, berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

Kamu harus membuka terlebih dahulu aplikasi Instagram yang ada di HP kamu, pilih ikon profil yang ada di kanan bawah. Masuk pada pengaturan dan pilih “bantuan” dan klik “pusat bantuan”.

Baca Juga:  Cara Menghapus Akun Twitter Secara Permanen, Berikut Ini

Selanjutnya kamu bisa memilih “Kelola akun kamu” dan “klik hapus Akun kamu”. Pilih “bagaimana cara menghapus akun Instagram saya?”, kamu akan masuk pada halaman berikutnya dan pilih “hapus halaman akun kamu”.

Cara hapus akun Instagram ini, harus menuliskan mengapa kamu ingin menghapus akun dan mesukkan kata sandi instagramnya. Hal ini sama seperti cara menghapus dengan PC kamu.

Lali kamu akan masuk pada halaman terakhir, dan kamu bisa klik “klik hapus akun saya secara permanen”. Maka akun Instagram kamu akan terhapus secara permanen dan tidak bisa untuk dibuka kembali.

  1. Menghapus Akun Instagram Sementara

Cara hapus akun Instagram ternyata juga bisa kamu hapus untuk sementara waktu, bagi kamu yang ingin menyendiri dengan detoks media sosial bisa melakukan cara ini. Cara ini sebenarnya hanya menonaktifkan akun saja.

Dengan menonaktifkan akun, pengguna lainnya tidak dapat mengkalm nama penguna yang kamu pakai. Caranya mudah, kamu bisa melakukan dengan beberapa Langkah dibawah ini.

Kamu harus membuka aplikasi Instagram atau situs Instagram.com dan login dengan akun Instagram kamu. Klik menu “profil” dan pilih “Edit Profil”. Lalu kamu bisa memilih opsi “Temoprarily Disable My Account” atau “Nonaktifkan sementara”.

Biasanya cara hapus akun Instagram ini akan menuntut kamu untuk memberikan alasan mengapa kamu ingin menghapus akun. Pilihlah salah satu alasan yang sesuai dan lanjutkan ke tahap selanjutnya.

Masukkan password atau kata sandi dari akun Instagram kamu, klik menu “Akun Dinonaktifkan Sementara” dan akun Instagram akan hilang untuk sementara sampai kamu mengaktifkannya kembali.

  1. Menghapus akun Instagram yang lupa password

Cara hapus akun Instagram juga bisa kamu lakukan bagi akun dengan lupa kata sandi. Kamu bisa menghapusnya agar lebih aman, sehingga kemungkinan akun diretas akan jauh lebih sedikit, kamu bisa melakukan hal berikut ini.

Pertama, seperti biasa kamu harus membuka aplikasi instagram, kemudian klik “Get Help Logging” dan masukkan username atau alamat email yang kamu gunakan. Tunggulah sampai mendapat verifikasi melalui email atau sms.

Masukkan kode verifikasi tersebut, lalu atur ulang password pada menu “setting” dengan memilih “Security” dan masukkan password kamu. Buka email dan klik link yang dikirimkan untuk mengganti password Instagram.

Ataur kembali password dan kamu bisa masuk Instagram dengan menggunakan password yang baru. Setelah berhasil masuk, kamu bisa langsung menghapus akun Instagram tersebut dengan cara penjelasan nomor 2 di atas.

  1. Menghapus akun instagram dengan melaporkannya

Cara hapus akun Instagram, bisa dengan cara lain yaitu dengan melaporkannya ke pihak Instagram dan akun akan terhapus. Jangan gunakan cara ini untuk menghapus cara lain yang tidak bermasalah.

Baca Juga:  Cara Membuat Barcode, Simak Beberapa Perangkat Penggunaannya

Kamu bisa msuk pada aplikasi Instagram, kunjungi profil akun yang hendak kamu hapus, disini kamu harus menggunakan akun lainnya untuk melaporkan. kamu bisa klik titik di sudut kanan bagian atas dan pilih opsi “Laporkan”.

Pilih opsi, “saya yakin bahwa akun ini melanggar pedoman komunitas Instagram”. Selanjutnya kamu bisa memilih “profil ini berpura-pura menjadi orang lain” ketuk opsi selanjutnya “saya” untuk menunjukkan bahwa akun tersebut memalsukan diri kamu.

Tunggu instagram memeriksa laporan kamu, jika laporan tersebut diterima maka akun tersebut akan dihapus oleh instagaram. Sehingga secara otomatis akun tidak bisa dibuka kembali.

  1. Menghapus akun Instagram dengan pusat bantuan

Cara hapus akun Instagram terakhir yang bisa kamu lakukan dengan menghubungi pusat bantuan. kamu bisa mencoba menggunakan Instagram support desk atau Pusat Bantuan Instagram untuk menghapus akun instagram tanpa memerlukan password.

Kamu terlebih dahulu harus membuka browser dan masuk ke halaman Perwakilan Layanan Pelanggan Instagram di Hel.instagram.com. ikuti arahan dan petunjuk yang ditampilkan untuk membantu kamu menghapus akun Instagram.

Cara Mengaktifkan Kembali Akun yang Dihapus Sementara

Kamu bisa menggunakan cara ini, untuk mengaktifkan kembali akun yang sementara kamu nonaktifkan. Data akun kamu jika akun tersebut dinonaktifkan akan membuat unggahan, komentar, pesan, dan lainnya tidak hilang, caranya bisa kamu simak berikut ini.

Kamu bisa mengaktifkan kembali melalui aplikasi Instagram, kamu bisa klik “lupa detail masuk” masukkan username akun atau alamat email kamu. Buka email tersebut dari Instagram untuk membuat kata sandi baru.

Setelah itu kamu bisa membuka kembali aplikasi dan login ke akun dengan kata sandi terbaru. Akun Instagram yang sebelulmya dinonaktifkan bisa aktif kembali. Tidak terdapat penjelasan detail mengenai berapa lama akun Instagram bisa dihapus sementara.

Beberapa pengguna bisa kembali menggunakan akun yang dinonaktifkan dengan durasi yang berbeda-beda, mulai dari bulanan hingga tahunan. Meskipun begitu, kamu tidak bisa asal mengaktifkan akun isntagram.

Kamu bisa mengaktifkan akun yang dinonaktifkan dengan beberapa cara yang telah kami jelaskan sebelumnya di atas. Itulah cara hapus akun Instagram baik secara permanen atau sementara.