Pengertian Microsoft Excel, Fungsi serta Manfaatnya

Pengertian Microsoft Excel, Fungsi serta Manfaatnya

Pengertian Microsoft Excel yaitu sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang diciptakan dan didistribusikan oleh Microsoft Corparation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Software yang dikenal sebagai Microsoft Office Excel.

Oleh sebab itu syarat utama untuk bisa menggunakan program aplikasi excel ini adalah computer yang kamu gunakan sudah terinstal sistem operasi Windows atau Mac terlebih dahulu. Microsoft Excel salah satu program aplikasi yang terdapat pada Microsoft office.

Pengertian Microsoft Excel

Berikut Ini Detail Tentang Microsoft Excel

Pengertian Microsoft excel ini digunakan sebagai sistem operasi yang dikhususkan untuk pengolahan angka. Jika computer kamu sudah terinstal office word atau power point maka kemungkinan besar office excel suda ada dan bisa digunakan.

Apabila kamu bekerja pada pengolahan angka maka, aplikasi excel ini yang tepat untuk kamu gunakan. Tetapi tentu tidak hanya itu saja, sebab excel memiliki banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk hal-hal lainnya.

Salah satu hal yang membuat Pengertian Microsoft excel ini cukup terkenal adalah kelengkapan fitur Formulas dan Functions yang lebih dikenal dengan sitilah rumus Excel. Formula dan fungsi ini digunakan untuk membantu kamu dalam mengerjakan beragam proses perhitungan.

Formula exel bisa kamu gunakan untuk perhitungan yang sederhana sampai kalkulasi yang kompleks. Baik untuk data yang berbentuk angka, data teks, data tanggal, data waktu atau kombinasi dari data-data tersebut.

Pada pengertian Microsoft excel ini kamu akan bekerja dengan sistem workbook, sedangkan dalam workbook terdapat worksheet atau lembar kerja. Jika workboo merupakan sebuah buku maka worksheet adalah lembaran-lembaran dalam buku.

Baca juga: Pengertian Mozilla Firefox

Fungsi dari Pengertian Microsoft Excel

Microsoft Excel digunakan pada berbagai bidang pekerjaan, bai usaha kecil maupun perusahaan international. Fungsi dan kegunaan Microsoft ini terdapat beberapa yang bisa kamu cermati yaitu:

  1. Fungsi dari pengertian Microsoft excel pertama yaitu dapat membantu kamu untuk membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisis, meringkas, dan memformat data atau laporan. Sehingga laporan kamu akan jauh lebih rinci dan lebih jelas.
  2. Jika kamu mempunyai suatu usaha kecil maupun besar, sebaiknya kamu menggunakan Microsoft excel ini untuk kepentingan keungan kamu. Karena Excel dapat membantu kamu membuat catatan keungan dan anggaran keungan.
  3. Fungsi selanjutnya yaitu memudahkan kamu memperhitungkan secara otomatis dengan memanfaatkan rumus dan fungsi serta logika. Sehingga kamu bisa mendapat hasil yang akurat.
  4. Pengertian Microsoft excel juga akan mempermudah kamu dalam pembuatan table dab grafik berdasarkan perhitungan. Dapat menyajikan data dengan rapi, tapi akan lebih akurat hasilnya untuk kamu.
Baca Juga:  Penggunaan Perekam Layar Laptop dari Windows 8 Sampai 10

Manfaat Microsoft Excel untuk Bekerja

Setelah kamu mengetahui berbagai fungsi yang dijelaskan sebelumnya, aplikasi pengolahan angka. Manfaat dari Excel ini sangat banyak, kamu bisa mendapatkan manfaatnya setelah menggunakannya, manfaat tersebut yaitu:

  1. Manfaat yang pertama yaitu, dengan berbagai rumus yang ditawarkan tentunya akan memudahkan kamu dalam proses membuat rumus yang sulit dan bervariasi. Untuk itu kamu perlu belajar dalam menggunakan rumus agar hasilnya benar.
  2. Manfaat kedua yaitu mempunyai fitur grafik data yang memberikan kemudahan dalam proses analisis data dalam bentuk table dan grafik. Sehingga dalam mengerjakan skala jauh lebih jelas.
  3. Manfaat ketiga yaitu, jika kesalahan perhitungan terjadi pada tahap tertentu, dapat dengan mudah diidentifikasi menggunakan fasilitas kesalahan jejak. Kamu bisa memperbaikinya dengan lebih teliti.
  4. Manfaat selanjutnya yaitu banyaknya jumlah baris dan kolom pada Microsof Office Excel akan memberikan kemudahan pada kamu untuk menginput data dalam jumlah yang besar.

Kelebihan dari Pengertian Microsoft Excel

Tahukah kamu bahwa dibalik populernya program Microsoft excel ini, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada di dalamnya. Maka dari tu kamu harus lebih mengetahui agar mengenal dan memahami program Microsoft ini.

  1. Kelebihan dari pengertian Microsoft excel ini adalah dapat digunakan diberbagai operasi sistem computer seperti Windows dan Mac OS. Sehingga kamu bisa menggunakannya dengan mudah.
  2. Kelebihan yang kedua yaitu, tampilan yang mudah digunakan dan nyaman, kamu tidak perlu khawatir dalam penggunaannya, sistem operasi ini memang memiliki banyak fitur tetapi tidak menyulitkan penggunanya.
  3. Fitur lembar kerja Microsoft Office Excel ini memiliki tampilan yang sangat luas dan besar. Jika kamu menggunakannya dengan pengolahan data yang sangat banyak, tidak perlu khawatir sistem operasi ini tetap bisa kamu gunakan.
  4. Lisensi program yang dapat digunakan grosir dan pastinya harga lebih murah. Sistem operasi angka ini juga bisa membaca file yang ektensi formatnya (.CSV), dengan RAM dan sumber daya CPU yang sedikit.
  5. Format Default (.xls) juga akan mendukung dan compatible dengan berbagai software Office lainnya. Sangat membantu kamu dalam berbagai jenis pekerjaan pada pengolahan dan membuat laporan data angka.
  6. Selalu diperbaharui untuk meningkatkan kemampuan mengolah angka, sistem dari pengertian Microsoft excel ini sudah dipercaya sejak lama dalam pengolahan angka, walaupun sudah terdapat aplikasi lainnya Excel tidak pernah tertinggal.

Kekurangan dari Microsoft Office Excel

Microsoft Excel selain mempunyai kelebihan, sistem operasi ini juga mempunyai kekurangan. Tapi setiap kekurangan dari Microsoft ini bisa diantisipasi sehingga dalam penggunaanya, kamu tidak perlu takut membuat kesalahan, kekurangan tersebut yaitu:

  1. Program berbayar dan membutuhkan lisensi untuk menggunakannya. Sehingga jika kamu menggunakan microsoft excel ini kamu harus mendapatkan lisensi untuk menggunakannya.
  2. Akses fungsi program yang terbatas, jumlah baris sel juga berjumlah sangat banyak tetapi juga tidak terbatas. Sehingga sangat besar dan luas, kamu bisa mengerjakan berbagai hitungan dalam satu sheet tetapi jika dicetak tidak bisa dalam satu kertas.
  3. Fitur add-ins excel yang kurang optimal, pada versi terbarunya membutuhkan computer dengan spesifikasi menengah ke atas. Sehingga jika menggunakan spesifikasi renda aplikasi ini suit untuk digunakan.
  4. Dokumen yang dihasilkan kurang stabil dalam setiap versinya, lebih baik ketika kamu mengerjakan beberapa laporan pengelolaan angka, maka bisa memasukkan ke sheet per sheet.
Baca Juga:  Sejarah Power Point, Fungsi Hingga Kelebihannya di Era Modern

Microsoft Office Excel hingga saat ini dibutuhkan dalam menghitung dan mengelola sebuah angka, kamu juga wajib untuk mempelajari program ini. Dikarenakan progam ini sangat dibutuhkan dan bermanfaat dalam beragam jenis pekerjaan.

Kamu juga jangan pernah lupa untuk mempelajari berbagai rumus dan formula yang kebanyakan orang kebingungan dalam menggunakannya. Sehingga dalam pengolahan data tidak bisa sesuai dengan yang diinginkan.

Sistem operasi ini dari awal sangat membantu pekerjaan dalam mengerjakan administrasi yang berhubungan dengan angka. Sekarang mungkin banyak alat hitung lainnya yang lebih canggih, tetapi excel tidak pernah dimakan usia.

Dalam menggunakan Microsof Excel ini memang memerlukan rumus, kamu perlu belajar untuk menggunakan rumus tersebut agar setiap hitungan kamu tidak terjadi kesalahan. Jika kamu salah sedikit saja dalam menuliskan rumus, maka hitungan kamu bisa menjadi salah.

Itulah pengertian, fungsi, manfaat, kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi tersebut. kamu akan lebih mudah dalam membuat laporan keuangan, dan membantu kamu dalam menyelesaikan pekerjaan dengan angka, itulah Pengertian Microsoft excel.