Pengertian Pengolahan Data dan Bagaimana Cara Kerjanya

Pengertian Pengolahan Data dan Bagaimana Cara Kerjanya

Sebelum menggunakan softwarenya, ketahui dulu pengertian pengolahan data, bagaimana juga cara kerjanya. Sebab, di zaman sekarang, manajemen pengolahan penting untuk dipahami karena berguna sekali ketika kamu memasuki dunia kerja.

Era digital segalanya serba elektronik dan internet. Pekerjaan semakin dipermudah dengan device atau perangkat yang kamu gunakan, jadi tidak salah bila pengolahan data harus menggunakan software.

Mengenal Pengertian Pengolahan Data dan Hal-Hal yang Terkait

Zaman sekarang yang ada banyak sektor dalam dunia kerja, pengolahan data wajib dilakukan dengan cepat. Jadi, mari mengenai pengertian dari pengolahan data terlebih dulu. Baru memahami hal yang berkaitan dengan topik kali ini.

Suatu pembahasan, bila belum diketahui artinya, kamu sendiri yang akan bingung. Maka, pembahasan pengolahan data, dimulai dari pengertiannya dulu.

Pengertian pengolahan data berasal dari dua kata, pengolahan yaitu pemrosesan data dalam bentuk tertentu serta lebih bermakna juga dari sebuah peristiwa atau kegiatan.

Nantinya, dari pengolahan tersebut akan disajikan dalam bentuk informasi. Kemudian untuk data sendiri memiliki arti kumpulan informasi atau fakta yang berbentuk angka, bisa juga simbol atau gambar.

Hasil dari informasi yang didapat itu bisa berasal pada pengamatan,atau bahkan mencari sumber tertentu. Data juga dapat diartikan sebagai sebuah informasi atau deskripsi dasar dari obyek atau hal tertentu.

Obyek atau peristiwa yang terkumpul bisa dari pengamatan. Kemudian bisa diproses menjadi database, informasi bahkan solusi dari suatu masalah.

Baca juga: Pengertian Microsoft Excel, Fungsi serta Manfaatnya

Pengertian Pengolahan Data

Jika semua digabungkan pengertian pengolahan data adalah suatu penggambaran dari fakta, pengertian dari sebuah instruksi yang bisa disampaikan atau diolah baik oleh manusia sendiri atau juga mesin.

Mesin yang dimaksud di sini adalah perangkat digital yang memuat software dalam pengolahan data yang telah terkumpul.

Arti lain dari pengolahan data menurut Sutabri, pengolahan data itu terdiri dari kegiatan-kegiatan penyimpanan data. Misalnya dengan proses pencarian dan pengumpulan data.

Bahkan bisa juga ada proses penanganan datanya, seperti dengan pemeriksaan, perbandingan, hingga penggunaan data itu sendiri.

Adanya pengolahan data sebenarnya memiliki tujuan tertentu, yaitu dapat memberi bukti atau menyangkal teori dari suatu kejadian.

Baca Juga:  Cara Ubah PDF ke Word Paling Cepat dan Efektif

Jika kamu adalah pebisnis, berdasarkan pengertian pengolahan data, juga dapat membantu dalam membuat keputusan, atau bisa saja untuk memajukan produk dan juga layanan.

Fungsi atau Manfaat Pengolahan Data

Jika didasarkan pada pengertian yang telah dijabarkan di atas, lalu apa saja fungsi atau manfaat dari pengolahan data tersebut?

  • Pemrosesan dan Manajemen yang Efisien

Saat sebuah data penelitian diproses, itu dari awal sudah memiliki tujuan, baik untuk masa sekarang atau yang akan datang. Bisa dikatakan proses pengolahan data yang akurat, membuat jadi praktis bagaimana cara data ditangani dan dikelola.

  • Pengambilan Keputusan Baik

Berdasarkan pengertian pengolahan data, jika pengolahannya akurat, maka data tersebut dapat membantu pengambilan suatu keputusan agar lebih cepat dan baik. Data yang diambil, berdasarkan fakta, bukan perkiraan.

  • Demokratisasi Wawasan

Manfaat lainnya, mampu diolah menjadi berbagai format untuk banyak tim dan juga personel. Jika data mudah dikonsumsi, maka memungkinkan adanya demokratisasi wawasan.

  • Pengurangan Biaya yang Tinggi

Adanya pengolahan data menggunakan alat, seperti komputer, juga mengurangi biaya untuk membayar tenaga manusia. Mengurangi biaya juga dalam mengambil keputusan akurat karena sudah ada fakta dari data yang diproses.

  • Mudah Untuk Menyimpan dan Melaporkan

Data jika sudah diolah, maka akan mudah untuk disimpan serta dikelola. Sebab, ada struktur data mentahnya.

  • Mudah Didistribusikan

Mudah disimpan dalam berbagai format, data yang telah diolah secara akurat, maka dapat didistribusikan dengan mudah. Serta dapat diakses dari mana saja.

Berdasarkan manfaatnya, memang sesuai dengan pengertian pengolahan data. Intinya, memudahkan orang dalam pengerjaannya.

Dalam pengolahan data itu sebenarnya ada 3 tahapan inti yang harusnya semua sudah diketahui, yaitu input, merupakan data awal. Disiapkan dalam bentuk yang sesuai demi keperluan pengolahannya.

Kemudian ada processing, di mana data input diubah bahkan ditambahkan dengan informasi lain. Tujuannya, agar dapat menghasilkan data ke dalam bentuk yang lebih bisa dipakai.

Dan terakhir ada output, ini bersal dari hasil-hasil pengolahan data sebelumnya. Memungkinkan untuk bisa diolah kembali di tahap selanjutnya.

Ingat, tahapan bukan langkah dari pengolahan data. Karena langkahnya ada lagi. Mengingat dari pengertian pengolahan data harus menghasilkan data akurat, memang perlu langkah agar bisa mewujudkannya.

Langkah – Langkah untuk Melakukan Pengolahan Data

Berikut adalah langkah yang bisa ditempuh untuk bisa melakukan pengolahan data, untuk menghasilkan data akurat :

  • Mengumpulkan Data Penelitian
Baca Juga:  Aplikasi Screen Recorder PC

Pengumpulan data merupakan proses awal sebelum melakukan pengolahannya. Dalam proses pengumpulan, kamu bisa menggunakan teknik online atau offline.

Pada umumnya, untuk proses pengumpulan data bisa dilakukan dengan survei penelitian. Tapi bisa juga dengan riset pasar yang matang, lalu dapat mengumpulkan data melalui grup fokus, bisa juga modul diskusi dan lain sebagainya.

  • Menyiapkan Data Penelitian

Jika meruntut dari pengertian pengolahan data, harus disiapkan juga. Tujuannya untuk menghapus inkonsistensi atau menghilangkan data survey yang buruk.

Langkah ini memang sangat penting untuk dilakukan. Jika data yang dikumpulkan tidak mencukupi, maka proses penelitian nantinya sama sekali tidak berguna.

  • Memasukkan Data Penelitian

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memasukkan data bersihnya ke dalam suatu format secara digital. Jadi, wajib dibaca melalui media digital tersebut.

Data yang telah dimasukkan pada digital tersebut harus konsisten sesuai dengan kebijakan organisasi, kebutuhan penelitian dan banyak lainnya.

  • Memproses Data Penelitian

Jika data telah dimasukkan ke dalam sistem, maka penting setelahnya untuk diproses. Tujuan dari pemrosesan agar mudah memahaminya. Informasi sendiri diproses berdasarkan kebutuhan, jenis datanya, waktunya.

  • Keluaran Data Penelitian

Apabila telah diproses, umumnya akan dikeluarkan sebagai konsumsi publik sesuai dengan pengertian pengolahan data.

Pada langkah ini, para pemangku kepentingan terkait, harus melihat data dalam bentuk grafik, bagan, laporan, hingga format lainnya.

  • Penyimpanan Data Penelitian

Dan tahap terakhir adalah penyimpanan. Pastikan menyimpan data yang telah melalui pengolahan harus dijaga. Kamu bisa menggunakan format data yang bisa diindeks, dicari, serta dapat menciptakan satu sumber kebenaran.

Di atas telah disebutkan bahwa kamu bisa melakukan pengolahan data melalui alat, yaitu software. Ini memiliki fungsi untuk menghemat pengeluaran. Perangkat lunak pengolah data yang bisa digunakan adalah :

  • Dbase III dan IV, lalu Foxbase. Program aplikasi ini ada pada pengolah data berbasis DOS.
  • Ada juga Microsoft Access yang berbasis Windows. Ini paling terkenal dan banyak digunakan hingga sekarang.
  • Kemudian ada SPSS serta Fox Pro, ini merupakan aplikasi pemrograman. Ditujukan untuk membuat sebuah program berbasis data.

Dalam proses pengolahan data, memang tidak bisa secepat itu selesai. Seperti yang telah dijelaskan di atas, ketika data yang terkumpul kurang mencukupi, ketika diproses, sama sekali tidak berguna.

Pastikan mempelajarinya dengan sebaik mungkin melalui berbagai sumber ilmu dalam pengolahan data. Berdasarkan pengertian pengolahan data, hasil data valid, memberikan banyak manfaat dalam berbagai bidang.

Baca Juga:  Pengertian Microsoft Access Beserta Fungsinya dalam Beberapa Bidang