Cara Screenshot di Laptop

Cara mengambil Screenshot di komputer, ponsel, atau tablet Anda

Mengambil Screenshot adalah keterampilan penting yang harus dimiliki anak-anak dan orang tua. Artikel ini akan menunjukkan cara mengambil Screenshot gambar di ponsel, komputer, dan tablet Anda.

Screenshot tidak hanya berguna untuk melihat program komputer dan mengakses sumber daya online saat Anda tidak memiliki koneksi internet, tetapi juga diperlukan untuk merekam bukti perundungan siber.

Harus diakui bahwa Screenshot dapat digunakan untuk menghasut intimidasi, karena memungkinkan pengambil Screenshot untuk menyalin gambar dan pesan yang memberatkan.

Namun, agar anak muda siap menghadapi situasi kejahatan siber, sangat penting bagi dia untuk mengetahui cara merekam bukti kejahatan siber dengan mengambil Screenshot.

Apa itu Screenshot?

Tapi pertama-tama, apa sebenarnya screenshot itu? Tangkapan layar atau screenshot adalah gambar yang diambil oleh pengguna komputer, ponsel, atau tablet, menggunakan perangkat masing-masing, untuk merekam elemen visual yang ditampilkan di layar.

Gambar disimpan sebagai file grafik. Screenshot dapat diambil menggunakan program yang berbeda atau menggunakan pintasan/tombol keyboard.

Cara mengambil Screenshot di komputer

Windows

  • Tekan tombol PrtScn / atau Print Scrn, untuk mengambil screenshot dari seluruh layar:

Saat menggunakan Windows, menekan tombol Print Screen (terletak di kanan atas keyboard Anda) akan mengambil screenshot dari seluruh layar Anda.

Pada dasarnya menekan tombol ini menyalin gambar dari layar ke clipboard. Kemana dia pergi? Nah, Anda harus membuka Word, Paint, atau program pengeditan gambar lainnya untuk melihat, mengedit, atau menyimpan gambar. Misalnya, buka Word dan klik Ctrl dan v.

Ini adalah jalan pintas alih-alih mengklik kanan mouse dan memilih Tempel. Jika Anda hanya ingin menangkap jendela yang aktif, tekan tombol Alt dan PrtScn bersamaan dan tempelkan ke dalam dokumen seperti di atas.

  • Gunakan perangkat lunak Snipping Tool untuk menangkap dan mengedit Screenshot:

Jika Anda kesulitan menemukan atau menggunakan tombol Print Screen, Anda mungkin lebih suka menggunakan Snipping Tool.

Snipping Tool adalah perangkat lunak yang disertakan gratis dengan Windows 7, Cara Screen Capture, Windows Vista, dan sejumlah produk Windows lainnya.

Ini memungkinkan Anda untuk mengambil Screenshot dengan mudah dengan mengklik Baru dan kemudian memilih area yang ingin Anda ambil Screenshotnya.

Baca Juga:  Cara Kompres File PDF Tanpa Aplikasi yang Cepat dan Mudah

Anda kemudian dapat mengedit Screenshot menggunakan stabilo dan stylus. Snipping Tool hanyalah salah satu dari banyak alat yang tersedia untuk membantu Anda mengambil Screenshot.

Beberapa laptop, khususnya, mungkin tidak memiliki kunci PrtScn. Panduan pengguna yang disertakan dengan perangkat Anda harus berisi petunjuk tentang berbagai kombinasi tombol yang dapat digunakan untuk mengambil Screenshot.

Mac

  • Tekan Command, Shift, dan 3 tombol secara bersamaan untuk mengambil Screenshot seluruh layar:

Saat menggunakan Mac, menekan tombol Command, Shift, dan 3 secara bersamaan akan mengambil Screenshot seluruh layar Anda.

Screenshot ini akan secara otomatis disimpan ke desktop Anda. Tekan tombol Command, Shift, dan 4 secara bersamaan untuk mengambil screenshot area tertentu.

  • Gunakan alat Grab untuk mengambil Screenshot:

Alternatif untuk pintasan keyboard di Mac adalah dengan menggunakan alat Grab. Grab adalah perangkat lunak yang disertakan secara gratis dengan Mac.

Ini memungkinkan Anda untuk mengambil Screenshot dengan mudah dengan mengklik “Snapshot” dan kemudian memilih jenis Screenshot yang ingin Anda ambil. Grab hanyalah salah satu dari banyak alat yang tersedia untuk membantu Anda mengambil Screenshot.

Cara mengambil Screenshot di smartphone/tablet

Cara mengambil screenshot di smartphone atau tablet berbeda-beda tergantung sistem operasi dan perangkat yang digunakan.

Cara termudah untuk mempelajari cara mengambil Screenshot di perangkat individual Anda adalah dengan mencari secara online.

Video berikut, tersedia di Youtube, menunjukkan cara mengambil Screenshot dari beberapa ponsel dan tablet paling populer.

Umumnya, untuk mengambil screenshot di ponsel atau tablet, Anda menekan tombol Power dan tombol Home secara bersamaan. Screenshot akan menambahkan hal yang sama ke galeri Anda.

Cara mengambil rekam layar di ponsel

Perlu diketahui bahwa banyak ponsel saat ini dapat merekam layar, yang berarti mereka dapat merekam video layar. Aplikasi pihak ketiga diperlukan untuk ponsel Android lama atau ponsel iOS.

Apple iOS 11 atau lebih baru memiliki kemampuan perekaman layar bawaan. Itu dapat diaktifkan dengan masuk ke Pengaturan/Pusat Kontrol/Sesuaikan Kontrol/Perekaman Layar.

Anda dapat mengakses fitur perekaman layar di Panel Kontrol dengan menggesek layar Utama ke atas. Rekaman disimpan ke rol kamera. Untuk detail tentang cara mengatur riwayat layar di iOS:

Originally posted 2022-03-26 09:27:47.