Review MacBook Pro M1 2021

MacBook Pro dengan M1 merupakan laptop Apple dengan kombinasi kekuatan dan daya tahan yang tak tertandingi, menjadikannya salah satu laptop terbaik yang dapat Anda beli saat ini.

Dan saya tahu ini karena saya telah menggunakan sistem ini selama berbulan-bulan untuk melewati beban kerja saya, dan saya hampir tidak bisa membuat mesin ini gagap apa pun yang saya lakukan.

Berkat chip M1, Apple Silicon di dalam binatang seberat 3 pon ini berputar di sekitar sebagian besar laptop Windows dalam hal kinerja semata. Dan yang tak kalah pentingnya, MacBook Pro M1 baru mengalahkan persaingan untuk masa pakai baterai — jauh lebih hemat.

Kita berbicara tentang ketahanan selama 16 jam. Bahkan, sangat bagus sehingga memenangkan penghargaan laptop dengan umur terlama di Tom’s Guide Awards 2021. Satu-satunya keluhan saya adalah Apple belum menyentuh desainnya.

Mulai dari $1.299, pesaing terbesar MacBook Pro adalah $999 MacBook Air M1, yang menampilkan layar redup dan masa pakai baterai yang lebih pendek (tapi masih bagus) bersama dengan GPU 7-core yang sedikit lebih lemah untuk konfigurasi awalnya. Jadi, apakah MacBook Pro seharga $300 lebih baik? Ulasan MacBook Pro M1 kami akan membantu menjawab pertanyaan ini untuk Anda.

Pembaruan: Banyak yang ingin menunggu MacBook 14-inci 2021 yang dikabarkan, yang diharapkan diluncurkan pada acara 18 Oktober Apple dengan layar mikro-LED, chip M1X yang lebih kuat, dan lebih banyak port. Untuk saat ini, MacBook Pro M1 tetap menjadi pilihan yang solid.

MacBook Pro M1: Tanggal Rilis & Harga

Tanggal rilis MacBook Pro M1 diperkirakan tanggal 17 November dan mulai dari $1.299 atau Rp 18.705.000. Konfigurasi ini memberi Anda chip M1 Apple yang kuat dengan CPU delapan inti dan GPU delapan inti, ditambah memori terpadu (RAM) 8GB. Anda akan mendapatkan penyimpanan 256GB untuk memulai, tetapi model MacBook Pro M1 seharga $1.499 menyertakan penyimpanan 512GB.

Jika Anda ingin mengonfigurasi sendiri MacBook Pro M1, ada sejumlah peningkatan yang tersedia. Biayanya $200 untuk beralih dari memori 8GB ke 16GB. Jika Anda menginginkan penyimpanan lebih dari 512GB, 1TB dikenakan biaya tambahan biaya lagi, yaitu sekitar $400. Sedangkan untuk penyimpanan 2TB akan dikenakan biaya sekitar $800.

Meskipun MacBook Pro 2021 ingin meningkatkan model saat ini dengan sungguh-sungguh. Rumor mengatakan bahwa Apple akan mengisi ulang MagSafe, pembaca memori SD, dan menjatuhkan Touch Bar. Semuanya sambil menambahkan prosesor yang lebih cepat dan mengadopsi bahasa desain tepi datar dari iPhone 12 dan iPad Pro.
Kami mendengar bahwa Apple menjanjikan MacBook Pro 14 inci dan MacBook Pro 16 inci dengan fitur-fitur ini.

Baca Juga:  Harapan Acara "Unleashed" Apple

Ulasan MacBook Pro M1: Performa

Cara termudah untuk meringkas kinerja MacBook Pro M1 adalah bahwa penghalang antara Anda dan menyelesaikan sesuatu menjadi kabur. Seolah-olah laptop tidak ada.

Salah satu keluhan terbesar saya tentang Core i5 MacBook yang lebih lama dari 2019 adalah dapat dengan mudah macet ketika saya membuka banyak tab di Google Chrome.

Saya mendorong MacBook Pro M1 saya ke 61 tab saat menulis ulasan ini dan kinerja tetap sangat solid, bahkan ketika saya melakukan banyak obrolan di streaming Slack dan Spotify. Segera setelah saya mulai menambahkan aplikasi iOS ke dalam campuran, saya mulai melihat gagap.

Saya sering menggunakan Photoshop Elements untuk pekerjaan pengeditan foto, dan ada satu template khusus yang saya gunakan dengan banyak lapisan. Biasanya saya membutuhkan waktu 22 detik untuk memuat template di  MacBook Pro lama, sedangkan MacBook Pro M1 baru menguranginya menjadi 13,29 detik.

Ini mungkin tidak terdengar seperti delta yang besar, tetapi chip M1 akan menghemat banyak waktu saat Anda menambahkan semuanya dalam situasi seperti ini.

Di Geekbench 5.1, yang mengukur kinerja keseluruhan, MacBook Pro M1 mencetak 5.945 di bagian multi-core hasil  pengujian. Angka itu melampaui 5.319 poin dari Dell XPS 13 dan Asus ZenBook 13 5.084, keduanya mengemas prosesor Intel Core i7 generasi ke-11. MacBook Air M1 mencetak 5.962 poin serupa.

MacBook Pro M1 mengeluarkan semua pesaingnya dalam pengujian pengeditan video Handbrake kami, yang mencakup transcoding klip 4K ke 1080p.

Untuk pengujian ini, aplikasi sementara dioptimalkan untuk Apple Silicon. MacBook Pro M1 hanya memerlukan  waktu 7 menit dan 46 detik untuk menyelesaikan tugas ini, dibandingkan dengan 18:22 untuk XPS 13 dan 17:51 untuk ZenBook 13. MacBook Air kalah sedikit di belakang Pro pada 9:15.

Jadi bagaimana dengan Photoshop? Dalam tes PugetBench, yang melakukan 21 tugas (tiga kali per lari), MacBook Pro mencapai skor 576,6 dan waktu 7 menit 3 detik. Dell XPS 13 mencetak 588 teratas tetapi membutuhkan waktu 10:48 lebih lama, sedangkan ZenBook 13 mencetak 743 dalam waktu 9:11.

Perhatikan bahwa tolok ukur ini menggunakan teknologi Rosetta 2 Apple untuk menjalankannya dan ini bukan aplikasi asli, jadi kami mengharapkan hasil yang lebih baik setelah Photoshop dioptimalkan untuk Apple Silicon.