Fitur Terbaru Android 12

Pengguna Android kini dapat mengunduh Android 12 di Pixel 3 dan yang lebih baru. OS baru tiba setelah acara Pixel Google pada hari Selasa.

Android 12 adalah perubahan desain OS terbesar dalam beberapa tahun. Dengan Android 12, Anda dapat mengharapkan untuk melihat palet warna yang dapat disesuaikan, pemberitahuan yang diperbarui, dan kinerja hemat baterai yang lebih cepat.

OS baru dirilis bersama ponsel Pixel 6 dan Pixel 6 Pro Google, yang ditenagai oleh chip Tensor Google sendiri.
Inilah semua yang kami ketahui tentang Android 12. (Jika Anda pengguna Apple, inilah semua yang kami ketahui tentang iOS 15.)

Anda dapat mengunduh Android 12 sekarang

Google merilis Android 12 selama acara Pixel Oktober pada hari Selasa. Pengguna Android dapat mengunduh secara gratis, selama Anda menggunakan ponsel Pixel — Pixel 3 dan yang lebih baru.

Bagaimana cara mengunduh Android 12?

Seperti biasanya dengan pembaruan Android utama, bagaimana dan kapan tepatnya Anda akan mendapatkan pembaruan tergantung pada siapa yang membuat perangkat Anda, seperti Google, Samsung, OnePlus atau Xiaomi. Tetapi umumnya, setelah pembaruan mulai diluncurkan, Anda akan pergi ke Sistem > Lanjutan > Pembaruan sistem > Periksa pembaruan.

Apakah perangkat saya kompatibel dengan Android 12?

Dengan banyaknya ponsel Android yang tersedia, sulit untuk membuat daftar semua yang akan mendukung pembaruan ke Android 12.

Baca Juga:  Motorola Edge 2021

Tetapi secara umum, Anda dapat mengharapkan Google Pixel 3 dan yang lebih baru kompatibel dengan Android 12, bersama dengan ponsel yang lebih baru dari Samsung. , Huawei, LG, Nokia, Motorola, OnePlus, Oppo, dan produsen lainnya.

Situs web GetDroidTips telah mengumpulkan daftar lengkap perangkat yang diharapkan akan kompatibel dengan Android 12.

Android 12: 7 fitur baru yang kami sukai

Android 12 adalah pembaruan besar untuk OS dengan sejumlah fitur baru. Berikut adalah beberapa dari apa yang telah kita lihat sejauh ini:

1. Fitur privasi aplikasi

Dengan Android 12, Google menambahkan beberapa fitur privasi baru ke aplikasi untuk memberi Anda lebih banyak transparansi dan kontrol.

Dasbor privasi membantu Anda mencegah aplikasi mengumpulkan informasi yang tidak diinginkan, dan mematikan kamera dan mikrofon di semua aplikasi. (Berikut cara menggunakan fitur privasi aplikasi baru Android 12.)

Namun, perlu dicatat bahwa kebijakan ini kurang ketat dibandingkan dengan rilis perangkat lunak iOS 14 Apple baru-baru ini, yang mencakup “label nutrisi” aplikasi yang memberi tahu orang-orang data pribadi apa yang dikumpulkan aplikasi mereka, dan perubahan baru di iOS 14.5 yang mengharuskan pengembang untuk meminta izin untuk mengumpulkan data Anda dan melacak Anda di seluruh aplikasi dan situs web.

2. Notifikasi yang didesain ulang

Google akhirnya sedikit merubah desain notifikasi agar lebih modern serta fungsional. Saat Anda mengetuk pemberitahuan, itu akan membawa Anda langsung ke aplikasi atau tindakan yang ingin Anda lakukan, alih-alih melalui layanan perantara untuk memulai tindakan itu. Ini harus membuat semuanya berjalan lebih cepat.

3. Tema warna yang disesuaikan untuk ponsel Pixel

Di ponsel Google Pixel, saat Anda memilih wallpaper, fitur yang disebut ekstraksi warna akan memperbarui seluruh sistem, termasuk layar kunci, widget, dan notifikasi, dengan warna pelengkap khusus.

Baca Juga:  OnePlus 9 Pro

4. Opsi ketuk dua kali

Fitur baru lainnya memungkinkan Anda mengetuk bagian belakang ponsel Android Anda beberapa kali untuk memicu tindakan yang Anda pilih.

Setelah Anda mengaktifkannya di pengaturan di bawah Gerakan, Anda akan melihat daftar tindakan yang dapat Anda atur, seperti mengambil tangkapan layar, memutar dan menjeda media, atau meluncurkan Google Assistant.

5. Mode satu tangan

Android 12 tampaknya kini mulai serius menyertakan beberapa perubahan desain yang memudahkan para user untuk pengoperasian ponsel Android hanya dengan satu tangan dan ibu jari.

Pengembang XDA mencatat bahwa UI pengaturan yang diperbarui memindahkan bilah Pencarian ke bagian bawah layar untuk akses satu tangan yang lebih mudah.

Itu juga menemukan fitur baru yang disebut “rumah sutra” yang membuat seluruh antarmuka lebih cocok untuk penggunaan satu tangan.

6. Rotasi otomatis berbasis wajah

Hari ini, Anda dapat mengubah potret atau lanskap ponsel Anda dan layar akan menyesuaikan dengan Anda. Dengan Android 12, di ponsel Pixel, tampaknya Anda dapat memilih untuk memutar otomatis berdasarkan cara kepala Anda diputar — misalnya, jika Anda berbaring, menurut 9to5Google.

7. Pengelolaan tempat sampah dan daur ulang

Android memiliki fitur Recycle Bin/Trash tersembunyi yang memungkinkan Google untuk Anda kelola dengan Android 12, menurut XDA Developers.

Sepertinya Anda akan dapat melihat seberapa banyak ruang penyimpanan yang digunakan untuk item sampah Anda, dan membersihkan sampah sesuai kebutuhan.

Untuk lebih lanjut, lihat tiga hal keren yang dapat dilakukan Android 12 yang tidak dapat dilakukan Android 11 dan ponsel Android terbaik yang dapat dibeli untuk tahun 2021.

Originally posted 2022-04-01 21:28:44.