Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro

Pada bulan Agustus, Google secara mengejutkan mengumumkan smartphone Pixel 6 dan Pixel 6 Pro yang akan datang dan mengatakan mereka akan berjalan pada chip seluler “Tensor” perusahaan sendiri.

Kami mempelajari beberapa hal lain saat itu dan melihat ponsel dengan baik, tetapi hari ini Google akhirnya secara resmi mengungkapkan Pixel 6 dan 6 Pro.

Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro menghadirkan fitur unggulan seharga $599 dan $899

Google cenderung bolak-balik dengan jajaran Pixel, bergantian antara ponsel dengan fitur dan harga mutakhir yang sesuai dan perangkat yang lebih mainstream dan hampir murah (Pixel 5 tahun lalu adalah contoh sempurna dari yang terakhir).

Baik Pixel 6 dan 6 Pro terasa seperti dirancang untuk bersaing dengan Apple dan Samsung terbaik, tetapi juga dengan harga yang sedikit lebih terjangkau.

Harga

Pixel 6 mulai dari $ 600 (dengan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB), sedangkan Pixel 6 Pro mulai dari $900 (dengan 12GB RAM dan 128GB penyimpanan). Khususnya, Pixel 6 $ 600 adalah $ 100 lebih murah daripada Pixel 5 tahun lalu, tetapi tampaknya menjadi ponsel yang jauh lebih baik, setidaknya dilihat dari lembar spesifikasi.

Jajaran Pixel 6 baru terlihat tidak seperti ponsel sebelumnya yang dibuat Google, berkat bilah kamera tebal yang membentang di bagian belakang. Pixel 6 memiliki sistem kamera ganda, dengan lensa lebar dan ultrawide, sedangkan Pixel 6 Pro menambahkan opsi telefoto.

Kamera

Pada kedua ponsel, kamera standar adalah sensor 50 megapiksel dengan filter quad-bayer, yang menempatkan empat piksel di belakang setiap blok warna standar — secara efektif, Anda tidak akan mendapatkan foto 50 megapiksel di sini, tetapi sesuatu yang lebih nyata. sebesar 12,5 megapiksel.

Baca Juga:  OnePlus Nord N200

Terlepas dari kenyataan bahwa ini adalah sensor 50 megapiksel, piksel ini cukup besar, dan sensornya juga cukup besar. Menyatukan ini semua berarti kamera utama Pixel 6 mengumpulkan lebih banyak info cahaya per piksel, yang seharusnya memberikan kejelasan yang lebih baik.

Dikombinasikan dengan sensor besar dan piksel besar, kami berharap untuk melihat beberapa hasil yang mengesankan di sini.

Memang, Google mengatakan bahwa ini memungkinkan fitur “super res zoom” untuk masuk hingga 7x bidang pandang standar; kita harus menunggu dan melihat bagaimana hasilnya terlihat, tetapi ini adalah pengaturan kamera yang menarik.

Kamera ultrawide kedua adalah sensor 12 megapiksel yang lebih tradisional dengan aperture f/2.2 dan bidang pandang 114 derajat. Akhirnya, Pixel 6 Pro menambahkan kamera mengesankan lainnya, penembak 48 megapiksel dengan zoom optik 4x.

Mengingat semua teknologi kamera di sini, tidak mengherankan bahwa bilah kamera pada ponsel ini sangat besar – setelah kami masuk ke ulasan kami, kami dapat melihat apakah semua ini diterjemahkan ke dalam foto berkualitas, tetapi rekam jejak Google di sini cukup solid.

Untuk kemampuan video, susunan kamera belakang dapat merekam video 1080p dan 4K pada 30 atau 60 FPS, dengan fitur lain seperti cinematic panning, slow-motion, timelapse, astrophotography timelapse, dan optical image stabilization on board.

Seperti Apple iPhone 13, aman untuk mengatakan bahwa fitur video yang dimuat Google ke Pixel 6 dan 6 Pro jauh melebihi apa yang dibutuhkan kebanyakan orang.

Kamera yang menghadap ke depan berbeda antara kedua ponsel baru. Pixel 6 harus puas dengan penembak 8 megapiksel dengan aperture f / 2.0, sedangkan Pixel 6 Pro memiliki kamera 11,1 megapiksel dengan piksel lebih besar tetapi aperture f / 2.2 sedikit lebih kecil.

Baca Juga:  Samsung Galaxy Z Flip 3

Kamera itu hidup di lubang jarum kecil tepat di tengah layar. Alih-alih menggunakan kamera itu untuk membuka kunci ponsel, Google telah melengkapi Pixel 6 dan 6 Pro dengan sensor sidik jari di bawah layar, yang pertama untuk seri Pixel.

Meskipun kamera ini sangat menarik, hal yang paling menonjol dari Pixel 6 dan 6 Pro adalah prosesor Tensor buatan Google. Perusahaan mengatakan itu 80 persen lebih cepat daripada Pixel 5, dan itu juga menyediakan AI pada perangkat untuk hal-hal seperti pengenalan suara yang lebih cepat dan lebih akurat serta pemrosesan gambar.

Ponsel Pertama dengan prosesor Tensor Google

Anda dapat membaca semua tentang Tensor di sini, tetapi inilah uraian singkatnya. Ini adalah chip delapan inti, dimulai dengan dua inti ARM Cortex-X1 yang berjalan pada 2.8GHz.

Ini juga mencakup dua inti Cortex A76 yang berjalan pada 2.25GHz, dan akhirnya empat inti A55 1.8GHz. Empat yang terakhir adalah inti “kecil”, yang dimaksudkan untuk efisiensi, dan saat Anda menaiki tangga, Anda mendapatkan lebih banyak kekuatan.

Kami berbicara dengan Google tentang Tensor pada bulan Agustus dan mereka mengatakan hal serupa saat itu, tetapi itu adalah hal lain yang perlu kami perhatikan dalam ulasan kami dan melihat bagaimana Tensor menumpuk pada prosesor Qualcomm.

Pixel 6 dan 6 Pro masing-masing hadir dalam satu ukuran. Pixel 6 adalah ponsel yang lebih kecil, dengan layar 6,1 inci, sedangkan Pro kontra dengan layar 6,7 inci. Pixel 6 memiliki 1.080 x 2.400 OLED, yang menghasilkan 411 piksel per inci; layar 6 Pro bahkan lebih padat piksel pada 1.440 x 3.120, yang menghasilkan 512 piksel per inci.

Keduanya memiliki kecepatan refresh yang tinggi, dengan Pro naik hingga 120Hz. Sayangnya, Pixel 6 unggul pada 90Hz, sama dengan kecepatan refresh Pixel 5.

Baca Juga:  Microsoft Surface Duo 2

Seperti yang telah kita lihat di foto sebelumnya yang dirilis Google, Pixel 6 dan 6 Pro masing-masing hadir dalam tiga warna berbeda.

Kedua ponsel tersedia dalam warna monokromatik “Stormy Black”, sedangkan Pixel 6 juga hadir dalam “Sorta Seafoam” dan “Kinda Coral.” Opsi Pixel 6 Pro sedikit lebih sopan; selain hitam, Anda dapat memilih “Cloudy White” dan “Sorta Sunny”, yang dapat dengan mudah Anda sebut sebagai perak dan emas.

Baterai

Baterai adalah salah satu faktor terpenting dalam sebuah smartphone, dan Google sekali lagi menjanjikan penggunaan lebih dari 24 jam, bahkan ketika ponsel terhubung ke jaringan 5G.

Pixel 6 memiliki baterai 4.614 mAh, dan 6 pro memiliki baterai 5.003 mAh, keduanya lebih besar dari yang ditemukan di Pixel 5 tahun lalu.

Mengingat bahwa Pixel 5 berhasil bertahan selama yang dijanjikan Google, kami mengharapkan ini ponsel harus bertahan lebih dari hari itu, meskipun kami pasti penasaran untuk melihat bagaimana prosesor Tensor dapat berperan dalam hal-hal tahun ini.

Setelah Pixel 5 yang agak loyo, cukup jelas Google telah mendedikasikan ulang dirinya untuk game smartphone dengan Pixel 6 dan 6 Pro.

Daftar spesifikasi, kamera, masa pakai baterai, desain, dan — tentu saja — prosesor Tensor semuanya tampak mengesankan.

Tetapi seperti biasa, kami harus menjalankan ponsel ini melalui ulasan untuk mengatakan apakah Google memiliki hit kelas atas di tangannya.

Anda dapat mengetahuinya sendiri pada tanggal 28 Oktober ketika mereka mencapai rak-rak toko; jika Anda sudah yakin, pre-order sedang berlangsung sekarang.

Originally posted 2022-04-04 09:29:12.